Blog Konsultasi (2)

Tidak disangka postingan saya tentang blog konsultasi mendapat perhatian pembaca. Kali ini saya akan mencoba membagikan pengalaman saya kembali dalam membantu teman blogger yang sering mengalami berbagai masalah. Semoga saja dapat bermanfaat. Banyak juga pertanyaan yang masuk tetapi saya memilih tiga pertanyaan ini dahulu. Semoga bisa bermanfaat. Postingan kali ini membahas mengenai penempatan elemen di bawah postingan, mengatur penempatan banyak tombol dan menarik nih... bagaimana membuat award. Nah sekiranya beberapa hal tersebut saya anggap menarik.

1. Elemen Halaman di Bawah Postingan Setelah Readmore
Tanya: Mas kalau saya lihat pada social bookmark mas itu cuman tampil setelah saya masuk postingan mas. Sementara di halaman utama tidak ada. Saya mencoba menggunakannya tetpi selalu tampil juga di depan. Bagaimana agar bisa seperti itu yaaa?


Jawab: Sebelumnya saya pernah posting mengenai ini pada Trik Gadget di Bawah Postingan. Silahkan membacanya yang belum. Jawabannya ada disitu kok :). Dipastikan gadget yang Anda tambahkan hanya tampil setelah readmore :)


2. Mengatur Penempatan Berbagai Tombol
Tanya: Mas saya lihat di tombol mas, Goledy, Dignow dan lain-lain itu bisa tertata rapi dan bisa berjejer tiga. Apa ada scriptnya mas?



Jawab: Untuk kasus seperti ini saya mempunyai tips mudah. Misalnya seperti tombol-tombol saya yang berjumlah sembilan di bagian footer kanan. Yang perlu Anda lakukan adalah mengeditnya dengan bantuan editor postingan sehingga kita bisa melihat hasilnya.
Pertama silahkan masuk editor postingan dengan cara login ke blogger lalu membuat postingan baru.
Pilihlah tab Edit HTML dan bukan Tulis/Compose.
Masukkan script tombol-tombol itu disana. Jika ada delapan tombol, masukkan saja script 8 tombol itu di editor postingan tersebut. Nah jika sudah, silahkan melihat hasil penepmatan dengan klik tab compose/Tulis.
Maka script tersebut berubah menjadi tampilan tombol-tombol Anda. Kadang hasilnya belum pas buat Anda. Contohnya tombol berjajar ke bawah semua dan memerlukan space ruang tinggi sementara lebar sidebar kurang dimanfaatkan. Untuk membuat misalnya seperti saya tombol berjajar tiga mudah saja. Tinggal lakukan drag pada tombol-tombol itu. Geser sesuai keinginan Anda, ke atas, ke kiri, kenanan atau ke bawah. Nah jika posisi dinilai sudah sesuai keinginan, silahkan Anda klik kembali tab Edit HTML. Tombol itu kembali berubah menjadi script. Script sekarang sedikit banyak akan berubah, Nah gunakan script yang terkahir ini.... dan masukkan ke gadget sidebar Anda


3. Membuat Award
Tulis: Mas saya lihat mas pernah membuat award jabat erat temanku. Bagaimana sih mas caranya membuat award seperti itu?


Jawab: Award dapat dikatakan sebagai sebuah istilah saja. Tidak bisa dipungkiri tujuan award ini akan sangat berhubungan dengan link. Saya pernah membahas mengenai Link Love, yakni memberikan tanda cinta persahabatan berupa link. Begitu juga dengan award. Ketika kita membagikan award kepada si-A misalnya, maka selain memberikan tanda bukti award berupa gambar kita juga mencantumkan link mereka dalam daftar penerima award, dengan begitu kita telah memberi satu hadial linklove (backlink) pada si-A. Untuk membuat award tidaklah susah. Saya mencoba memberikan step-stepnya:
- Yang pasti siapkan gambar Anda
- Cari penerima award Anda
- Buat postingan tentang award tersebut dilengkapi dengan link penerima award
- Memberi pemberitahuan kepada penerima award baik lewat shoutbox, comment dan lain-lain

Mudah bukan, tetapi disamping itu saya mempunyai tips:
- Buatlah gambar award yang unik dan berbeda, desain menentukan bobot.
- Jangan terlalu sering membuat award karena nilainya menjadi turun
- Award dari blog yang traffic sudah bagus akan lebih dihargai
- Cek penerima award Anda pakah sudah mendapat pemberitahuan. Bisa saja Anda meninggalkan pemberitahuan di shoutbox, dan mereka belum sempat membaca sementara pesan Anda telah terkubur. Ingatkan beberapa kali.


Terima kasih. Mungkin Anda menginginkan update artikel tips trik blog setiap hari? Dilengkapi dengan berbagai permasalahan real yang coba saya jawab tuntas? Silahkan klik link: Berlangganan Via Email untuk mendapatkan semua itu cepat langsung di email Anda.

Berbagai permasalahan lain dapat Anda lihat di Blog Konsultasi (1). Jika punya masalah tinggalkan saja pesan di kotak komentar ini atau langsung saja email ke MAS.DOYOK10(at)GMAIL(DOT)COM agar mendapat jawaban lebih cepat dari saya.

Semoga bermanfaat.

Komentar

  1. banyak info menarik disini,hemm...byk ilmu nih baca blog ini

    BalasHapus
  2. ilmunya sangat bermanfaat bos.....
    lanjutkan...!!!!!!

    BalasHapus
  3. Sip mas doy, jadi tertarik sama yang nomer 2 tuch mas.... Thanks

    BalasHapus
  4. Makin hari makin mantap aja nie artikelnya mas doyok. Thanks mas. Sering2 aja buat yang kaya gini.

    BalasHapus
  5. bgus jga neh bgi yg lom tahu saja,

    KEEP POSTS MAS DOYOK

    BalasHapus
  6. wuihhh
    buka konsultasi jg nih bang

    BalasHapus
  7. makasih atas infonya mas,....
    Kalau blog aku menurut beberapa visitor susah komentnya, gimana solusinya mas?

    BalasHapus
  8. info yang keren mas

    terus berposting...

    Lanjutkan.....!

    BalasHapus
  9. info yang sangat bermanfaat kang doyok..

    BalasHapus
  10. ah baru belajar ngeblog kok mas, mhn bimbinaganya ya...

    BalasHapus

  11. nongkrong di sini tambah pinter..


    f.uf.u

    BalasHapus
  12. LanJUtKan mas doy.. saya tunggu konsultasi berikut2nya... :)

    BalasHapus
  13. sangat bermanfaat buat saya nih mas, semua aku baca yang ada di mas doyok co cc ini.
    betah sekali dan banyak manfaat yang aku ambil.
    makasih ya mas....

    BalasHapus
  14. oooo sekrang mas doy jadi konsultan ya, hehehe, mantep deh

    BalasHapus
  15. ass...wr.wb
    apa kabar?biasa kalo ga kunjung ke sini kangen banget he..he...kangen info maksudnya,kangen orangnya oleh kan???makasih ya dateng ke sini oleh ilmu akeh amien....

    BalasHapus
  16. Jadi begitu ya caranya mengatur penempatan berbagai tombol. Terima kasih ilmunya. Alhamdulillah

    BalasHapus
  17. thank for ur info mas doyok saya juga sudah pasang dah lama malahan heheee

    BalasHapus
  18. wah menarik mas, tp klo boleh usul ada ga ya template yg menyediakan kolom tanya jawab tanpa melalui postingan? biar lebih update dan tidak tunggu waktu lama

    BalasHapus
  19. itu bisa dibuat mas.. pake widget tapi saya gak janji bisa OL setip hari :)

    BalasHapus
  20. mas doyok terimakash bimbingannya

    BalasHapus
  21. salam sobat
    trims mas sudah diberi ilmu nich,,
    banyak manfaat,,terutama yang masih baru2 bikin blog ,,
    mengenai cara bikin AWARD tuh pasti banyak yang mengikuti ajaran mas DOYOK.

    BalasHapus
  22. makasih kang lus ma mbak nura :)\

    terima kasih sekaliii

    BalasHapus
  23. thanks mas info nya... good article ...

    BalasHapus
  24. makin asyik aja mas doy..banyak informasi nih

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  26. apik tenan infone mas, matur suwun & salam kenal ya......

    BalasHapus
  27. sewmuanya makasih
    utk mas riz saya jga masih kebanned mas :)

    BalasHapus
  28. Thanks mas doyok,dah liat blogku untuk mendiagnosis 'keluhan' blogku tersayang. Ternyata masalahnya fitur jump break alias read more buatan Blogger itu. Ga berani pake jump break dulu,sebelum tau cara pakenya yg bener. hehe

    BalasHapus
  29. langsung test untuk menata site info....:D

    BalasHapus
  30. mas kalau buat tulisan di bawah postingan "Bantu kami memperbaiki blog ini. Hubungi saya jika Anda menemukan konten yang rusak, aneh atau tidak berhasil Anda terapkan. Silahkan beritahu kami dengan klik : Contact Me! . Kami akan berusaha membalas atau memperbaiki konten secepatnya. Terima Kasih." kayak mas gimana yha??

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer