Google Dikritik Keras Soal Penghapusan .Co.Cc

Memang memprihatinkan keputusan Google untuk membuang .co.cc dari hasil cari mereka (baca: Apakah .co.cc sampai disini saja?). Selain membuat kecewa jutaan blogger, terlebih blogger blogger baru yang masih menggunakan domain gratisan, ternyata tindakan ini juga dianggap bodoh oleh para ahli keamanan internet.

Seperti kita tahu bahwa tindakan Google untuk menghapus domain secara keseluruhan baru terjadi pertama kali ini. Biasanya Google hanya block situs-situs tertentu yang jelas berbahayanya (baca: Meminimalisasi Hasil AGC dari Google).

Beberapa pakar pencarian menilai tindakan ini adalah suatu blunder,
- .Co.Cc hanyalah salah satu SLD (sub level domain) yang memberikan sumbangan besar konten jahat di Google. Meski saat ini menjadi SLD nomer satu penyumbang konten jahat, namun SLD lain seperti .co.tv, .wo.tv, .cz.cc terus berkembang dan memproduksi angka yang tak kalah besar.
- Hal ini hanyalah menjadi permulaan karena penjahat internet dapat dengan mudah berpindah ke SLD yang lain. Akhirnya penghapusan .co.cc diikuti pula dengan penghapusan .co.tv dan bukan tidak mungkin akhirnya Google melakukan sapu massal yang terkesan arogan.
- .Co.Cc tidak hanya disedikan untuk mereka yang mempublikasikan konten jahat, tapi memiliki jutaan konten bermanfaat pula.
- Dari penelitian para ahli, SLD lebih banyak digunakan sebagai domain kedua, ketiga atau bahkan hanya sebagai domain pelompat menuju TLD (top level domain)
- TLD cenderung lebih kuat daripada SLD, jadi sangat jarang sekali SLD bisa menguasai halaman Google mengalahkan TLD. Hak ini yang menyebabkan TLD masih menjadi domain favorit para penyebar konten jahat dan SLD hanyalah sebagai domain pendamping.
- Di tahun 2012, ICANN akan memperluas sistem nama domain pada TLD sehingga menyebabkan lebih banyaknya pilihan ntuk para penjahat cyber.

Menurut para pakar akan jauh lebih baik jika Google bekerja sama dengan operator TLD dalam menekan penggunaan SLD. Memberikan batasan yang lebih jelas seperti hanya memperbolehkan satu nama domain untuk satu akun dan juga penggunaan verifikasi lewat seluler seperti yang telah dikembangkan Google.

Jika hal ini dilakukan, tentu para pengguna .co.cc akan menjadi kurang lagi kebebasannya. Saat pertama kali muncul .co.cc memperbolehkan satu akun gratis untuk 4 nama domain, tahun lalu di perkecil menjadi hanya 2 nama domain. Dan untuk pembuatan sub sub domain (seperti sharing.masdoyok.co.cc, forum.masdoyok.co.cc, answers.masdoyok.co.cc) yang saat ini masih bebas mungkin akan dihilangkan untuk akun-akun gratis.

Well, tidak masalah jika memang harus ada pembatasan itu, semoga saja .co.cc kembali eksis di ranah Google...

Komentar

  1. masih dalam tahap mikar mikir mas :D

    BalasHapus
  2. saya sih setuju-setuju aja dengan "kegiatan" google ini. karena berdampak sangat positif untuk blog tutorial saya. :)

    BalasHapus
  3. di artikel sebelumnya alhamdulillah komen2nya sudah tak jawab, maaf atas keterlambatannya

    BalasHapus
  4. @jaka
    laiya saingannya jadi tambah kecil mas :D hehehe...
    tapi tentu google kurang bijak

    BalasHapus
  5. wah iyo mbah, domainmu gwe co cc maleh melu protes ,,, banyak domain pula yg pke co cc.... meski bgitu rasanya gak pas,, traffict dari search engine n social kan masih banyak :D

    BalasHapus
  6. @iphud iya dari social bookmark dan friend connect masih banyak
    tapi jadi kurang cess pleng :((

    BalasHapus
  7. Wah gmna ni blog ane yang satunya, kalau google jadi menghapus .co.cc..
    mas doyok,,
    follow balik donk blog ane..
    http://hvdzz.blogspot.com
    Thx..

    BalasHapus
  8. @hvdz
    emang sudah dihapus mas :D

    BalasHapus
  9. saya menggunakan hosting dari google .blogcepot.com . . hehe, aku gak ngerti kurang minat aja sama .co.c :D

    BalasHapus
  10. Ga bosen sih mas ngeblog di blogspot? Saran saya sih pindah saja ke wordpress self hosting..

    BalasHapus
  11. @lutfiiy
    padahal utk gratisan yang terbaikk :D

    BalasHapus
  12. @anonim
    sebenernya punya blog wp drupal textpatern dll tapi kadung cinta sma blogspot

    dan memang harus diakui utk menjadi profesional sebaiknya beralih menggunakan self hosting

    BalasHapus
  13. sabar mas doy,Moga mbah gugel berubah pikiran

    BalasHapus
  14. kebetulan dulu sy memang tdk berminat sama co.cc.. jd nocomment danh heheh... btw, turut berduka buat blog co cc mas doyok.. :D

    BalasHapus
  15. ikut nunggu hasil skornya mas dari google he..he....

    BalasHapus
  16. Biarpun gak ke index ma gugel blog mbah doyok tetep rame komentar. We love mbah doyok ^_^Biarpun gak ke index ma gugel blog mbah doyok tetep rame komentar. We love mbah doyok ^_^

    BalasHapus
  17. ini co.tv juga dah ke banned

    BalasHapus
  18. smoga aja co.cc juga gak bubar.kasian jg yg url forwading kaya saya.hehesmoga aja co.cc juga gak bubar.kasian jg yg url forwading kaya saya.hehe

    BalasHapus
  19. wah,,, informatip sekali infonya..
    yah semoga bisa kembali eksis. padahal udah nyaman pake .co.cc
    malkum blogger cengak kayak ane kagak kebeli hosting domain. hehe
    tpi ane skarang udah pake blogspot lagi mas...

    hidup .co.cc
    hidup gratisana....
    hidup mas doyok ... hehe

    BalasHapus
  20. makanya pakek dot cret .... cret ah :P

    BalasHapus
  21. mungkin google ada pertimbangan lain yang tidak bisa diungkapkan...
    mungkin juga ada perubahan kebijakan dari para pentolan google dalam membuat eksistensi mereka semakin dikenal dunia...siapa tau...

    BalasHapus
  22. @yohanes :D
    mungkin juga tapi alangkah baiknya google mengeluarkan edaran resmi mengenai penjelasan hal ini

    BalasHapus
  23. @oemar
    iya mas :D
    tapi mungkin saya beralih ke com

    BalasHapus
  24. @follow
    apalagi yg udah permanenin utk domain utamaa kek saya mas hehehe

    BalasHapus
  25. @areda
    memang mas
    seperti yg tak tulis di artikel di atas

    BalasHapus
  26. @mas-shiro
    makasih banyak kang dukungannyaaaa

    BalasHapus
  27. @niamblog
    hehehe iya mari kita lihat sajaaa

    BalasHapus
  28. @siboy
    pengguna .co.cc mengalahkan .org p[adahal :D

    BalasHapus
  29. @randy
    saya sih tidak mekso :D
    semoga aja google bisa kasih hasil cari yg lebih baik

    BalasHapus
  30. pindah ke TLD aja masdoy.. lebih aman.. Rank msh bs dcari (pembaca Blog masdoyokkan udah ga keitung) trus co.cc di alihkan ke TLD..

    Semangat MASDOY !!

    BalasHapus
  31. suka duka pemakai gratisan mas. ha ha.., "-"

    BalasHapus
  32. @karlz
    iya tunggu beberapa saat lagi mas segera ke TLD

    BalasHapus
  33. @afrid
    iya kanggg :D memang itu resikon

    BalasHapus
  34. alhamulillah saya sudah menggunakan TLD

    BalasHapus
  35. iya mas akhirnya ke themasdoyok.com

    BalasHapus
  36. hai masdoy. saya mo nanya nih, kan co(dot)cc kebanned. nah niat saya mau balik lagi ke blogspot (mrdeskayz.blogspot.com). yang jadi pertanyaan saya, kenapa ya pas saya cek pagerank pake alamat blogspot saya mrdeskayz.blogspot.com pr-nya tetep 2. padahal dapet pr 2 pas saya pake co.cc .maaf kepanjangan :)

    BalasHapus
  37. iya itu kan pernah tak bahas mas :D
    PR Blogspot akan tetep sama...
    coba baca postku dalam label pagerank

    BalasHapus
  38. Amin....
    Saya juga memiliki 2 domain co.cc satu buat terjun kontes SEO satu buat portal berita, sejak di hajar google masa depanku sedikit memilukan...

    BalasHapus
  39. pasti pihak google udah memikiran ini matang-matang. saya rasa (sebagai awam) ini mungkin keputusan terbaik yang diambil google.

    BalasHapus
  40. semoga ada jalan keluar yang terbaik untuk semuanya....

    BalasHapus
  41. saya setuju dengan statement ini:
    akan jauh lebih baik jika Google bekerja sama dengan operator TLD dalam menekan penggunaan SLD

    ^_^

    BalasHapus
  42. namanya jg gratisan, jd ya gak perlu protes

    BalasHapus
  43. Masih banyak gratisan lainnya buat pembelajaran kita semua

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer