Sidebar Tiba-tiba Turun Tanpa Edit Template

http://blogs.worldbank.org/files/governance/image/blog%20board.jpgMasalah serigkali terjadi tanpa di duga. Masalah yang akan saya bahas kali ini sering menipu banyak blogger dan akhirnya malah membuat stress. Anda merasa tidak melakukan edit template, namun tiba-tiba sidebar Anda turun menjadi di bawah postingan. Kebanyakan blogger akan mengganti template atau memanggil template back up an mereka, namun hasilnya nihil. Sidebar itu begitu kolot dan tetap menghuni area di bawah postingan.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, simak berikut ini:

Kapan Terjadi Error?
Apakah Anda ingat kapan terjadi error template tersebut? Hal terakhir yang Anda lakukan? Jika Anda tak uprek template mungkin Anda lakukan posting sebelum terjadi error. Jika demikian mari bahas lebih jauh.

Error Jump Break
Tanpa disengaja penggunaan jump break atau readmore otomatis blogger sering mengalami error. Nah, jika postingan terkahir Anda menggunakan jump break atau readmore otomatis, silahkan cek kode apakah benar atau tidak. Login ke blogger, klik Edit Posts. Klik Edit lagi di samping kanan postingan terbaru Anda.
Anda akan masuk ke kolom edit artikel, berpindahlah ke mode Edit HTML.
Lihat apakah kode readmorenya benar atau tidak.
Benar = <!-- more -->
Salah = <!--more-->

Jika masih belum berhasil, coba ke bagian Tata Letak, Edit HTML lalu centang Expand Widget Template. Cari kode berikut ini : <data:post.body/>
Tambahkan kode di bawah ini setelah kode tersebut.
<b:if cond='data:post.hasJumpLink'>
<div class='jump-link'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.jumpText/></a>
</div>
</b:if >

Yang berwarna merah bisa Anda ganti sesuai keinginan misal, Baca Selanjutanya atau Baca Selengkapnya.


Gambar Terlalu Lebar
Kecilkan gambar di postingan terbaru Anda. Gambar yang terlalu lebar bisa menyebabkan area sideabr turun ke bawah.
 

Jika Masih Error, Coba hapus Post Terbaru Anda
Jika benar-benar masih error, cobalah hapus post terakhir Anda. Saya banyak menemui kasus seperti ini dan mereka mendapati blog mereka normal setelah hapus post terbaru. Simpan postingan Anda tersebut di word untuk kemudian Anda coba lagi publish ulang.

Semoga bermanfaat.

Komentar

  1. yes pertamax..... iya mas doy aq pernh ngalmin juga dan akhirnya aq ganti template lagi yg, sayang nih aq dah terlanjur ganti template mas doy

    BalasHapus
  2. Saya dulu juga pernah mengalaminya mas, terpaksa ganti template...

    BalasHapus
  3. sama ky diatas,,kalo udah mumet eror mulu,terpaksa ganti templte,tp skrang udah tau berkat postingan ini..

    mksh

    BalasHapus
  4. Kalau aku gak pernah ngalamin kalo gak main kode..
    Nice Post..

    BalasHapus
  5. wah, maksudnya piye ki mas tiba2 sidebar turun. masalahnya aku belum pernah ngalamin. bisa dibuat contoh screen shotnya gitu.

    BalasHapus
  6. sangat bermanfaat nih share ilmunya.

    BalasHapus
  7. untung aja belum pernah kek gini............

    BalasHapus
  8. Mungkin juga terjadi karena kurang teliti pada saat edit template, coba pada saat editing, benar2 diperhatikan css nya. apakah penggunaa padding, margin, float, clear, width, height sudah benar-benar benar?

    :)

    kalao punya ane biasanya gara-gara user pake IE hahah

    BalasHapus
  9. Tapi itu kok sebabnya posting terbaru?

    BalasHapus
  10. udah biasa kang, blogger sekarabng error terus tottal post dan total komentar juga sering error
    punya gus 115 postingan 3000 komentar tapi sekarang sering diangka 1000an blogger error kang
    mungkin kembali nnormal kapan ya

    BalasHapus
  11. Saya dulu pernah mengalai yang kaya begitu...
    waktu pertama kali ngeblog, kode auto read more ada yang salah... jadinya melorot dah...

    BalasHapus
  12. @rizk
    ganti templet pun percuma :D
    ini masalah post terbaru :D

    BalasHapus
  13. @yusuf
    ya jumpbreak itu mesti diteliti

    BalasHapus
  14. @seca
    kang kang
    yuyu :D
    sukur deh
    aku udah pernah satu kali keknya

    BalasHapus
  15. @aditx
    semoga bermanfaat saja :D

    BalasHapus
  16. @gus
    kalau itu mungkin host scriptnya gus
    jadinya scriptnya yg gak keap[nggil normal

    BalasHapus
  17. @ame
    ya susunan kodenya ada yg salah pada posting terbaru

    BalasHapus
  18. wah kayaknya ane dah prnah tuh,,,
    langsung gnti tmplate dah..xixixi

    BalasHapus
  19. @ardian
    sebelumnya gak edit templet kok :D

    BalasHapus
  20. @van
    ganti templet percuma kalau masalahnya sep[rti yg di atas :D

    BalasHapus
  21. @admin
    siip :D
    moga moga aja nggak ya

    BalasHapus
  22. @aan
    oke
    sipps
    semoga bermanfaat saja yaaa

    BalasHapus
  23. @oemar
    iya mas
    kalau terbiasa teliti jdainya aman aman aja

    BalasHapus
  24. @bang sal
    wah turun maksudnya jadi kosong area kanan konten
    dan sidebar jadi di abwah konten

    BalasHapus
  25. @berita bo
    makasih bang salom :D
    semoga bermanfaat yaa

    BalasHapus
  26. ih waktu itu aku juga pernah................!
    takut bgt terus hapus readmore.....:D << refleks

    BalasHapus
  27. apa hubunganya toh, read more itu, toh read more itu tetap di badan .post, main, content.

    Kalo aku pribadi, berpendapat, itu di sebabkan karena, adanya perubahan ukuran badan post.

    Blog ini sidebarnya masih di bawah?

    pie toh?


    menurut aku lagi, perhatikan juga value di cssnya, seperti float, margin, padding dan border. Karna 1px saja itu akan mempengaruhi tampilan blog.
    I tulah, permasalahanku sekarang, sebagai calon web designer. :)

    BalasHapus
  28. @indam
    gak semuanya karna
    itu
    ini bahkan terjadi tiba tiba setelah psot tanpa edit template
    saya pun pernah mengalaminya :D

    dan kebetulan sudah ada hampir 20 orang mungkin dengan kejadian serupa

    judulnya artikel perhatikan ya

    BalasHapus
  29. kok bisa ya?
    apa karna read morte otomatis ada dhtmlnya?, atau ada selector class yang ber name sama?

    selama ioni jika sidebar saya turun paling karna, ukuran width yang bertambah.

    tapi gak taulah, mungkin aku salah.

    :)

    dukung aku ya, jadi web designer.
    dhtml, css, sedikit js, sedikit php udah, sekarang tinggal db, xml lagi yang perlu di pelajarin.

    hahahaha, bikin pusing kepala.

    BalasHapus
  30. @indam
    ada satu lgi yg sedang tak dalami FBML :D
    mantepopp marai stressss

    BalasHapus
  31. saya setuju dengan opini @indam why, yang perlu diperhatikan itu CSS nya, karena kalau value CSS nya udah benar, gambar over width juga gak terlalu ngaruh.
    kebanyakan error itu bisa karena ukuran sidebar yang kegedean, atau bisa juga float di sidebar bentrok sama float nya post body... usahakan di CSS post body float nya left dan di sidebar di right atau sebaliknya bagi yang sidebar di kiri...
    CMIIW deh..

    BalasHapus
  32. read more otomatis bawaan dari post editor baru blogger yah...hmmm...aku mah pakek yg lama sih...xiixixixi
    aku tauk solusinya...tapi lopa...(kan aku editor lama)hauhauhuhaua

    BalasHapus
  33. wah dulu template aku kaya gitu mas,,
    udah aja aku ganti a yang sekarang,,
    dan saya cocok banget ma yang ini,,
    kalau mau liat sok aja,
    he,,,

    BalasHapus
  34. @sendz, thank seharusnya kan emang gitu, tapi gak tau lah, aku udah lama gak main di blogspot.(seneng aja mampir2) :)

    @masdoyok, ku mau submit article, bisa gak?

    BalasHapus
  35. Artikel yang bagus Mas.

    Tepat sekali dengan pengalaman Saya. Setelah berkali-kali saya cek, eh ternyata masalahnya sepele.

    Kita mengedit laman html dan page element secara bersamaan yang mengakibatkan kerancuan pada salah satu laman, entah laman html atau page element.

    Mudah2an bermanfaat ya, Mas Doyok.

    BalasHapus
  36. mas, g mana ya mahu buat gambar kayak di bawah postingnya mas tu . Tolong ajar boleh gak?

    Tolong emailkan ke ikram.kecik@gmail.com

    BalasHapus
  37. ya aku juga ngalamin stres jadinya...sebelumnya aku ganti metta tag di halaman2 yang lain, apa ada pengaruhnya ya ?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer