(Hilangkan) Judul Gadget di Blogger/Blogspot Harus Diisi

Ada satu lagi perubahan di blogger, setelah kemarin soal perubahan tata letak (baca: Tata Letak Hilang, Ada Dimana?) yang memusingkan blogger tutorial kini ada soal baru yakni penambahan gadget yang harus menyertakan judul gadget. Jika Anda tidak menambahakan judul Gadget, maka akan ada pesan error bahwa kolom wajib harus diisi.


Nah Anda tetap bisa mengatasinya. Disini saya akan memberikan dua solusi dan Anda bisa memilihnya sendiri.

Hapus Permanen
Saya katakan hapus permanen karena kita tidak menyembunyikan judul dan judul beanr-benar dihilangkan dari bagian gadget. Misalkan Anda membuat sebuah gadget, maka kodenya kurang lebih seperti ini: (Silahkan login blgger - Design/Rancangan - Edit HTML - Centang Expand Template Widget)

<b:widget id='HTML2' locked='false' title='Judul Gadget' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
  <!-- only display title if it's non-empty -->
  <b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
    <h2 class='title'><data:title/></h2>
  </b:if>
  <div class='widget-content'>
    <data:content/>
  </div>

  <b:include name='quickedit'/>
</b:includable>
</b:widget>

Pertama carilah kode gadget yang ingin Anda hilangkan judulnya. Misalkan gadget tersebut berjudul Judul gadget seperti yang saya beri warna hijau tebal. Jika sudah ketemu bagian kode yang diinginkan silahkan hapus yang berwarna merah. Kemudian Simpan template Anda. Ini akan memberikan effect penghapusan permanen. Ketika Anda masuk ke tata letak dan edit gadget tersebut, memang pada kolom isian masih tertera judul dan apabila Anda ganti sesuka Anda lalu Anda simpan, judul tetap tidak akan keluar lagi. Satu-satunya cara mengembalikan adalah dengan memasukkan lagi kode berwarna merah yang telah dihapus pada tempat semula.

Menyembunyikan Saja
Alternatif kedua adalah dengan menyembunyikan saja. Silahkan Anda temukan id widget Anda. Untuk menemukannya bisa dengan mencari judul gadget dulu pada halaman Pengeditan HTML. Seperti misalnya pada kode di atas, baris pertama:
<b:widget id='HTML2' locked='false' title='Judul Gadget' type='HTML'>

Di bagian kanan Anda menemukan judul gadget Anda dan di bagian kiri yang berwarna merah adalah id gadget Anda (Cara yang lebih mudah baca: Cara Mengetahui id Widget). Jika Anda sudah berhasil menemukan id gadget yang akan disembunyikan judulnya, silahkan Anda masukkan kode css dengan format seperti berikut:
#idgadget h2 { display:none }
misalkan menjadi #html2 h2 { display:none }

Kode tersebut diletakkan di atas ]]></b:skin>
NB: h2 disesuaikan dengan template Anda. Template standart menggunakan h2 untuk sidebar, meskipun jika Anda telah memodifikasinya maka sesuaikanlah dengan tag headings Anda. Jika sudah silahkan Simpan template Anda. Dengan cara ini jika Anda ingin mengembalikan judul gadget, maka Anda tinggal menghapus kode yang baru saja ditambahkan.

Langsung Pada Kolom Judul
Cara ketiga ini saya tambahkan karena ada beberpa teman blogger memberikan rujukan ke artikel kang Bi2t di Cara Menyimpan gadget Blog Tanpa Nama/Judul

Silahkan Anda buat gadget seperti biasanya, dan pada kolom judul isikan <!---->

Dengan cara ini gadget akan muncul tanpa judul. Anda bisa dengan mudah memberikan judul dengan Edit Gadget lewat tata letak karena isian judul saat dibuka otomatis kosong. Yang membuat susah dengan cara ini adalah jika Anda memiliki banyak gadget html/javascript tanpa judul, maka kesemuanya akan memiliki judul HTML/JavaScript pada tata letak sehingga bisa sedikit membingungkan saat pengeditan.
Gambar di atas adalah screen shoot pada tata letak untuk penggunaan trik pertama kedua dan ketiga. Meski begitu, cara ketiga adalah cara yang sangat simple dan bisa menjadi pilihan utama...

Semoga memberikan solusi dan semoga bermanfaat... Jagoan saya Italia pulang kandang, namun ngeblog harus semangat!

Komentar

  1. sip mas . . .tak coba, blogger kok tambah ekstrim sih ya. . .kkwkwkwkw

    BalasHapus
  2. pertamax gk yya..
    bagus mas, langsung ke tkp pelajari dulu.
    makasih infonya

    BalasHapus
  3. Kayak ya aku ke dua deee

    Aku cobah dulu soal aku dari tadik gak bisa hilangkan judul gadget aku tes dulu aahhh

    thx info ya

    salam dari akbar :)

    BalasHapus
  4. ok kang.... nuwun yo infone...
    langsung diterapkan dl... belajar lagi dan terus belajar...

    BalasHapus
  5. ada juga cara lain masdoyok, tanpa edit html...di kolom judulnya kasih saja

    BalasHapus
  6. tp punay saya ada yang boleh mas doy hehehe

    BalasHapus
  7. @mutech: maksudnya gimana mas??

    BalasHapus
  8. Ada yg gampang judulnya isi aja <!--judul-->
    Trik lengkap http://www.bi2t.com/2010/06/cara-menyimpan-gadget-blog-tanpa.html

    BalasHapus
  9. akhirnya... yang ditungggu2 dipost jg, thanks mas doyok... keren neh blog.

    BalasHapus
  10. terima mas doyok, tutorialnya, saya sempat bingung, karena saya baru belajar buat blog

    BalasHapus
  11. Weh, makasih mas sudah menjadikan rekomendasi, hehe.

    BalasHapus
  12. mas aku masukan kode html / java skrip kok gak muncul ya....

    BalasHapus
  13. Wah keren mas doyok nich, langsung update klo ada masalah. Ok makasih ya mas atas pencerahannya

    BalasHapus
  14. makasih mas..!!

    sempet bingung juga ni mas mau edit menu horizontal tapi kok harus pakai judul.. wah bisa aneh .. menu kok ada judulnya..!! he he

    kayaknya yang ke tiga yang cocok praktis..!!
    Sekali lagi makasih..!!

    BalasHapus
  15. baru tahu saya mas. soalnya belum masuk ke rancangan hari ini. mau tak cek dulu.

    makasih ni informasinya.

    BalasHapus
  16. iya, kemarin bingung...ternyata ada solusinya.
    makasih tutorialnya mas doyok....

    BalasHapus
  17. harus dicoba nih....
    makasih tutorialnya.

    BalasHapus
  18. owh begitu yakz... ada aja aklnya mas doy ini, manteb tenan iki,,,
    thx kang

    BalasHapus
  19. walah terkahire curhat soal italia, wkakakaka tapi sip lah, praktek langsung ;)

    BalasHapus
  20. waaahhh... nice banget neh... sampe2 echa masukin script gak jelas di judul postingan biar gak kliatan.. hehehehe....

    BalasHapus
  21. bisa juga ya cara itu
    lagi meledak nich tutorial
    hebat hebat
    silahkan berkreasi tanpa henti, walapun kadang butuh istirahat

    BalasHapus
  22. yang saya cari - cari mas doy emang kemarin sempat kayak gini tapi udah nggak lagi . . terimakasih mas doy ^_^

    BalasHapus
  23. Ini yang saya cari cari,
    Thank's

    BalasHapus
  24. @4920754630732865508.0
    Ternyata beggitu mas doy

    BalasHapus
  25. ..dua hr kmaren sy wura-wiri nyari solusi..
    ..dua hr kmarin aku hampir males blogging lagi gara-gara sempet 'nyebelin' nih blogger.com..tp sejak smalem udah 'baikan'..
    ..caranya beda-beda tp tujuannya sama...'ngakalin' blogger.com...heeee.....info dr mas lebih ampuh lagi ya.....mantabh..!

    Best Regard
    www.mamanjua.co.cc

    BalasHapus
  26. ini yang aku cari mas...
    trims bgt...!!!

    BalasHapus
  27. @cool
    saya paling kecewa soal tata letak kang :D
    ternyata solusiny agak kasih solusi ut blog tutor

    BalasHapus
  28. @agusta
    asemm ki italia nggemboss kwkwkw

    BalasHapus
  29. Wuih gitu to caranya..akal-akalan.
    Tapi disisi lain blogger menambah fitur rancangan, jadi mudah membuat tampilan blog yang bagus tapi tetap cepet.

    BalasHapus
  30. ini kang yang bikin saya kesel dari kemarin

    BalasHapus
  31. Wahh baguss mas doyokk triknya.. tapi sekarang ane dah pindah wp. hosting ane ditutup ma google..

    BalasHapus
  32. iya nech !!!
    saya terkdng di buat repot dengan prubahan baru nech !!!

    Thnks tutornya mas doY !!!

    BalasHapus
  33. kalau saya tinggal ilangin code ini <h2 class='title'><data:title/></h2> di elemen gagdetnya lebih mudah heheheh :D

    BalasHapus
  34. kalau gue sih, cukup saya ketik dibagian judul dengan : hilang dech

    trims
    infosertifikasi.blogspot.com

    BalasHapus
  35. Aduh lupa sorri codenya ngak muncul saya ulangi lagi mas. Cukup saya masukkan kode dibagian judul dengan ini : </>

    BalasHapus
  36. Ya mas kurniawan, intinya klo mau mengosongkan dg cara yang simple dan ga perlu edit2 kedalam -> tinggal isikan aja judul dg -> ""

    BalasHapus
  37. Mf sy ralat isi aj dg code -> < di isi apa aja >

    BalasHapus
  38. kalau aq masih lebih enak dan nyaman apa bila widged aq kasih judulnya

    BalasHapus
  39. saya praktekin langsung berhasil bos.
    THX

    BalasHapus
  40. thanks atas infonya :D berguna banget

    BalasHapus
  41. dgn tutor ini selamat deh menu navbar blog saya soalnya menu navbar saya masangnya lewat add gadget mas doy, matur suwun sangat mas...

    BalasHapus
  42. nyoba cara yang ketiga aja dulu ah, makasih mas

    BalasHapus
  43. saya suka sama semua artikel mas....... numpang ijin buat pasang link mas doyok sebagai special thank d blog saya sekalian copas artikel-artikel mas doyok. thank y sebelumnya.

    BalasHapus
  44. mantap artikelnya... perlu diterapkan pada blog-blog saya nantinya, makasih telah berbagi.

    BalasHapus
  45. Terima Kasih Banyak Mas Doyok Ilmu Yang mas Doyok berikan sangat berguna sekali bagi saya,dikarenakan saya awwam sekali tentang membuat/mengisi/dll dalam dunia blog/web site.

    Thank's erick waru sidoarjo

    BalasHapus
  46. kalo di deskripsi isinya tentang apaan ?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer