Melihat dan Menampilakan Postingan Label Kembar (Multiple Label)

Label menjadi salah satu hal penting untuk postingan Anda (baca: Pentingnya Label dan Tips Penentuannya). Label bisa memudahkan pengunjung untuk mencari sesautu artikel yang bertipe sama. Artikel ini akan membantu Anda baik sebagai pembaca maupun pemilik blog.

Anda Adalah Seorang Pembaca
Bagi seorang pembaca, kadang ia menemui suatu blog dengan konten luar biasa banyak, dan ia ingin sunting membaca artikel-artikel dengan jenis tertentu saja. Dalam suatu blog tutorial seperti blog ini saja misalnya yang sudah memiliki 800 artikel lebih, akan ada banyak sekali cabang: Google, Yahoo, Gadget, Webmaster, CSS, Javascript dan masih banyak lagi label yang lain. Apalagi jika Anda menemukan blog yang tidak memiliki topik tertentu dan memiliki artikel beraneka ragam mulai tutorial, tips kuliner hingga gosip artis. Dipastikan pengunjung akan kesulitan menemukan artikel yang sejenis, jika..... tidak ada label.

Nah, seperti kita tahu selama ini Anda bisa melihat postingan dengan label tertentu dengan akses halaman:
http://www.masdoyok.co.cc/search/label/SEO

merah pertama adalah alamat blog, dan merah kedua (facebook) adalah labelnya. Jadi ketika Anda akses halaman tersebut, maka blog tertuju hanya menampilkan list postingan dengan label tertentu saja.

Selain dengan cara di atas, Anda juga bisa membuka postingan dengan label tertentu, dengan cara memanggil feeds seperti link berikut ini:
http://www.masdoyok.co.cc/feeds/posts/default/-/SEO

Dengan cara pertama, postingan dengan label tertentu akan ditampilkan di blog langsung, sementara cara kedua akan ditampilkan di halaman feeds yang tentu lebih ringan.

Lalu..., sebenarnya poin dari artikel ini adalah bagaimana cara Anda menampilkan postingan-postingan dengan label kembar saja. Misalkan di blog ini ada artikel tentang SEO, dan artikel SEO sendiri bisa menyangkut Google, Yahoo dan mesin pencari lain. Kemudian Anda berpikiran untuk menyaring ingin membaca artikel SEO yang khusus Google saja. Dan cara ini hanya bisa dilakukan dengan pemanggilan feeds.

Maka Anda bisa menampilkannya dengan cara akses alamat berikut:

http://www.masdoyok.co.cc/feeds/posts/default/-/SEO/google

Pisahkan label satu dengan label yang lain dengan tanda miring (/). Ingat bahwa label sensitif dengan huruf besar dan huruf kecil. Dengan cara di atas, maka akan ditampilkan postingan blog ini yang memiliki label SEO dan Google. Postingan dengan label 'SEO' saja, atau dengan label 'google' saja tidak akan ditampilkan. Mudah bukan? Anda bisa menentukan hingga banyak label seterusnya dengan format /-/label1/label2/label3/......./labeln.

Anda Seorang Pemilik Blog
Sekarang saat Anda berposisi sebagai pemilik blog, kadang Anda memiliki unggulan untuk artikel berlabel tertentu. Misalkan Anda memiliki blog tutorial, dan kita tahu banyak sekali blogger tutorial yang menjadi pesaing. Kemudian Anda memiliki kelebihan tersendiri dalam pembahasan SEO. Maka Anda mempunyai pilihan untuk menarik pengunjung dengan menampilkan gadget artikel terbaru 'namun hanya pada label tertentu'.

Silahkan Anda pergi ke Blogger -> Rancangan -> Add Gadget -> Pilih gadget Feeds
Kemudian masukkan alamat feeds di atas. Bisa feed berlabel tunggal ataupun feeds dengan label kembar.

Silahkan mencoba, semoga bermanfaat dan salam freshhhh.. Jangan lupa bergabung di Mas Doyok Forum dengan banyak kemudahan....

Komentar

  1. sipp silahkan :D semoga bermanfaat yaaaa

    BalasHapus
  2. Mantab.. Saya punya artikel dg banyak label, sekitar 6 label dalam satu postingan. Kira2 apakah bisa menampilkan hanya 1 label (padahal termasuk 6 label tsb) yang saya pilih ya dalam artikel terkaitnya?

    Terimakasih atas jawabannya

    BalasHapus
  3. wookeyy , suatu saat ilmu ini pasti saya gunakan , tq berat mas doy ilmu2nya

    BalasHapus
  4. nyoba ahh..........
    thanks sob.........

    BalasHapus
  5. @blog hp
    ya bisa tinggal sisi saja dgn satu label tok yg diinginkan

    BalasHapus
  6. cara tersebut dapat memudahkan untuk mencari artikel dengan kategori yang mirip
    nice info mas ^_^

    BalasHapus
  7. @istiqlal
    siip mas :D semoga bermanfaat
    @yanthie
    iya silahkan dicoba yaaaa
    @noval
    iya mas memang bisa berguna seperti itu

    BalasHapus
  8. iya mas :D
    kalau ini kan utk hemat tempat dan mengombinasikan keduanya mas :D
    misalnya hanya ingin tampilan 2 label tertentu aja

    BalasHapus
  9. Mksih mas untuk infonya...giman dengan postingan yang memiliki label lebih dari 1, apakah itu tidak di anggap duplikat?soalnya kan url postingannya terbaca di label pertama dan kedua

    BalasHapus
  10. Menampilkan label lebih dari satu,
    potingan saya terakhir ada peringatan untuk label semuanya tidak boleh lebih dari 200 karakter,
    mohon penjelasan.

    BalasHapus
  11. @fadly
    enggak mas :D
    halaman label kan standart gak dirayapi bot

    BalasHapus
  12. @nyach
    maksudnya keseluruhan karakter dari label label itu jgn sampe 200 mas

    emang gak baik beralebel terlalu banyak

    BalasHapus
  13. hehe dapat ilmu baru, langsung tak coba mas. terima kasih :D

    BalasHapus
  14. silahkan kang
    semoga percobaannya sukses yaa

    BalasHapus
  15. Wah, saya baru tahu cara2 ini. Makasih kang, tipsnya. :)

    BalasHapus
  16. Terima kasih mas...!
    Hebat lah blogna!!

    BalasHapus
  17. mas bro, kalo bikin daftar isi di laman menu atau menampilkan beberapa judul blog dan sedikit isi posting dari judul2 tsb, trus di ujungnya di kasi read more gimana ya..? tampilnya di laman menu lho bukan di beranda posting, makasih banget, semoga blognya tambah sukses and tetap pr 1. makasih 1x lg trims

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer