Blog Story: Insyaf... Bajak Template Di Denda

Sibuk offline... offline... offline... Kembali online, saya cukup terkejut membaca berita dari Okzeone berjudul: Facebook Tuntut Blogger Tanah Air Hingga 2 Milyar. Seperti halnya Ainun Nazieb, kadang saya iseng jiplak template premium dan meng-gratiskannya. Dan jujur... ada rasa kepuasan tersendir sebagai seorang pengulik kode ketika berhasil tiru templet bagus dari situs terkenal.

Berita tentang penuntutan ini memberikan banyak pelajaran berharaga untuk kita:
1. Yang paling aman, tentu saja tetap menggunakan template gratisan dari blogger.
2. Ketika menggunakan template gratisan dari pihak lain, sebaiknya pilih-pilih yang tidak menyerupai template perusahaan-perusahaan besar, dan jangan sampai Anda menghapus footernya.
3. Karena pilihan template dari blogger memang masih terbatas, jika ingin memiliki template yang lebih baik pilihan paling aman adalah dengan membeli template premium (pesen di saya juga bisaaa hehehe)
4. Bagi publisher atau pmilik blog bagi-bagi template, sebaiknya segera hapus template-template gratisan yang menyerupai situs-situs besar seperti facebook, twitter, googleplus dan lain-lain.

Satu hal yang pasti, ini menuntut kita untuk benar-benar lebih bertanggung jawab dengan dunia maya yang super bebas ini. Sebebas-bebasnya masih ada pasal yang menjerat kita lho... Jadi mari kita lebih dewasa menjadi seorang blogger.

Saya mengajak Anda untuk bersama-sama Insyaf dalam pembajakan template premium, sudah saatnya kita menciptakan ide kita sendiri dalam template yang real, yang berbeda dari karya orang lain...

Semoga sahabat blogger kita, Ainun Najib, segera menyelesaikan masalahnya...


Update: Berita Terbaru dari OkeZone: 'Masalah Nazieb diselesaikan Secara Kekeluargaan'

Komentar

  1. ane mah templatenya buat sendiri. lebih memuaskan walau hasilnyam gk begitu bagus...
    klo pengen liat langsung aja cek ke TEKAPE

    BalasHapus
  2. Wihh ngeri.. 2 Milyar bro.. harus hati2 nich

    BalasHapus
  3. duwite kompeni kuwi buat byar denda hag hag

    BalasHapus
  4. saya punya satu yang mirip google plus nih mas segera saya ganti ah

    BalasHapus
  5. Gua juga pernah tuh mas doy kena tuntutan milyaran gitu, gara2 nyebarin link download album band metal (metal-arch.blogspot.com) tapi itu blog udah dihapus karena udah sering kena DMCA. Tapi sayangnya waktu itu gua cuek aja, jadi ga dihebohin hahaha.

    Yang gua bingung dia kena pelanggaran hak cipta itu dikasih tau via email atau dikirim emal langsung sama facebook-nya ? kalo gua sih cuma email doang, DMCA take down gitu subjeknya dan ada isinya denda milyaran dan ada kata pengacara gitu buat pembelaan. tapi untungnya sih ga apa-apa cuma blognya aja yg diremove cekcekcek.

    BalasHapus
  6. kapokmu kapan mbah wkkkkkkkkk....adol sawah lan lapangan sak desomu rung cukup yen sing keno koe :P

    BalasHapus
  7. Semoga cepat terselesaikan masalah ini.....
    dengan jalan perdamaian...

    BalasHapus
  8. Semoga aada pelajaran dibalik masalah ini.......................

    BalasHapus
  9. mengerikan ya? kok FB nggak ada jiwa sosialnya sih?

    BalasHapus
  10. Biarpun ofline ofline tapi tetap setia berkunjung :D

    Mas doyok ada jiplak template facebook dan template premium oom :P

    BalasHapus
  11. 2 M........wow!

    kalo saya make template yang gratisan dari Btemplate gitu......wah gak tau deh ni!?!?!?!

    BalasHapus
  12. wah wah ... memang sekarang banyak sekali bertebaran situs-situs yang memberikan template gratisan blogger yang menyerupai template atau tampilan dari situs2 besar ternama ... nice sharing mas bero ... thanks infonya

    BalasHapus
  13. Harusnya facebook bangga mbah, karna "tampilannya banyak disukai"

    BalasHapus
  14. Setelah kejadian, banyak yang baru menyadari kalau sebenarnya ada bahaya yang mengintai dibalik ke asyikan itu. Semoga saja ada solusi terbaik buat kasus Nazieb ini..

    BalasHapus
  15. wah kalo gitu ya mending nabung tapi sementara pake gratisan dulu deh :))

    BalasHapus
  16. Emm sayang ya..
    Jago banget mas Ainun Najib, setelah saya lihat templatenya benar-benar mantap seperti facebook pantas juga facebook menuntut, sirik kali ya he,,
    Mending pake template gratisan saja edit full sesuka hati biar gak sama he,,he
    Sepertinya ada template yang mirip yahoo? Bagaimana tuh..

    BalasHapus
  17. ih ngerine poolll iku. kalo jiplak punya masdoy kena tuntut ga ya?? hehe , ,

    BalasHapus
  18. kalo punya template ane gimana yaa.....
    hehe.....
    MAAF TUUH GAN DENGAN JUDULNYA YAA...
    HIII

    BalasHapus
  19. mungkin bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. harga karya orang alain

    BalasHapus
  20. walah 2 milyar, wong earning onlinenya aja baru dapet 1 dollar. hehe.. mendingan cari aman deh mas..

    BalasHapus
  21. kebetulan saya butuh template premium nih, mas doyok bisa bikinin?
    Kabarin saya ya kalo bisa :D

    BalasHapus
  22. Saya pakai template thesis hasil koding dari mas siapa itu, saya lupa. Saya terpaksa menghapus semua link dan nama dia. Soalnya templatenya masih buanyak banget bugsnya, misalnya saja tidak bisa membuka static page. Terpaksa saya edit sendiri dan saya merasa 70%nya adalah hasil editing saya, hasilnya 100% NoBugs. Tapi saya gak berani mencantumkan nama saya pada template. Soalnya saya cuma editor bukan bloggerizer :)

    Maaf ya buat yang punya template :)

    BalasHapus
  23. wah, enggak lagi nih buat kayak gituan.. kadang" kalo lagi iseng sering juga kayak gitu

    BalasHapus
  24. salah satunya blog ini yang menyerupai FB. xixixxi

    BalasHapus
  25. Sukses mas . . . lama gak ketemu :D

    BalasHapus
  26. ya q juga punya yg mirip2 fb,ke denda g y??

    BalasHapus
  27. template udah lama banget kok baru dipermasalahin, klo saya gak salah itu template dibikinnnya udah dari 2009 awal deh, soalnya saya pernah ikut nyicip sebentar pertengahan 2009, emang susah kalo udah berurusan sama DMCA... moga masalahnya cepet kelar tuk mas ainun

    BalasHapus
  28. Pelajaran berharga tuh mas, mudah2an tidak ada lagi blogger Indonesia yang kena tuntutan hukum

    BalasHapus
  29. Sejak dulu emang begitu kan? haduhh... HANCURR!!!!

    BalasHapus
  30. assalamualaikum mas doyok...
    iya nih katanya kmaren2 ada yang didenda oleh pihak fb...

    mas doyok masih inget ngga sama siswa tkj?
    kalo inget, kunjungannya ke web baru aku ditunggu ya mas doy...

    silaturahmi buat semua sahabat blogger :)

    BalasHapus
  31. Amin,,,,


    Semoga diberi jalan yang tidak merugikan beliau ^)^

    BalasHapus
  32. Kalo gratis jangan sampe menghapus link footerlnya

    BalasHapus
  33. sipp thq udah mau berbagi pengalamanya :D


    ditunggu ya kunjungan baliknya ya ke http://century21.co.id

    BalasHapus
  34. punya saya mah biasa2 aja. . . Urusnya aja pake hp. . Yang berkunjung juga rata2 pake hp.

    BalasHapus
  35. Alhamdulliah saya ngaak hapus kode footernya karena says menghargai karya orang lain,..
    kalo mau follow mas doy gmana ya..

    BalasHapus
  36. aduh kalau seperti itu saya harus kembalikan ke semula ni. ih ngeri ya. terimakasih ya mas doyok atas informasinya. Saya akan kembalikan templat ke semola

    BalasHapus
  37. Dulu kasusnya emang sempet rame. Untungnya pihak FB ma blogger yg bersangkutan setuju untuk berdamai sehingga hukuman dendanya ga sampai dilaksanain...

    BalasHapus
  38. alhamdulillah, driku nggak menghapus bagian footer n credits template blog kesayanganku

    klu gtu lebih aman pakai template bawaan blogger aja dunk..

    BalasHapus
  39. aku template sih ngedit sendiri...

    kalo dulu nggak berani naruh CSS3, sekarang udah berani :D


    minta pendapat dong http://jcrown86.blogspot.com/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer