Blog Konsultasi (1)

Saat pertama kali membangun blog dan sampai saat ini banyak sekali hal berbeda yang saya rasakan. Mulai dari mulai ada nya comment di postingan sampai pertanyaan-pertayaan dari blogger lain. Begitu juga banyaknya permintaan untuk menjadi teman di facebook. Saat membuka facebook banyak temen blogger yang menanyakan ini itu seperti saya sudah master saja (padahal nuwbeee, lihat saja tampang polos saya hehhehe). Hal itu juga yang membuat saya jadi memiliki frekuensi posting yang lumayan renggang. Nah berdasar beberapa pengalaman itu alhamdulillah saya berhasil menuntaskan sedikit kasus dan banyak yang belum terntuntaskan. Mungkin sobat blogger ada yang mengalami masalah serupa?

1. Kotak Verifikasi Tampil Separuh
Tanya: Mas, banyak teman yang mengeluhkan tidak bisa berkomentar kepada saya dengan alasan kotak verifikasinya tidak tampil penuh, padahal di tempat saya baik-baik saja... Mas bisa bantu?


Jawab: Soal kotak verifikasi seperti ini banyak sekali dialami blogger. Maka dari itu saya mengajak Anda semua Cek Komentar Anda Sebelum Jauh, Saya pernah beberapa kali membahasnya. Kadang berbeda browser akan menunjukkan hasil yang berbeda. Contohnya saja dua browser bagus Firefox dan IE sudah akan berbeda dalm hal margin dan lain-lain. Nah, jangan lupakan juga soal Comet Bird. Pada browser CometBird sering terjadi masalah seperti yang Anda tanyakan. Kotak komentar hanya tampil separuh. Padahal di Indonesia ini saja banyak sekali yang emakai browser itu. Jika sampai orang tak jadi berkomentar akan merugika Anda bukan.... Walau masalh itu boisa diatasi dengan klik tombol tab berkali-kali tetapi tidak semua orang mengetahuinya... Bagi Anda yang mengalami hal seperti ini silahkan baca artikel saya Pengunjung Tak Jadi Berkomentar.





2. Menyembunyikan Judul Blog
Tanya: Mas setelah saya membaca postingan mas tentang menghilangkan judul dan deskripsi blog kok kodenya tidak ditemukan? Sudah saya lakukan saran mas dengan Ctrl+F tetapi tetap tidak ada... Bagaimana mas?


Jawab: Memang header salah satu hal paling menentukan untuk membuat blog unik dan berbeda. Akan lebih bagus menggunakan logo sendiri. Masalahnya adalah judul blog dan deskripsi blog yang akan mengganggu. Untuk mnghilangkannya sangat mudah.

Kutipan artikel saya dari Menghilangkan Judul dan Deskripsi Blog
Menghilangkan Blog Title
1. Login ke blogger
2. Tata Letak - EDIT HTML
3. Cari kode berikut #header h1 { atau kalau tidak ada kodenya .header h1 {
4. Nah sebelum penutup } tambahkan kode berwarna biru berikut:
display:none;
5. Lalu Simpan Template

Menghilanghkan Deskripsi
1. Login ke blogger
2. Tata Letak - EDIT HTML
3. Cari kode berikut
#header .description { atau kalau tidak ada kodenya .header .description {
4. Caranya sama tambahkan script berwarna biru berikut sebelum penutup }
display:none;
5. Lalu Simpan Template


Nah, jika memang Anda tidak berhasil menemukan mudah saja, tinggal Anda buat sendiri saja.
Silahkan kode berikut di atas ]]></b:skin>

.header h1 {
display:none;
}
.header .description {
display:none;
}

Mudah sekali bukan....


3. Iklan Tidak Bisa Muncul
Tanya: Mas saya ingin meletakkan iklan di bawah postingan, tetapi kenapa kok gak bisa muncul ya setelah saya coba cara menambahkan gadget di bawah postingan?


Jawab: Hal yang saya temui saat itu adalah kode iklan belum di parse terlebih dahulu agar bisa tampil. Nah jika Anda ingin menambahkan kode iklan dalam bagian postingan Anda misalnya di bawah postingan Anda harus melakukan parse kode terlebih dahulu.
Silahkan buka http://centricle.com/tools/html-entities/
Masukkan kode iklan Anda disana, klik Encode dan kode akan berubah. Nah, kode itu yang bisa Anda gunakan. Hal sama bisa Anda lakukan jika ingin menambahkannya di atas postingan atau bahkan adsense di tengah postingan :)


Bagi Anda yang ingin mendapatkan update cepat setiap harinya mengenai berbagai permasalahan blogging atau yang lain. TEntang info terbaru dan berbagai tips untuk keseimbangan aktivitas blogging Anda silahkan klik > Berlangganan Via Email.

Atau Anda punya pertanyaan mengenai masalah blogging silahkan klik link Hubungi saya.
Jika Anda memiliki masalah template lebih baiknya Anda langsung email saya kehttp://www.txtninja.com/x/083b7c0c48.gif Baiknya Anda lampirkan Template Anda.

Terima kasih, selama saya bisa saya akan bantu dan mungkin akan saya tanyakan ke beberapa master blogger teman saya seperti Kang Ocim, Kang Tikno, Kang Yoyok, Bang Imoel, Kang Roomen, Kang Ndy, Kang Yasin, Kang Ruri, Kang Danu, Kang Beben dan lain-lain hehehe

Komentar

  1. Hore akhirnya pertama juga, jadi pengen nyoba yang nomer 2 mas doy. sip mas doy.... sukses terus yaaaaaaa.......

    BalasHapus
  2. Klo yang no 1 tuh gampang aja caranya...tinggal dikasi "tab" aja biar turun ke bawah...

    BalasHapus
  3. @kang jaiman makasihhh coba aja
    @MU kan udah ane bilang di atas cara itu bisaaa
    tapi apa semua orang tahu??? :)

    BalasHapus
  4. Bagus smua, triknya mas sudah saya coba yang hilangin deskripsi itu..

    BalasHapus
  5. Waa, ada kolom konsultasix sgl, kalau pengen nanya2 bs disini
    siip deh

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. makasih ilmunya mas.., biar tambah asyik kan cari2 ilmu di blog teman, termasuk blog sampeyan

    BalasHapus
  8. wah emang masternya nih mas doyok

    BalasHapus
  9. mas doyok mohon bantuan, file saya barusan saya kirim k email mas doyok, thxs

    BalasHapus
  10. Konsultasi tentang blog? Boleh juga, bermanfaat buat para blogger tuh

    BalasHapus
  11. emang mantap dah... pencerahan bagi blog pemula...

    BalasHapus
  12. Mas doyok kalo saya Related postnya ga bisa Muncul Gmn donk..??? Terus Saya mau bikin kek judul mas doyok... dah coba pake photoshop tapi ga vit ama layarnya n kegedan ampe pusing saya Gmn donk? ajarin plzz yang pro hehe,..

    BalasHapus
  13. waaa mas doy.. ada forum konsultasi nih... gud gud guuudd....

    kalo ada masalah bisa kesini deehh

    SIP!

    BalasHapus
  14. klo yg masalah no 1 pernah ngunjungin blog orang ky gitu.. mana ga ada scrollnya, jadi sy iseng pake tanda panah bawah setelah mengklik kotak verif, berhasil nongol dah tuh tempat ngetiknya...lolos deh naro jejak disitu.. hehe tuh tips dari saiah...
    oia, bisa juga pake tab.. berhasil juga kok..:)

    BalasHapus
  15. Mantap mas. Thanks. Lain kali saya mau konsultasi. Boleh ga?

    BalasHapus
  16. keren nih postingannya master Doy

    keep posting kang

    BalasHapus
  17. iya mas doy, masalah verifikasi yang setengah2 itu...... thanks infonya yg mangstaaabbbbb

    BalasHapus
  18. mmm, semoga mas doyok masih mau direpoti oleh orang tua satu ini hehhee

    BalasHapus
  19. mas saya punya problem nih,, follower saya ndak bisa muncul kenapa yak?? yg saya pake mozilla firefox 3.5?? tlng reply

    BalasHapus
  20. wah gue demen nih blog yg ginian..ehehhe nambah ilmuuuuuuuuuuu

    BalasHapus
  21. makaish semuanya udah comentttttttt

    BalasHapus
  22. asik nich bisa konsultasi sama si bos....beneran ngga yach...soalnya banyak banget yang pingin di tanyain ...btw makasih banyak atas kritikannya..itu juga salah satu yang ingin di tanyakan

    BalasHapus
  23. oke semoga bermanfaat yah semuanyaaaaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer