Tips Blog: Cek Form Komentar Sebelum Jauh

Nah, ngeblog itu berbeda dengan websites. Blog memiliki istem dua arah, artinya interaksi tuan rumah dan tamunya. Contohnya adalah dalam bentuk coment. Soal coment, itu adalah pemacu semangat kita yang paling manjur. Betapa senangnya hati ketika melihat artikel dikomentari, sobat yang memberikan support, "Siip postingannya", "Keep Post Bro!", "Nice Post, Aku tunggu lagi postingannya...", atau "Semangat....!" dan masih banyak lagi. Sebaliknya jika komentar masih sedikit atau bahkan masih kosong, sebaiknya Anda jangan lantas langsung berputus asa. Ada beberapa faktor yang menyebabkan pengunjung tak berkomentar pada Anda. Sebelumnya saya pernah membahas ini secara singkat mengenai hal ini. Nah, kali ini saya bahas beberapa kasus lagi......

1. Konten Anda Jelek
Seperti saya bahas sebelumnya, konten adalah raja. Konten yang buruk tentu tak menarik perhatian. Kadang masalah terjadi di awal paragraf yang sudah tidak menarik, mebaca kelanjutannya saja males, apalagi harus menyelesaikannya bahkan berkomentar.
Baca: 5 Trik Membuka Postingan
Nah, masalah isipun harus diperhatikan. Berikan pemaparan yang jelas tetapi tidak berlama-lama hanya dalam satu hal....
Bca juga karena gak kalah penting Masalah Serius Blogger

2. Tidak Berkomentar Ke Blog Orang Lain
Jika Anda berpikir senang melihat komentar di postingan Anda, maka orang lainpun berpikiran sama. Nah, rajinlah berkomentar pada blog lain dan Anda akan mendapat komentar balik.
Lebih Jauh Baca Juga: 5 Tips Penting Ngeblog

3. Anda Tak Membalas Komentar

Rajin
-rajinlah cek komentar terbaru Anda. Pengunjung yang berkomentar kadang dalam bentuk sebuah pertanyaan, maka Anda harus menjawabnya. Jika bukan pertanyaan, kata-kata terima kasih adalah hal yang harus Anda lakukan. Saran saya Anda memasang kotak komentar terbaru, sehingga Anda tahu komentar-komentar terbaru untuk blog Anda.
Cara Memasang Recent Comment...

4. Siapa Saja Yang Berkomentar?


Bingung juga untuk judul list ini. Walau selalu blogwalking dan blogwalking tetapi tak selamanya blogger ada didashboard, atau dalam arti sedang login di akun mereka. Ketika mereka membaca sebuah postingan dan mereka ingin berkomentar kadang-kadang males, karena pilihan Name/URL tidak diaktifkan oleh si pemilik blog. Nah, saran saya adalah Anda lebih baik aktifkan itu terlebih dahulu agar pengunjung lebih mudah dalam berkomentar.
Caranya sebagai berikut:
1. Login Blogger
2. Pengaturan
3. Komentar
4. Pada Pilihan Siapa Yang Bisa Berkomentar? pilih Siapapun - Termasuk Anonim
5. Simpan

5. Kotak Komentar Error


Banyak sekali kasus seperti ini yang saya temui selama blogwalking. Kotak komentar tak penuh, kode verifikasi hanya tampil separo.... Bagi pembaca awam akan kesulitan aksesnya walau bisa dilakukan dengan klik tombol Tab berkali-kali. Saran saya, lebih baik Anda membenarkannya. Bagaimana caranya? Baca juga: Mengapa Pengunjug Tak Jadi Berkomentar?

6. Tidak Disemat Dibawah Entri
Tentu lebih menarik bagi pembaca begitu melihat kotak isian komentar di bawah postingan begitu postingan dibuka. Sebuah kotak pengisian besar, dengan panduan di atasnya yang bisa Anda atur sendiri, "Tinggalkan Komentar Anda", "Tulis Kritik dan Saran Anda", "Kami Butuh Pencerahan Dari Anda" dan lain-lain...
Tentu sebuah 'permintaan' dan kotak pengisian yang telah jelas tersedia 'lebih' menarik daripada hanya link 'Poskan Komentar' yang bisa saja malah tak terlihat...
Maka dari itu saran saya sematkan kotak komentar Anda di bawah entri....
Caranya mudah:
1. Login ke blogger
2. Pengaturan
3. Komentar
4. Pada Pilihan Penempatan Formulir Komentar pilih 'Disemat Di Bawah Entri'
5. Untuk panduan atau permintaan yang saya sebutkan tadi bisa Anda isikan pada bagian Pesan Formulir Komentar..
6. Simpan Setelan

(+) Beri Kesempatan Postingan Lain
Nah, selain postingan baru yang butuh komentar, berikan kesempatan postingan lama Anda juga terjamah pembaca. Mungkin dulu blog Anda belum dikenal, sehingga tak ada komentar, sekarang saatnya memunculkannya kembali. Gunakan widget Random posts atau List rtikel Terbaru....
Cara Membuat Random Posts
Cara Membuat Recent Posts
Cara Membuat Related Posts
dan juga dengan cara menautkan antar postingan dengan link...
Baca tentang Link Ke Artikel lain pada 5 Tips SEO untuk Pemula

Conclusion

- Segeralah mencoba untuk berkomentar pada blog Anda sendiri, gunakan beberapa browser (Firefox, Opera, IE) untuk tes, karena kadang berbeda browser memberikan tampilan yang berbeda untuk blog kita....
- Blogwalking dan berkomentarlah di blog lain, serta promosikan postingan Anda...

Semoga bermanfaat.....

Komentar

  1. pertamax.....rajin bener nich kang doyok

    BalasHapus
  2. @investing kudu rajin biar cepet naek PR nya.... wkekeke
    @Free hahaha.... cemberut di blog gua dilarang

    thx thx thx ya udah coment dan support...

    BalasHapus
  3. dengan mengeklik tombol TAB tu bisa turun sendiri sob tanpa harus da scroll . . . :D

    BalasHapus
  4. @ah om kempul gak nyemak...
    kan aku juga udah bilang di atassss

    BalasHapus
  5. wah... mantap nih boss.... sukses terus yah,,,

    BalasHapus
  6. @akhatam siip deh makasih ya....

    BalasHapus
  7. ilmu lagi nih.. :) masuk kantong mas... :)
    makasih mas...

    BalasHapus
  8. @joeniar siip deh, eh belum baca yh text area mouse over yaa???

    BalasHapus
  9. bagi2 ilmu, emang baik mas doyok ini...:-)

    BalasHapus
  10. tips-nya oke nich...terutama buat pemula kayak saya :)
    makasih mas...

    BalasHapus
  11. @kang setia sip deh masss
    @satchamo makasih juga udah coment yaaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  12. iya mas, aku belum baca nih... btw gambar yang dijadiin contoh kayanya kenal deh mas... itu blog ku waktu dulu itu to mas... heehee 3x...wah jadi tersandung eh..tersanjung nih di jadiin contoh ma mas doyok hehehe :)

    BalasHapus
  13. Tia sering nemuin yang kayak gitu.. kadang sedih juga, jadi nga bisa kasi komentar ke postingannya kakak-kakak yang lain.

    Solusi nya ada disini... Makasih ya kak dah sharing

    Sharing Tips

    BalasHapus
  14. kalo yang pake kode verifikasi apakah itu tidak merepotkan orang untuk komentar

    BalasHapus
  15. @joeniar sip dibaca ya
    \@tia bener.... thx ya udah coment
    @kang marno itu kan pengamanan kang.... gak repot lah bentar doang...

    BalasHapus
  16. wuidihhhh
    blogger skr emang keren2
    udah blognya keren
    postinganya keren
    alexanya keren
    orgnya pasti keren
    hihihhi

    BalasHapus
  17. @pengenpintar

    gue hapalll banget ma komennya

    thx sobbbb

    BalasHapus
  18. wah..wah..wah..
    keren banget postingannya sob..
    emang ga' da habisnya ide sobatku ini ya..

    BalasHapus
  19. mantap master komplit tipsnya

    BalasHapus
  20. @lumayan lah.. master master hehehee
    jadi ke Gr an...

    BalasHapus
  21. Wah blog mas emang ngebantu para blogger indonesia, aku acungkan cempol buat mas.. Sebenarnya aku uda lama nongkrong diblog mas, diam2 curi ilmu disini. Hehehe.. Maklum baru ngeBlog aq mas. Blogku berangsur2 jadi sedikit rumayan bagus.. Berkat info mas juga.. Makasih ya mas.. Mampir juga diblogku ya mas.. Senang bisa berteman dengan orang sebaik mas..

    BalasHapus
  22. @kk Yan... wah sip nambah coment nih...
    jadi semangat bat posting lagi :D

    thx banget sob

    BalasHapus
  23. salam sobat
    trims ya,,sudah dijelaskan mengenai komentar nich,,,
    banyak menambah ilmu nich saya,, baca tipsnya mas..
    sukses selalu buat mas DOYOK.

    BalasHapus
  24. @mbak NURa
    makasih yah mbak udah mampirrrrrrr

    BalasHapus
  25. makasih udah mampir sebelumnya, mampir2 lagi yah,

    BalasHapus
  26. Kalo Saran saya , Lebih Baik dan Tidak Ribet , Ubah aja setingan , Jangan make Kode Verifikasi ..... Malah Panjang Urusannya :((

    BalasHapus
  27. hehe saya juga gak make tapi gak mau ajarin ajaran sesat

    BalasHapus
  28. mas doyok aq masih bingung...

    BalasHapus
  29. @mas acrom, kamu lihat list nomer 5, nah klik mengapa poegunjung tak jadi berkomentar

    BalasHapus

  30. mantab kang doyok infonya. ditunggu artikel berikutnya.

    BalasHapus
  31. Kadang-kadang ada juga tuh yang kotak verifikasi katanya cuman separo.

    BalasHapus
  32. Baru tau caranya pake teken "TAB".

    BalasHapus
  33. makasih infonya ya,......
    lain kali aku lebih hati2 deh soal komentar

    BalasHapus
  34. ini yang sedang saya alami,thx udah dicoba dan berhasil

    BalasHapus
  35. makasih mas ilmunya berguna banget

    BalasHapus
  36. makasih semuanya udah comenttttttt

    BalasHapus
  37. maksih info mas doyok....semangat ya mas doyok...blog anda saya yakin akn berjaya....

    BalasHapus
  38. salut buat temenku yang satu ini......selalu memberikan informasi yang sangat bermanfaat sekali buat kita...

    terus lah berkarya sob

    BalasHapus
  39. makasih boss infonya mantebs tenan....

    BalasHapus
  40. asalamuallaikum mas doyok, saya berterima kasih banyak2 berkat postingan mas doyok saya bisa memperbaiki blog saya,

    BalasHapus
  41. oke semogasemua blog kalian semakin mantappp

    BalasHapus
  42. konten saya tentang musik nih , apa ya tips yang jitu nya ? email saya di raniran@ymail.com

    BalasHapus
  43. oke raninran nanti saya add ya :D

    BalasHapus
  44. makasih mas infonya, semoga jadi blogger yang mabbrur.. Amienn...

    BalasHapus
  45. info yang bagus. panjang juga. terima kasih tuh buat penulisannya yang cukup panjang

    BalasHapus
  46. mas doyok. kenapa aku mau daftarin blog baru kok gak bisa bisa

    BalasHapus
  47. musti di coba neh kalau begitu....!!!

    BalasHapus
  48. lagi lagi makasih infonya, banyak hal yg memang telah saya abaikan. stelah baca posting ini banyak masukan2 buat blogger awam sperti saya.. goodLuck

    BalasHapus
  49. saya pengen mendalami mengatur komentar. bikin blog benar-benar mendidik disiplin

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer