Mengapa Blog Tidak Diindex oleh Google?

Dari mulai hanya blogging sebagai hobi, hingga akhirnya kenal Google lalu kenal SEO, akhirnya setiap blogger berharap bisa tembus di Google. Yang mulanya pasrah jadi ada rasa kecewa ketika mereka tidak menembus Google. Beberapa kali saya membahas index Google, jika semuanya belum cukup jelas? Atau bagi Anda yang masih menyimpan pertanyaan, "Mengapa Blog Saya Tidak Terindeks Google?" mungkin tulisan berikut ini bisa menjadi jawabannya....

Hanya Soal Waktu
Yang pertama simple sekali. Bagi Anda yang memiliki blog baru, cobalah bersabar. Beberapa blogger menanyakan kepada saya, "Bagaimana bisa, hanya dalam 5 menit artikel blog ini sudah menjadi nomer satu Google?" Pastinya saya akan memberikan rujukan ke banyak sekali artikel saya. Saya tidak bisa hanya menjawab dengan satu kalimat karena semuanya butuh proses. Apa yang saya tulis di blog ini, sekitar 650 artikel sampai saat ini, hampir semuanya pernah saya coba. Jadi, bagi blog baru, bersabarlah dan jangan mengharap yang instant (baca: Jangan Menyerah Teman, Semua dimulai dari Nol)

Saran saya bagi blog baru, sebaiknya Anda segera membuat paling tidak 5 postingan dan kemudian mengikuti serial webmaster saya mulai dari awal (baca: serial webmaster tools). Saya benar-benar meminta Anda untuk tekun mengikuti rangkaian tutorial tersebut. Banyak blogger bercerita, tidak sampai 2 hari blog mereka telah berhasil terindeks google dengan cara itu.

Bagi yang sudah lumayan lama, jika artikel Anda tidak kunjung terindeks ini bisa jadi adalah masalah besar, karena sekarang Index Google jauh lebih cepat (baca: Google Caffeine - Sistem baru Hasil Cari Google). Cobalah perbaiki postingan Anda dan [erbaiki juga struktur template Anda.

Sudah Terindeks Namun Anda Tidak Tahu
Kali ini saya lebih banyak membahas soal kesalahan persepsi saja. Jika yang pertama tadi hanya soal waktu, kemungkinan yang kedua adalah sebenarnya blog Anda telah diindeks Google, namun Anda merasa belum. Jika Anda mencari di Google dengan keyword judul Artikel Anda dan tidak ditemukan blog Anda, cobalah Anda masukkan url postingan Anda ke Google. Jika Ada hasil berarti blog Anda masih keindeks walau kekuatannya 'sangat lemah'.

Beberapa artikel mengenai ini:
- Cara Mudah Cek Apakah Blog Anda Diindeks Google?
- Cek Apakah Blog Anda Diindeks Google Dengan Baik?
- Membuat Google Lebih Sering Mengunjungi Anda

Cek Pengaturan di Blogger
Jangan sampai kesalahan fatal ini terjadi. Silahkan cek di pengaturan blogger Anda.
- Login blogger
- Pengaturan
- Dasar
- Scrolling ke bawah dan pada bagian Biarkan Mesin Pencari Menemukan Blog Anda pastikan Anda memilih Ya.


Semoga artikel ini bermanfaat. Saya sarankan Anda baca juga tentang Skema Tautan dan juga Teks dan Tautan Tersembunyi. Sekali lagi, selamat pagi dan semoga bermanfaat...

Komentar

  1. terima kasih atas tips nya mas doyok...

    BalasHapus
  2. Mantab masdoy punyaku da lama teindeks dan menjadi jawara!!tetapi kenap tiba2 menghilang!! tau cara mengambalikannya??? tolong!!

    BalasHapus
  3. persis seperti kasus saya
    waduch mudah2n lebih bagus
    makasich sharing ilmunya mas

    BalasHapus
  4. @adib
    tiab tiba gimana??
    coba baca di atas ada cara tes indeks google
    masih terindekskah?

    BalasHapus
  5. tinggal rajin ping2 saja... hhe

    BalasHapus
  6. artikel nya sangat membantu
    dulu saya sempat gak terindex
    google ganti alamat blognya
    kok malah terindex...hheeh

    BalasHapus
  7. Postku banyak yg ke-index tapi banyak juga yg ngga ke-index google. . ..Aku ngga tau kenapa?
    Kebanyakan yang tidak terindex adalah artikel yg isinya sedikit (kurang dari 100 kata) misalnya TV Online ,artikel tersebut hanya berisi embed TV Mivo, selainnya hanya beberapa kata saja . . .apa artikel dg tulisan sedikit memengaruhi terindex tidaknya suatu artikel ya? ^_^

    BalasHapus
  8. mas doy saya mau nanya....
    tiga postingan pertama saya dalam satu hari
    bisa langsung terindex oleh google begitu postingan di terbitkan ...dan bisa langsung no 1 bila menggunakan judul yang unik....
    tapi masalahnya pada postingan yang ke 4 dan seterusnya bisa membutuhkan waktu berjam jam untuk bisa terindex oleh google....
    mohon pencerahan untuk hal ini....

    BalasHapus
  9. terimakaksih atas shering ilmunya mas doyok, bisa terindeks tapi ga bertahan lama, kalo seperti itu gimana mas doyok

    BalasHapus
  10. O,Begitu tho Mas Dhe,..
    makasih ya infonya
    Mantab dan tambah sukses dengan Blognya

    BalasHapus
  11. @2456202542852193472.0
    Wah klo saya kok berbeda dgn anda !!!
    postingan saya sangat sulit terindeks cepat dengan google !!!
    butuh kira2 2-7 hari mas doy !!!

    mohon pencerahannya mas doy !!!

    BalasHapus
  12. betul mas doyok. . .
    sekarang google lebih cepat meng-index suatu artikel. .
    saya udah coba dengan memulai "judul artikel" nya saja . . .
    google memang baik hati , , ,

    BalasHapus
  13. "Cobalah perbaiki postingan Anda dan [erbaiki juga struktur template Anda."


    Ada yg salah ketik mas Doy... hehehe

    BalasHapus
  14. wkwkwk kalo untuk Tv Online kayak aku itu gi mana bisa ya juara 1?
    http://tvwordcup2010.blogspot.com

    soal cumah 1 artikel saja kekekeke :)

    BalasHapus
  15. dulu aku mesti nunggu lama baru terindeks

    BalasHapus
  16. ada 1 lg mas doy penyebab. GOOGLE SANDBOX. Kalo uda kena, postingan yg keindeks bakal habis dibabat.

    Yg saya bingung, blog saya kok indeks gugelnya naik turun ya?
    Uda gitu, blog saya uda masuk halaman pertama peringkat 3 pake kata kunci 'BLOG TIPS-TRIK setelah blognya mas KENDHIN dan BARAJAKOM tapi visitor kok gk naek2 ya?

    BalasHapus
  17. kasian google ditembus tembus ama blogger :( kalian sekali kali jgn suka main tembak-tembakan lah. google udah ditembus eh malah sekarang ditembak. benar-benar tidak berperikebloggeran :D

    BalasHapus
  18. gak kliatan tanggapanx masdoy, padahal banyak yg nanya nih.

    BalasHapus
  19. Benar mas mungkin hanya masalah waktu ^_^ dan tentunya optimasi tidak kalah penting ^_^

    BalasHapus
  20. @9102628059586576213.0
    hapus dulu cookiesnya itu hanya keaslahan persepsi saja mungkin pada sistem google :D

    http://www.masdoyok.co.cc/2010/06/cek-kekuatan-seo-anda-di-google-ncr.html

    BalasHapus
  21. @bi2t
    iya nih makasih akgn masukanny :D
    update perhari ngetik buru buru hahaha

    BalasHapus
  22. @954605085198862729.0
    mas coba submit ulang sitemap di webmaster dan rajin rajin gneping
    search diblogku dgn key PING

    BalasHapus
  23. @7077471261061318057.0
    mungkin bertahan lama
    cuma posisinya saja yg turun ya mas???
    kalau soal ini anda harus kuatkan lagi seo nya

    BalasHapus
  24. @2456202542852193472.0
    seahri berapa post pak???

    BalasHapus
  25. terimakasih banyak atas infonya....
    akan saya coba beberapa tipsnya...

    BalasHapus
  26. makasih mas doyok,, ini sngat membantu..

    BalasHapus
  27. thank's infonya...kebetulan dapat masalah yang sama dengan rekan2 blogger yang lain.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer