Fungsi dan Pengertian !Important Pada CSS

Dalam beberapa postingan saya, saya pernah memasukkan kode !Important pada CSS. Lantas banyak yang bertanya apa fungsinya. Ya, sesuai namanya itu menunjukkan kepentingan suatu css (important dalam bahasa inggris, penting dalam bahasa Indonesia). Banyak blogger menggunakannya untuk mengakali agar blog mereka baik di semua browser bahkan di browser-browser lawas seperti IE 6 dan versi-versi sebelumnya dengan memadukan width, max-width, min-width dan tingakat kepentingan dengan !important.

Sekarang saya akan mencoba mengenalkan ini dengan mudah dan semoga Anda bisa memahaminya. Kita akan mengambil contoh pada penggunaan kode selective yakni pemasangan widget di halaman tertentu (baca keseluruhan kode di : penampilan widget di halaman tertentu). Misalnya

Studi Kasus
#perintah 1 - Kita menggunakan kode selective tidak menampilkan sidebar blog di selain homepage. Artinya setiap memasuki halaman postingan atau archive page (pokoknya yang selain homepage), otomatis sidebar tersebut akan hilang.
#perintah 2 -  Lalu, kita menginginkan ada sidebar pada satu alamat postingan tertentu dan kita menyisipkan kode selective untuk menampilkan sidebar pada postingan tertentu. Misal postingan tersebut berlamatkan di:
http://www.masdoyok.co.cc/2010/06/fasilitas-editor-video-bari-di-youtube.html


Masalahnya?
Disini ada dua kode css yang berlawanan. Pertama kode css memerintahkan agar sidebar tidak  ditampilkan di selain homepage. Artinya pada halaman postingan dan halaman label sidebar tidak ditampilkan. Sedangkan perintah kedua adalah menampilkan sidebar pada halaman postingan tertentu saja.

- Ketika browser membuka homepage, maka tidak masalah karena itu hanya melibatkan perintah 1. Sidebar akan ditampilkan.
- Ketika browser membuka archivepage, maka tidak masalah karena itu hanya melibatkan perintah 1. Sidebar tidak ditampilkan karena archive page termasuk 'selain homepage'
- Ketika browser membuka alamat postingan lain secara umum, maka tidak masalah karena itu hanya melibatkan perintah 1, dan sidebar tidak akan ditampilkan karena alamat postingan termasuk 'selain homepage'
- Namun ketika browser membuka alamat postingan tertentu berikut: http://www.masdoyok.co.cc/2010/06/fasilitas-editor-video-bari-di-youtube.html, maka browser akan menemukan dua perintah yakni perintah 1 dan perintah 2. Alamat tersebut termasuk ke dalam perintah pertama, karena termasuk 'selain homepage' dan juga termasuk ke perintah kedua yang memang dikhususkan untuk postingan tersebut.

Nah, disinilah kode kepentingan !important akan berguna. Ketika ada dua kode yang berbenturan, kita menggunakan tambahan !important pada CSS.

Mana Yang Menang?
Di atas adalah contoh penggunaan nyata. Sekarang kita akan mencoba untuk menggunakannya pada hal yang lebih sederhana. Misalkan ode kode seperti ini.

#main-wrapper {
width: 700px;
width: 900px;
}

Kode tersebut tentu aneh karena memiliki dua lebar. Tapi ini hanya sebagai contoh saja. Jika suatu ketika Anda tanpa sengaja menyisipkan dua kode lebar seperti di atas, maka yang menang adalah perintah yang palign bawah. Artinya browser akan menampilan main-wrapper Anda selebar 900 px dan bukan 700 px. Jika kita bubuhkan !important menjadi seperti berikut ini:

#main-wrapper {
width: 700px !important;
width: 900px;
}

Pada kode di atas ada dua kode lagi yang sama. Jika tanpa !important maka kode yang bawah yang akan menang, namun ketika Anda menyisipkan kode !important maka yang diberi !important lah yang dianggap lebih penting dan dibaca oleh browser. Semoga sedikit pendalaman soal css ini bermanfaat untuk Anda dan menjawab beberapa blogger yang setia mangkal disini. Selamat siang... saya akan datang lagi dengan post lain yang takkalah menarik....

Komentar

  1. Komentar dulu, baru baca.

    BalasHapus
  2. msih belum paham mas gmana cara memasukkan dan menempatkan kode tersebut !!!

    kira2 gmana caranya mas ?
    setelah saya lihat contoh dari mas doy, kyaknya kode !important hanya dibutuhkan saat ada pilihan lebar(width) yang nntinya akan dipilih salah satu oleh !important yang mas ? (APA BEGITU ?)

    Mohon pencerahannya mas !!
    Thnks !!!

    BalasHapus
  3. mudah di pahami mas....
    important ya pasti yang penting di dahulukan.
    important kan jelas artinya penting bahasa manusianya

    nice info

    BalasHapus
  4. @mufied
    iya saat kode yg crash saja :D

    BalasHapus
  5. Sama dengan namanya ya Mas Doyok. Important = penting. Karenanya ia yang diprioritaskan oleh browser

    Salam ukhuwah

    BalasHapus
  6. aku udah mengerti......

    BalasHapus
  7. kok pikiran saya masih ruwet ya sama studi kasusnya..? hehehehe

    BalasHapus
  8. Hmm. . .
    Makasih mas doy
    sangat mudah dipahami

    BalasHapus
  9. metode penyampaianx mas doy kali ini kayakx sedikit njelimet mas doy. Kayak benang yg kusut. Para newbie jd kurang paham, atw lbh tepatnya tidak paham sama skali. Sory mas. Cuma masukkan saja. Hehe..

    BalasHapus
  10. Yang namanya penting memang harus diterapin... Share bagus mas doy.... Keep research....

    karena dalam CSS kode/intruksi terakhir yang akan di dijalankan/running.... Click Disini

    BalasHapus
  11. sip sip, sip tenan pokoke. Aku jaluk tulung hackno templateku mari ngene, woke ams :)

    BalasHapus
  12. wah..... baru tahu neeh mas saya..
    thanks atas pengertiannya...
    salam sukses selalu... :)

    BalasHapus
  13. kadang-kadang !important memang dibutuhkan

    BalasHapus
  14. Oh ya, banner berkedip-kedip menggaggu saat membaca dan bisa memicu epilepsi.. baiknya diganti

    BalasHapus
  15. oiya mas, important di gunakan kalau ada atribute yang sama, kalau di bandingkan memakai atribute yang tidak berbenturan dengan memakai important lebih baik yang mana y mas?

    hehehehe maklum newbie

    BalasHapus
  16. @oketrik
    kalau gak ada yg sama
    gak usah dipake

    BalasHapus
  17. wah -wah tambah ilmu nih mas doy , , lebih penting lagi kalau sering membaca artikel mas doy he..3x keep sharing ^_^

    BalasHapus
  18. @aditx
    sama sama
    semoga bermanfaat ya :D

    BalasHapus
  19. @ARDIAN
    soalnya itu iklan dari orang sih :(

    BalasHapus
  20. nice trik mas doyok..
    kapan2 pasti dibtuhin nich..
    makasih mas atas pencerahannya..
    happy blogging..

    BalasHapus
  21. Betul itu sebagai penanda agar tidak bentrok kepentingan antar code....

    Salam hangat mas..

    BalasHapus
  22. wih, mantab gan! jadi makin paham!

    BalasHapus
  23. thx gan sangat membantu

    BalasHapus
  24. Mantap, thank Mas Doy, makin tambah paham saja mengenai masalah importan, css semakin diperdalami semakin paham akan fungsi dan manfaatnya, terus berjuang untuk update artikel terbarunya,..

    BalasHapus
  25. makasih atas infonya jadi tambah ilmu

    BalasHapus
  26. ah mantab simple dan lgs pada inti nyaa

    BalasHapus
  27. mantabb.. simple dan lgs pada intinyaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer