Jangan Panik Komentar Blogspot Hilang / Error

Salah satu masalah pada blogspot adalah seringnya error pada masalah komentar. Banyak blogger yang mengirim pesan lewat email atau bertanya lewat chat shoutmix, "mengapa komentar saya hilang mas?", atau "mengapa komentar yang saya tulis tidak masuk?" atau "mengapa angka jumlah komentar tidak sesuai?"

Lantas apa yang harus Anda lakukan?
Jangan Panik! Beberapa blogger malah udal-udal template mereka pada bagian komentar dan terang saja tidak ngefek sama sekali. Kesalahan ini bukan terjadi karena Anda (jika memang Anda tidak lakukan editing sebelum error). Sistem komentar blogger memang sangat sering mengalami gangguan. Bahkan masalah koemntar yang tidak langsung muncul bisa ditemui sehari-hari.

Berbagai Macam Error
Berikut adalah berbagai macam error komentar blogger yang sering ditemui dan ini terjadi karena sistem blogger pusat:
- Komentar tidak langsung muncul. Ketika Anda menulis komentar di suatu blog dan telah ada pesan "Komentar Anda Sudah Muncul" tapi ternyata belum kelihatan. Beberapa kali refesh terkadang tidak muncul juga, dan akan muncul setelah ada komentar lain.
- Komentar Hilang. Ini juga sering terjadi tiba-tiba postingan tidak memiliki komentar sama sekali. Saya pernah mengalami pada beberapa artikel, yang semula 60 lebih komentar hanya tersisa 2 atau 3. Dan itu di banyak halaman. Yang saya lakukan adalah membiarkan dan menunggunya normal.
- Angka jumlah komentar tidak sesuai. Seringkali jumlah komentar menampilkan angka yang lebih sedikit dari jumlah komentar asli. Misalnya angka jumlah komentar pada homepage menunjukkan 4 dan ternyata yang asli telah ada 10 komentar.

Pada hal-hal di atas, saran saya bersabarlah menunggu saja dan jangan panik!.

Kesalahan Personal Lain
Sedangkan berbagai kesalahan personal seringkali terjadi seperti:
- Kode verifikasi tidak tampil penuh, hal ini disebabkan jendela iframe yang terlalu kecil.
- Beberapa orang mengatakan kesulitan menulis komentar di blog lain dengan name dan url langsung. Itu disebabkan karena pemilik blog belum membuka ijin semua tipe pengkomentar.
- Beberapa orang tidak suka dengan verifikasi. Ini juga tergantung pertimbangan pemilik blog. Verifikasi mengurangi bahaya spam, namun memang lebih menyita waktu.
- Komentar tidak langsung muncul karena sistem moderasi. Beberapa blogger memilih memoderasi komentar yang masuk agar terhindar dari komentar spam atau sampah.

Untuk semua hal di atas saya sangat merekomendasikan Anda membaca: Cek Sistem Komentar di Blog Anda, Sebelum Jauh. Comment Issue ini cukup meresahkan, namun semoga artikel ini menenangkan....

Komentar

  1. oke deh.. mas.. jhhee.. skarang dah normal nih.. alhamdulillah..

    BalasHapus
  2. akhirnya di posting juga saya juga sempat kaget mas tadi pagi sewaktu posting kok tiba2 komentar hilang. hal ini juga sempat terjadi pada issue penghapusan akun blogger beberapa waktu lalu mas doy ???

    BalasHapus
  3. ane juga ngalamin" bahaya ini gk bisa pertamaxx2an lagi :(

    BalasHapus
  4. saya check di blog saya yang blogspot dulu, kok pada ilang sih? untung sekarang udah pake WP. :D

    BalasHapus
  5. alhmdulilah tempat komentarku baik" saja mas doy...

    BalasHapus
  6. wah... aku kira komentarku eror karena kesalahan ku... untung ada info dari mas doyok makasih ya

    BalasHapus
  7. Minta reviewnya dong ttg blog ini.
    www.hi-techmall.org/

    ada yg tau ttg blog diatas gak sob?

    BalasHapus
  8. betul tu mas, t4ku ada satu posting yang harusnya ada 8 komentar. tapi setelah diklik read more, malah jadi 4 komen saja..memang sedang error nih blogspot

    BalasHapus
  9. wkwkwkw bahayah juga ni tapi mogah aja gak kebali lagi hehehh :)

    BalasHapus
  10. solusinya hanya sabar menunggu ya mas...
    trims infonya ya

    BalasHapus
  11. waduh sudah terjadi d tempat q..

    BalasHapus
  12. Hahahaha... echa dah panik duluan, coz wktu kmrn thu jg lg oprek2 template.. xixixixi...

    BalasHapus
  13. .waduh iya nih masdoyok...kalo ditempat saya, jumlah komentarnya enggak cocok..
    .smoga cepet normal kembali

    BalasHapus
  14. @5735053281033234902.0
    sama
    terjadi juga sama saya nih :D

    BalasHapus
  15. @echa
    semoga sekarang gak panik lagi ya

    BalasHapus
  16. @karlz
    semoga gejala cepet sembuh ya

    BalasHapus
  17. @1921766080051072360.0
    hahaha maaf memang begitu yg saya tahu mas

    BalasHapus
  18. @810489018651253628.0
    hilang terus gitu kwwkwkw

    BalasHapus
  19. @6550897451148431991.0
    iya kadnag angkanya banyak ternyata dikit pada ngilang
    jan lagi mumett

    BalasHapus
  20. pas bgt, komentar di blog saya harusnya 60 tp kok hanya 52, trus ada yh hrsnya 38 jadi 18... makasih nih mas...

    BalasHapus
  21. @3467110277077969236.0
    saya suak mas
    simple tapi sip
    namun keknya jumlah psot tampil di depan dikurangi saja mas

    BalasHapus
  22. @blog o-on
    iya banyak yg bingung emang mas dari kemrin
    sabar aja mas

    BalasHapus
  23. @giet
    malah bagus kalau bis seperti itu mas :D
    tpai kadang waktunya gak barengan
    bisa aja kena esok hari

    BalasHapus
  24. wa..pasti Mas doy habis Baca statusku...wkwkwkw thax lo mas sekag da pulih

    BalasHapus
  25. @8969871459241880949.0
    blogspot oh gratisan mas hahahaha :D

    BalasHapus
  26. @6007020400101057108.0
    punyaku juga bru normal mas

    BalasHapus
  27. @8229298814687264533.0
    moga aja gak ya dit :(
    bangunnya kan lama

    BalasHapus
  28. @5388887788396954898.0
    gak punya duit premium aja dah hahaha

    BalasHapus
  29. Soal kesalahan personal ya kayak gini: ini blog saya, itu blog anda! hehehe...

    BalasHapus
  30. Baru tau kalo ntu eror dari pusat'e, kirain gara² javascript komentar reply yg dipasang, pantesan nggak bisa mulu

    BalasHapus
  31. sebenarnya ini nggak bermaslah,
    biasanya hal ini akan membaik lagi setelah ada komentar baru yang berkomentar.
    nah nggak perlu di panikkan.
    lagipun nggak pengaruh apa-apa.

    siip informasinya mas...
    salam blogger

    BalasHapus
  32. Saya pernah dapat template yang sama sekali tidak keluar kolom komentarnya, padahal telah aku cek html-nya ternyata ada. Aku tunggu 1 minggu, masih juga belum keluar, akhirnya aku ganti templatenya...

    BalasHapus
  33. oalah pantesan ane sering koment kok kadang2 komentnnya gak muncul. makasih mas atas sharingnya

    BalasHapus
  34. terima kasih infonya mas...
    bermanfaat banget..
    saya juga menulis hal ini di blog saya..
    tapi tidak selengkap yang mas tulis...

    BalasHapus
  35. @6007020400101057108.0
    Sebenernya g masalah juga sih, cuman biasanya lagi error, lho kok sami mawon...biasanya klo komen g masuk padahal ada tulisannya "have published/tlh dipublikasikan" tandanya perlu direfresh sekali lagi

    BalasHapus
  36. komentarku udah bagus masdoyok....setelah seharian ini rusak...

    BalasHapus
  37. jadi tenang deh aku...
    soalnya aku beberapa kali pernah kayak gitu

    BalasHapus
  38. @7020412763790133873.0
    Loalah. Bukan itu mas doy, maksud saya itu blog punya sapa?

    dia kopas abis artikel saya .huhuhu..

    BalasHapus
  39. sip kang..penjelasannya memberikan pencerahab bagi saya..terima kasih

    BalasHapus
  40. @KANG uchiha : Kang Uchi/phonecompi artikel2 akang ada link balik sumbernya, mohon dicek jika memang keberatan akan kami hapus semua artikel akang, Tujuan web ini mengumpulkan artikel2 teknologi dgn memberikan link sumber aslinya, bilamana ada keberatan mohon konfirmasinya..

    BalasHapus
  41. @KANG uchiha : Konfirmasi diterima, semua artikel Anda telah kami hapus.. cya

    BalasHapus
  42. terma kasih penjelasanya kang Doy...

    Saya juga kadang bingung, ada komentar dari pengunjung terus saya reply. Lah, kok besoknya komentar itu hilang yg ada cuma reply saya doang, jadinya kelihatan lucu. sy ngomong sama siapa gitu..???

    BalasHapus
  43. @KANG uchiha : Fyi Artikel2 akang dihapus bukan karena laporan akang di google spam kok.. tapi karena "isi" dari komentar sampeyan di web hi-techmall.org pada hari itu 13/7/2010 sehingga q hapus dan anggap sbg konfirmasi penghapusan yg sebelum kami tny kan dipage blog masdoyok ini :) Maaf yg page ini dibuat konfirmasi krn page ini complain pertama Mas Uchi ( Anyway Copas boleh asal ada backlink sumber malahan isi web yg ada backlink2nya sy biar kan juga kok tapi kalo terlalu banyak ane hapus ;)) Good luck bro..keep blogging.. Tq Masdoyok..

    BalasHapus
  44. setelah berkomentar menggunakan akun google, tidak bisa sig out (ketika diklik eror 404). bagaimana cara mengatasinya mas?

    BalasHapus
  45. Alhamdulillah, terjawab sudah keresahan saya. Berarti memang nggak perlu panik ya mas. makasih;

    BalasHapus
  46. info bgus mas,, mkasi..

    BalasHapus
  47. Wah mas, tapi ko blog saya kotak komentarnya terkadang muncul terkadang ngilang, itu gimana mas? Cek mas

    BalasHapus
  48. mas, numpang nanya, ane baru saja ganti form komentar dari intensedebate, tapi komentar terdahulu hilang, gimana cara mengembalikannya...

    please help mas, thank sebelumnya...

    BalasHapus
  49. Sekarang komentar di blog saya nggak ada yang tampil tuh... apa saya harus menunggu saja?>...

    BalasHapus
  50. Mas, nimbrung disini, masalahnya gini klo ada komentar masuk trus saya publish kok halaman posting jadi hilang alias kosong, tapi di cek gi google search masih ada klo di pilih tembolok, masalahnya dimana ya mas,?

    BalasHapus
  51. mas ikut nimbrung nih, saya barusan mengalami masalah, saya bikin replay komentar, tadinya bisa dibuka, tapi sekarang ketika saya ingin membuka menu replay ko munculnya error page 404, kira2 masalahnya dimana yah?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer