Pengertian Bounce Rate atau Pentalan pada Analytics

Saya mulai suka dengan serial this morning traffic (baca: Kumpulan serial this morning traffic) karena pembaca blog ini suka juga. Setelah kita melalui beberapa seri dan membahas definisi tentang visitor, keyword density, hingga page views yang banyak salah kaprah, sekarang saya akan membahas mengenai bounce rate atau nilai pentalan.

Apa itu Bounce Rate?
Seperti biasa saya akan memulainya dengan definisi dari wikipedia, disebutkan seperti ini:
Tingkat Bouncing (kadang-kadang bingung dengan tingkat keluar) [1] adalah sebuah istilah yang digunakan dalam analisis lalu lintas situs web. Hal ini pada dasarnya merupakan persentase pengunjung awal ke sebuah situs yang "terpental" jauh ke situs lain, daripada melanjutkan ke halaman lain dalam situs yang sama.
Lalu bagaimana menurut Google? Menurut Google, Bounce Rate adalah:
"Bounce Rate adalah persentase kunjungan satu halaman (yakni kunjungan yang yang didapatkan saat pertama kali ia masuk) Bounce Rate yang tinggi secara umum menunjukkan bahwa halaman masuk (arahan) tidak relevan dengan pengunjung Anda. "
Jadi, apa sebenarnya bounce rate?
Bounce rate adalah salah satu pembanding SEO yang dinilai berdasarkan tingkat pentalan pengunjung di blog Anda. Pentalan yang dimaksud yakni ketika pengunjung datang ke Blog Anda kemudian langsung pergi tanpa membuka halaman lain dari blog Anda. Mereka datang lalu mereka mental keluar lagi. Bounce Rate menentukan tingkat kerelevanan situs Anda. Ketika seseorang datang dari Google dan masuk ke suatu blog, kemudian dia langsung keluar hanya dalam beberapa detik saja, itu berarti blog dinilai tidak relevan oleh Google. Berbeda ketika orang datang dari Google, masuk ke suatu blog dan kemudian ia klik juga beberapa halaman lain dari blog itu (misalnya karena melihat related posts).

Cara Mengukur dan Membaca Bounce Rate
Sayapun tidak benar-benar tahu bagaimana Google bekerja. Namun kita bisa mengambil kesimpulan dari apa yang telah dipelajari. Dari wikipedia sendiri dikatakan, rumus perhitungan Bounce Rate adalah:

Total Jumlah Kunjungan Satu Halaman Saja / Total Jumlah Kunjungan Keseluruhan x 100%

Perhitungan di atas adalah perhitungan sederhana yang disetujui banyak master, meskipun Google memiliki perhitungan yang jauh lebih spesifik termasuk mempertimbangkan waktu kunjungan.

Lalu bagaimana kita membacanya? Misalnya angka pada bounce rate menunjukkan 75 persen. Itu artinnya 25 dari 100 pengunjung Anda betah di blog Anda. Kemudian misalnya Anda memiliki angka bounce rate 50 persen. Itu artinya 50 dari 100 pengunjung Anda betah di blog Anda.

Berapa Bounce Rate Yang Ideal?
Dalam ilustrasi di atas, sudah jelas bahwa semakin rendah nilai bounce rate, maka akan semakin baik bagi blog kita. 0% dianggap sebagai nilai sempurna. Namun itu adalah sesuatu yang sangat sangat susah terjadi. Semua sepakat, ketika berhasil menjaga bounce rate di bawah 50 persen itu sudah bagus. Nilai Bounce rate dibawah 50 persen diartikan 'lebih banyak pengunjung yang betah ketimbang yang tidak betah'.

Di Akhir...
Cara terbaik untuk mengurangi bounce rate adalah dengan membuat postingan Anda menarik. Kemudian tambahkan juga related post (baca: Membuat Related Posts di Sidebar) agar pengunjung tertarik juga membaca postingan Anda yang lain dan tidak langsung pergi. Namun saya lebih suka dan merasa akan lebih optimal jika Anda mampu menyertakan link rujukan dalam artikel Anda (baca: WE - Memudahkan Pembaca Saat Memberi Rujukan Link). Ini akan jauh lebih menarik. Saya mempunyai ilustrasi simpel untuk Anda di akhir...


Pada gambar pertama adalah bounce rate yang buruk karena suatu halaman hanya memberikan artikel tanpa memberikan rujukan ke halaman lain. Akibatnya pengunjung hanya datang kemudian terpental pergi. Pada gambar kedua, garis-garis biru kecil ibarat rujukan-rujukan link, yang menahan pengunjung untuk tetap berada di Blog Anda dan mental-mental di dalam bukannya langsung keluar dan membaca banyak halaman dari blog Anda.... Intinya, bagaimana cara Anda menulis itu akan menentukan bounce rate, dan bounce rate akan menentukan pemeringkatan oleh Google... Untuk tes silahkan Anda gunakan Google Analytics (baca: Cara Mendaftar Google Analytics). Semoga bermanfaat...

Komentar

  1. baru tau nih mas .. ini juga baru baca.. maaf terlambat komennya

    BalasHapus
  2. Wah kalah cpt nih g dpt pertamaax. ok mas bgs beritany.
    jasa buat adsense
    kunjungi juga blog ku mas
    http://isinyablog.blogspot.com

    BalasHapus
  3. yang penting komentar :D

    mantap bro . . . ..


    jangan lupa mampir diBlogQya?

    BalasHapus
  4. ooo beitu ternyata....thaks inmu baru nich

    BalasHapus
  5. hmmm... masih bingung nich dengan bounce rate sob..
    perlu di pahami dulu nich..

    BalasHapus
  6. patut dipahami mas doy..
    nice info...

    BalasHapus
  7. jadi sedikit ngerti ne mas
    trims infonya....sukses slalu

    BalasHapus
  8. wahwahwah . .istilahnya banyak sekali y Mas Yok . . ada jg bounce rate . . bingung,
    Berarti klo ada pengunjung, dateng, langsung pergi,namanya bounce, hmmm....berarti suapaya Pengunjung ngga cpet pergi harus pasang banyak jebakan Yah . .^_^

    BalasHapus
  9. mantab nich mas dayat... baru tau ane namanya bounce, tak kirain game! wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  10. baru tau sy ttg bounce rate. . . Thx mas doy. . .

    BalasHapus
  11. Waktu loading blog Anda merupakan salah satu faktor penting kegunaan (usability) blog Anda. Riset online beberapa waktu lalu menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna internet tidak akan menunggu blog atau situs yang waktu loadingnya 4 detik atau lebih. Dengan kata lain, mereka akan segera pergi saat blog loading.
    kui penyebab BOUNCE RATE membengkak

    BalasHapus
  12. Asli saya baru tahu mas, saya pikir pengertiaannya adalah persentase naik turun jumlah total pengunjung blog/situs kita

    Really2 nice share, sangat bermanfaat mas..

    BalasHapus
  13. sip, tapi terlalu beresiko mas doy kalo pake teknik nih buat sabotase pihak lawan. tapi layak dicoba lah, memang bounce rate menjadi salahs atu faktor SEO, jika semakin tinggi tingkat pentalan sebuah site, maka google akan menganggap site itu tidak relevan bagi para pengunjungnya. biasanya bounce rate tinggi dimiliki site-site yg isinya cuma KW KW semata. atau site autocontent ;)

    tapi ngomong2 soal bounce rate, tingkat pentalanku ijek >70% eh. wkakakaak piye iki

    BalasHapus
  14. puyeng saya kalo ngomongin rangking2 kayak gini. dibaca gimana pun tetep gag ngerti.:(

    BalasHapus
  15. masih pusing, tp ada beberapa yg ngerti ada yg msh pusin jg :D

    BalasHapus
  16. @oempak
    semoga paham ya :D
    dibaca lagi silahkan

    BalasHapus
  17. @8453639840177098067.0
    yg sabotase tadi di caht ya
    kok ke bawa kesini
    ngantuk ya kang hahaha :D

    kang agusta
    kurang kenyal blogmu hahaha :F

    BalasHapus
  18. @8222357544123663371.0
    wah matur nuwun sekali Anda mampir kesini mas...
    semoga bener2 bermanfaat

    BalasHapus
  19. @gus ikhwan
    betul
    bahaya juga ketika belum terbuka malah gak pergi
    wah jadi buruk citranya

    BalasHapus
  20. @ka damar
    bukan jebakan batman hehehe

    BalasHapus
  21. keren infonya...
    sukses selalu

    BalasHapus
  22. weiii....info bagus banget, sekali googling langsung diarahin ke sini dan infonya komplit sesuai yang dipengenin. sukses ya.

    BalasHapus
  23. nice post ni bro, ane jadi paham sedikit membaca analytic. thanks

    BalasHapus
  24. ooh gitu ya.. kalo nilainya 0% artinya tidak ada kunjungan/visitor yang mampir ke blog kita sama sekali mas???

    BalasHapus
  25. kalau 0 persen berarti malah bagus banget dong :D

    BalasHapus
  26. di Google analytics, Bounce Rate = Bounce / Entrances, dan sekarang sudah mengerti maksudnya.....thanks untuk infonya

    BalasHapus
  27. bounce rate blog saya 9,62%, nampaknya rumus di atas masih kurang lengkap, gimana ya cr mengethuinya scr pasti rumus mncri bounce rate

    BalasHapus
  28. Informasi yang memiliki kemampuan untuk membuat sebuah traffik blog tinggi, sangat penting untuk dibaca

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer