Melaporkan Blog Spam ke Blogger

Spammer... Mungkin itu benar-benar menjadi musuh nyata bagi Anda di dunia maya ini. Namun apa sebenarnya arti spam itu sendiri, kok saya sangat sering melihat kalimat, "kamu spam!", "jangan nyepam disini!" di shoutmix saya. Mari kita pelajari dan jika memang sesuai pemikiran Anda, kita bisa mengambil tindak lanjut...

Spam Menurut Wikipedia
Menurut wikipedia sendiri, Spam didefinisikan sebagai berikut:
"Spam yang bisa juga berbentuk junk mail adalah penyalahgunaan dalam pengiriman berita elektronik untuk menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna situs web. Bentuk berita spam yang umum dikenal meliputi: spam surat elektronik, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam berita pada telepon genggam, spam forum Internet, dan lain lain."
Jika kita membaca lebih jauh keterangan panjang dari wikipedia, ada 3 point penting yakni: datang tidak dikehendaki, bertubi-tubi dan merugikan.

Sedangkan, Blog Spam Menurut Google...
Di wikipedia sendiri disebutkan salah satu bentuk spam adalah blog spam. Lalu apa blog spam itu sendiri, mari kita simak kutipan Google..

"Seperti banyak tools canggih, blogging layanan dapat baik digunakan dan disalahgunakan. Kemudahan membuat dan memperbarui halaman Web dengan Blogger telah membuatnya menjadi sangat rentan terhadap bentuk perilaku yang dikenal sebagai link spamming. Blog terlibat dalam perilaku ini disebut spam blog, dan dapat diakui oleh teks mereka tidak relevan, berulang, atau tidak masuk akal, bersama dengan sejumlah besar link, biasanya semua menunjuk ke satu situs."
Jelas sekali dari penggalan di atas Google sangat membenci blog spam. Ada beberapa point penting yakni: konten yang tidak relevan, konten ynag berulang (bisa jadi tak berujung), dan menanam banyak link.


Lalu, Dimana Posisi Blog Auto Content?
Blog auto content (baca: Bertahan di Antara Maraknya Blog Auto Content) menjadi perdebatan yang tak kunjung-kunjung selesai. Kita bisa mengambil beberapa baris kalimat dari selebaran Google. Misalnya pada penggalan yang saya sebut di atas, pada bagian berikut ini:

....dan dapat diakui oleh teks mereka tidak relevan, berulang, atau tidak masuk akal, bersama dengan sejumlah besar link, biasanya semua menunjuk ke satu situs.

Tampaknya kalimat tersebut cukup cocok menurut saya. Belum lagi, penggalan dari paragraf kedua selebaran Google seperti berikut ini:

....Mereka dapat menyumbat mesin pencari, sehingga sulit untuk menemukan konten yang nyata pada mata pelajaran yang Anda minati. Mereka mungkin mengikis konten dari situs lain di Web, dengan menggunakan tulisan orang lain agar terlihat seolah-olah mereka memiliki informasi berguna mereka sendiri. Dan jika sistem otomatis menciptakan posting spam pada tingkat yang sangat tinggi, dapat mempengaruhi kecepatan dan kualitas layanan untuk yang lain, pengguna yang sah.

Bahkan di paragraf kedua ini Google sangat menekankan bahwa blog seperti itu tidak baik. Menurut saya sendiri ini sudah menyalahi aturan Google, dunia internet dan sebagai seorang manusia. Mereka mengambil keuntungan dari orang lain dengan sangat mudah dan saya rasa jika ada dollar itupun tidak enak dimakan. Tapi kembali lagi, Ana buka anak Tk dan saya bukan orang tua Anda. Anda bisa menilai sendiri mana yang seharusnya bisa membuat hidup Anda dan orang lain "Nyaman".

Laporkan Blog Spam Ke Google
Google sendiri tidak tinggal diam menanggapi hal ini, namun memang mereka mengakui algoritma mereka belum cukup baik menahan peredaran blog spam di mesin pencari mereka. Anda bisa membantu mengupayakan melaporkan blog spam, namun ini juga sama sekali belum responsif karena Google lakukan pengecekan manual terhadap blog yang Anda laporan. Mereka juga meminta Anda hanya mengirimkan laporan sekali untuk satu blog, jangan diulang-ulang karena laporan Anda sudah masuk saat pertama kali mengirim. Tim Google akan mencoba me review untuk uji kelayakan. Berniat menggunakan jasa ini? Silahkan datang ke: Report Spam Google

Nyatanya memang cara pelaporan ini masih tidak efektif dan jarang membuahkan hasil. Sembari menunggu Google membenahi algoritmanya agar lebih baik, sebaiknya kita berkonsentrasi posting ketimbang sibuk marah-marah dan menggerutu tentang kelakuan blogger lain. Satu solusi menggunakan mesin pencari yang bebas dari blog spam adalah dengan mesin pencari di Masdoyok.com, namun saya membuatnya hanya khusus untuk mencari blog tutorial. Semoga bermanfaat... Ini sebagai penambah pengetahuan dan instropeksi diri......

Komentar

  1. sepertinya pertamaxx hanya milik saya

    BalasHapus
  2. ngomoong 2 soal spam,apakah saya masuk kedalam kategori spammer??...,, saya belum bisa gak nyepam mas doy, untuk satu "kontes" selebihnya tidak, yah introspeksi aja,, dech thx peringatannya mas,,,

    BalasHapus
  3. haha icantulang bisa ajah
    untuk kontes yaaa???
    spam itu emang sulit juga ya pengertian garis besarnya

    BalasHapus
  4. thx masukannya mas.......
    introspeksi aja,,,,,

    BalasHapus
  5. saya ingin tanya masalah "sejumlah besar link". Ini sama artinya dengan tukar link atau gak ya ? soalnya kbanyakan blogger kan sering tukar link, itu gmn ya, klo memang msuk sbagai kriteria blog spam, mungkin saya gakan buka tukeran link lg :)

    BalasHapus
  6. thx ya mas, bermanfaat sekali buat pemula seperti saya

    BalasHapus
  7. mas kapan 2 posting cara melepaskannya bila dilaporkan..kurang jelaz ni hehehe

    BalasHapus
  8. iya mas,mangkel juga dengan blog "plus-plus yang mubeng-mubeng itu" :D
    untung saya nggak tergiur buat blog auto content,walau sebenarnya penasaran juga cara buatnya.hahaha

    sip mas doy....

    BalasHapus
  9. weh aq dwe seneng nyepam paklik terus pie?? :( sama aja boong kalo laporan ma simbah gog...

    BalasHapus
  10. mantap tu mas doy ... tp kbnykn org yg ngelaporin blog ke google bkn krn spam krn iri dg pengjung ...yg bnyk mas doy ..

    BalasHapus
  11. baru ditanya uda dijawab ma masdoy. Mangstab dah.

    Eh.. Menurut masdoy blog www.hi-techmall.org tu blog auto content gak? Dia copas artikel saya tapi gak ngapus link saya. Tp semua artikel saya yg dicopas masuk halaman pertama gugel.

    BalasHapus
  12. oiya, bisa gak ngelaporin pk bhsa indo masdoy?

    BalasHapus
  13. terkadang saya suka jengkel pada blog yang isinya auto konten,,,
    kata kunci nya kemana, artikelnya dimana
    Iklan aja yang digedein....
    Pak Master minta saran dong pada blog saya, saya rada kesulitan nemuin nice yg cocok....

    BalasHapus
  14. saya teh heran apa kali sebab malas nak bukak spm kaliya mau masuk mail sendiri aja susah gila banget mas kren nih penjelasan nya teruskan ber karya mas

    BalasHapus
  15. Setuju mas.. moga2 kedepannya google bisa lebih selektif lagi dalam menampilkan hasil pencarian blog yang benar2 paling relevan terhadap suatu keyword yang kita inputkan.. karena pengalaman saya juga, kadang2 kalo kita tulis suatu kata untuk mencari artikel tertentu, hasil pencarian di halaman pertama kadang2 masih menyertakan blog2 spam yang berbuat curang... tekniknya ya yg seperti blog autocontent itu...

    BalasHapus
  16. lewat navbar >> Report Abuse . . .

    BalasHapus
  17. saya juga males sama yg namanya spam... apalagi spamnya jualan obat kuat hahahahaha, parah parah parah.. Kalo blog auto content itu juga bikin kesel mas doy....link nya muter2 gak jelas... mana biasanya numpuk iklan...wah males banget dah!!!!!!!!!

    BalasHapus
  18. Say "NO" for SPAM ha..ha.. ini juga bisa masuk Google Sandbox yah mas doy kalau tergolong SPAM ??

    BalasHapus
  19. kalau bicara soal spam emang bikin kita geram
    kebanyakan pencarian kita di google sering ke situs yang bukan link aslinya.
    semoga google bisa menindak lanjutinya.
    biar kita lebih enak dalam mencari keyword yang kita cari.

    nice artikel mas

    BalasHapus
  20. Bicara masalah spam,anti virus yang bgus n cheaper apa yach?.

    BalasHapus
  21. Ada search engine baru ternyata... :D

    BalasHapus
  22. memang blog spam banyak, saya aja pernah dikomentari orang spammer termasuk blog masdoyok juga ini..

    BalasHapus
  23. Iya mas, ngurangin domain (subdomain) blogger aja!

    BalasHapus
  24. wah terimakasih atas infonya mas.... sangat bermanfaat....,
    salam kenal dan salam hangat dari blogger Bali

    BalasHapus
  25. kalau untuk memblokir komentar berdasarkan ip ada ndak ya mas doyok?
    beberapa belakangan ini di blog saya juga ada komentar spam. ndak nyambung lagi komentarnya. pokoknya spammer sejati deh.

    BalasHapus
  26. Tapi bahaya juga mbah klo main lapor2 aja, semoga spam lebih diminimalisir oleh gugel

    BalasHapus
  27. aku minta ampun sama blog auto post, kok berani gitu loh tulisan orang dijadi-in sebagai post mereka..

    BalasHapus
  28. aku sumpahin siapa saja yang jadiin tulisanku sebagai konten auto post di blog mereka bodoh seumur hidup. masa tulisan dari seorang anak sd lg dijadiin inspirasi blog mereka, pake pasang pasang iklan lagi, bego deh tuh orang

    BalasHapus
  29. wah... jangan suka jadi spmmer dah....

    BalasHapus
  30. emang hal tersebut bergantung pada tiap orangnya sih, kalo sangat mementingkan dirinya sendiri yah begitu jadinya.. tapi mau bagaimana lagi yah gan

    BalasHapus
  31. Blog auto content? saya lebih menganggapnya sbg penipu daripada spam...fufufu....

    Bagaimana dengan blog yang menampilkan iklan dg cara yang sangat mengganggu pembacanya? misalnya dg popup yg berlebihan...?? apa juga termasuk spam? tp kan itu blog mereka, mau dibikin kayak apa ya terserah mereka sih...

    salam...

    BalasHapus
  32. Matur nuwun,Kang Doy, artikelnya berguna dan manfaat bagi kami.

    BalasHapus
  33. setelah baca ini, eh kok aku malah pengen membuat blog autocontent ya yok...wkakakak

    BalasHapus
  34. @3477759475701435449.0

    saya juga mau (evilgrin)

    (doh) udah lah blog sepam nggak usah dipikirin, poko'e abis manis spam dibuang (gym)

    BalasHapus
  35. makaci infonya mas doyok...

    BalasHapus
  36. Keep it up this is good blog..

    BalasHapus
  37. koq ngeri ya.... klo banyak yang jail kan brabe? ntar kena banned dr om google

    BalasHapus
  38. Hallo sob salam kenal. Wuih ngeri juga ya kalo blog kita sampai di banned mbah Google.

    BalasHapus
  39. bang… sy msh ga ngerti cara ngelapornya….

    minta tolong dong bang.. laporin blog neh..

    http://indonbodoh.blogspot.com/
    (blog ini ngina banget bangsa kita...)
    ty bang……..

    BalasHapus
  40. bang… sy msh ga ngerti cara ngelapornya….

    minta tolong dong bang.. laporin blog neh..

    http://indonbodoh.blogspot.com/

    ty bang……..

    BalasHapus
  41. kita semua spam! buktikan jika kita bukan spam!

    BalasHapus
  42. Artikelnya bener2 menarik mas..sangat membantu..

    BalasHapus
  43. ayo kita basmi auto blog content generator.
    dan bermain dengan bersih :D

    BalasHapus
  44. makasih mas informasinya, saya punya beberapa artikel unik dan masuk number 1 page SERP, di kopas org,,pengen laporin neh jadinya....Suwun mastah

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer