Demote Sitelink - Menghilangkan Sitelink Yang Tidak Diinginkan

Menyambung postingan sebelumnya soal: Tampilan Baru Sitelink Google, mari kita bahas soal fitur baru webmaster tools yakni demote sitelink. Sejak malam muter-muter blogwalking di beberapa blog yang membahas tentang fitur baru ini, ternyata masih ada banyak hal yang ganjal. Di beberapa situs berbahasa Inggris hanya ada sedikit keterangan soal demote ini dan tidak lebih jelas dari FAQ Google. Sementara di blog berbahasa Indonesia malah terjadi beberapa kesalahan persepsi. Jadi... mari kita bahas lebih jauh...

Demote (berarti menurunkan) adalah fungsi yang sama dengan block di pengaturan sitelink yang lama pada webmastertools. Bukannya bertujuan untuk menentukan sitelink apa saja yang akan dimunculkan, tapi sebaliknya yaitu menyembunyikan sitelink yang tidak relevan atau tidak Anda inginkan agar tidak muncul di hasil cari Google. Yang perlu dicatat adalah, fungsi ini tidak serta merta menghapus link itu, tapi cuma menyembunyikannya dari sitelink Anda.
(tampilan lama masih dengan block)

Sitelink yang baru memiliki tambahan kriteria yang baru. Jika sebelumnya sitelink hanya berkaitan dengan popularitas link dan  struktur link template (baca: Agar SubDomain Muncul di Sitelink), sekarang Google menambahkan keterkaitan atau relevance to search term. Point terakhir fungsinya hampir sama dengan Artikel Terkait / Related Post di sidebar Anda (baca: Membuat Related Posts di Sidebar)

Sekarang, langsung saja kita belajar menerapkannya.
1. Silahkan Anda pergi ke: https://www.google.com/webmasters/tools/
2. Buka bagian Site Configuration -> Sitelinks
3. Nah, Anda akan mendapatkan isian 2 kolom:
- kolom pertama, For this search result adalah lokasi sitelink yang muncul. Kebanyakan blog memiliki sitelink pada homepagenya. Jika ingin melakukan block atau demote sitelink pada homepage (misal untuk hasil cari dengan keyword Goal.Com, Goal.Com adalah URL induk) maka kolom pertama dikosongkan saja. Namun, pada situs semisal Goal yang multibahasa, ternyata akan memilik sitelink yang berbeda-beda dengan keyword yang berbeda, misal goal.com/id-id. Jika ingin menghilangkan sitelink pada selain homepage, maka silahkan isi kolom pertama sesuai kebutuhan, misal id-id.
- pada kolom kedua, isikan URL lengkap yang ingin di turunkan/tidak ditampilkan pada sitelink.
- Jika sudah, silahkan klik Demote, menurut beberapa pakar akan effektiv setelah 100 hari.
4. Daftar URL-URL yang Anda demote akan muncul di bawahnya. Jika ingin memunculkannya kembali ke sitelink Anda, cukup klik Remove Demotion di bagian kanan.

Semoga menambah pengetahuan Anda, semoga bermanfaat...

Komentar

  1. Iya nih Kang Doyok, sempet mikir fitur yg baru ini, dan ane salah satu yg salah paham akan hal ini. Mungkin masih banyak temen lain yg sama salah pahamnya ma ane. Thank's dah saring...

    BalasHapus
  2. okeee semoga bermanfaat dan jadi jelas ya kang :D

    BalasHapus
  3. Cara ini akan saya gunakan kalo udah dapet site link dari Mbah Dukun, tapi sekarang saya Bookmark dulu. Gimana cara mendapatkan site link mas doy ??

    BalasHapus
  4. hmm saya dah lama ngga cek sitelink di webmaster
    selama sitelink saya ngga hilang gpp deh, ahahaa
    itu hadiah dari google yg sangat berarti ^^
    ternyata ada fitur baru ya mas, makasih ya infonya, mmpung saya belum buka, jadi saya tidak salah paham :D

    BalasHapus
  5. wah SEO Google bener2 dah berubah yah. Blog saya yg baru 4 minggu juga dapet PR 2 :D

    BalasHapus
  6. Ohh, ternyata itu yah gunanya Demote Mas Doy, hehehe baru tau..

    mantap nih, mau dicoba dulu..

    BalasHapus
  7. Kemarin pas liat di GWT ternyata dapet sitelink, terus saya masukkan url homepage, dan saya demote. tetapi setelah mentranslatenya ternyata demote itu menghilangkan/menurunkan. langsung deh saya remove demote.

    BalasHapus
  8. keren gan kotak komenttarnya kya facebook...
    btw cara buatnya gmna ya ?

    BalasHapus
  9. Ok mas doy, wktu tu sempat sebuah link blog yang sudah saya haous malah masuk ke sitelink saya, mungkin tutorial kali ini bisa jadi solusinya .....

    BalasHapus
  10. kenapa dihilangkan, kalo saya pengen muncul mas.. :D
    eh, nih tempat komen ok juga mas..

    BalasHapus
  11. mending dibiarin saja sitelinknya, sayang kalo di demote, hehe. terima kasih atas infonya mas :D

    BalasHapus
  12. Lebih baik tidak usah disembunyiin, tampilkan semua saja. Tapi sayangnya saya belum dapet sitelink tuh.. :D

    BalasHapus
  13. menyambung komentar di postingan mas doyok yang sebelumnya, blog saya masih belum punya sitelink, hehe

    tapi saya setuju dengan pendapat hariswae, alam yuda dan mas sugeng, lebih baik dibiarkan saja apa yang sudah diberikan mbah google, ga usah di demote, hehe :D

    BalasHapus
  14. @blogger tasik
    suatu fitur dibuat tentu jelas ada fungsinya, kadang beberapa situs mempunyai konten yang tidak relevan dgn tema, seperti review, atau halaman yg memang tidak ingin ditampilkan, maka boleh di block :D
    utk cara dapet sitelink baca saja di artikel sebelumnya di bagian bawah kan ada link2 rujukan mas

    BalasHapus
  15. @massugeng&alamyuda
    iya kalau seperti kita2 ini memang gak perlu sepertinya mas :D, apalagi yg hanya satu tema, jadinya relevan semua
    @hariswae
    ya seperti artikel ini bilang, utk link link tertentu yg tidak relevan mas, kan mungkin saja tuh

    BalasHapus
  16. @khamardos
    \nahhh seperti contoh tersebut mas, memang kadang google terlambat menghapus suatu link yg udah dihapus, dan apabila muncul bisa jadi solusi yang bagus

    BalasHapus
  17. @bima
    kapan kapan dibahas kang :D
    cuma main css aja kok mas

    BalasHapus
  18. footernya kok blon ada yak...hihihi
    keliatan sibuk master satu kita ini...hohoho

    Minal 'Aidin Wal Faidzin, Maafkan Lahir dan Bathin

    BalasHapus
  19. @sandro
    hehehe oke :D
    cepet cepet ditanggulangi kang ya...
    @MUftech
    iya kang :D
    jangan sampe kebalik
    @kumpulan info unik
    iya makin mudah memberi makin mudah mencabut hehehe :D

    BalasHapus
  20. @beben koben
    iya footernya nanti buat kamu ben :D
    sama sama kang mohon maaf lahir batin juga yaaaaaaaaak

    BalasHapus
  21. @ladida dan agus istiqlal
    sipp kang semoga bermanfaat
    @qorld daily
    baca link link rujukan mas :D

    BalasHapus
  22. oh iya, bener juga tuh mas, kalo ada artikel kaya review gitu lebih baik di demote saja linknya ya, tapi kaluo artikelnya relevan semua mungkin ga usah ya mas, terima kasih mas sudah mengingatkan.. :D

    BalasHapus
  23. iya mas bener, termasuk artikel2 yg udah dihaopus tp masih muncul :D

    BalasHapus
  24. kemaren saya sempet bingung mas cara gunainnya, soalnya ragu takut salah aja. Eh ternyata ada artikelnya mas doyok, thanks mas doyok udah nda ragu lagi. :)

    BalasHapus
  25. Wah siipp banget tipsnya...ternyata banyak yang salah baca dan mengerti tentang Demote sitelink ini...keep blogging

    BalasHapus
  26. Mantep banget atikelnya...
    Cukup memberi pengetahuan tentang sitelinks...
    thanks!!

    BalasHapus
  27. hm hm akhirnya ketemu juga kebutuhan info yang saya butuhkan mengenai demote thanks yah gan ...

    BalasHapus
  28. saya newbie mau bertanya,
    bagaimana caranya menghilangkan/menyembunyikan domain utama di hasil pencariaan google?
    Maksud sy begini, misal saya mempunyai website : domain utama saya adalah domutama.com dan sub domainnya adalah subdomain.com, lalu dihasil pencarian keyword tertentu hasil pencarian di google menjadi : subdomain.domutama.com, bagaimana caranya agar muncul di pencarian google menjadi subdomain.com jadi seolah olah sudomain.com adalah domain utama.

    terima kasih

    BalasHapus
  29. maksudnya gimana mas?
    apakah misal njen punya

    domain.com
    lalu sub: berita.domain.com

    kemudian pengen muncul sbg berita.com?

    kalau ingin seperti itu njenengan harus beli domain berita.com juga kemudian di terapkan ke sub domain, google memberi ijin satu blog memiliki beberapa alamat

    BalasHapus
  30. terima kasih info nya maz, tetapi kenapa ya blog saya turun drastis setelah saya pasang alamat blog di sitelink.salam kenal

    BalasHapus
  31. ane pengen muncul kategori tertentu di index google gimana caranya ya??

    BalasHapus
  32. Assalamuallaikum kak..

    saya mo tanya sebulan yang lalu saya salah melakukan DEMOTE,, yang saya Demote malah Link Hompage saya.. efeknya sekarang banyak artikel yang dulunya ada di no 1 google sekarang menghilang..

    untuk mengembalikan demote solusinya gmn yaa..?? padahal url sudah saya hapus dari daftar demote tetap aja gak ada efek nya..

    untuk smua agan yg tahu solusinya mohon pencerahanya..
    Help me...

    BalasHapus
  33. Nambah:

    kasus berikutnya terjadi di blog saya yang atunya,, cuman gara-gara pingen punya blog yg SEO meta yg ada di header aku ganti,, seperti petunjuk para mastah blogger.. tapi apa efeknya ?? banyak artikel yg dulu di 1 google sekarang jg menghilang.. blog yg sebelumnya punya visitor 500 up skrg menurun tggl itungan jari..

    trus untuk mengembalikan apakan sy harus ganti meta yang lama ??
    mohon pencerahan ??
    Help Me...

    BalasHapus
  34. wah baru tau ane fungsinya ternyata untuk tidak ditampilkan ya om..
    nambah lg ni pengetahuan ane dalam optimasi blog :)
    http://adartsic.blogspot.com/2013/09/cara-terbaru-dan-terbukti-dapat-uang-dari-internet.html

    BalasHapus
  35. mas bro kegunaan sitelink itu bisa memper cepa index google apa memperlambat index google ..??
    ane masih bingung broo

    BalasHapus
  36. Mas,kalu sitelink robot.txt dihapus ada pengaruhnya gak? makasih

    BalasHapus
  37. keren mas, sitelink penting banget nih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer