Google Lebih Kenal Mas Doyok daripada Mas Danu atau Mas Dibyo (Google Suggest)

Ambil jeda sejenak dari tutorial-tutorial yang bisa jadi bikin pusing, mari kita sejenak ngopi dan makan gorengan sambil membaca postingan ini. Menyegarkan lagi pikiran sebelum esok hari Anda datang lagi kesini membaca posting tutorial atau tips yang dapat menguras tenaga Anda. Yang saya tekankan adalah Anda jangan kaget dengan judul di atas, karena 'Google memang lebih kenal mas doyok ketimbang mas danu atau mas dibyo...".

Silahkan Anda menuju ke google.co.id dan ketikkan mas d lalu berhenti sejenak jangan enter dulu, karena Google kemudian akan memberikan sugesti kepada Anda. Sugesti diberikan berdasar keyword yang paling populer.
Seperti terlihat pada gambar, Mas Doyok berada di atas, ini membuktikan mas doyok telah dikenali google sebagai keyword penting yang banyak dicari. Namun, google suggest tersebut bisa berubah karena terus di update berdasarkan data terbaru keyword paling populer. Hal sama terjadi ketika Anda ketikkan keyword lain. Misal Anda ketikkan Mas saja. Maka akan muncul google suggest dan blog ini belum cukup kuat bersaing meski ada kemungkinan suatu saat akan tembus kesitu.

Contoh lain. Kang rohman benar-benar menjadi yang paling populer diantara kang-kang se Indonesia, karena masih menjadi yang teratas dengan awalan Kang saja. Tentu ini menguntungkan karena orang menjadi ter-sugesti dan akan tertarik untuk klik list tersebut.


Google Suggest juga bisa Anda gunakan untuk mencari keyword yang sedang populer. Ini tepat bagi blogger pemilik blog yang untuk mengejar bisnis online dengan postingan campuran hasil tembak keyword (baca: Temukan Keyword Populer di Google News dan Cara Cepat Mencari Keyword). List-list yang ditampilkan adalah list yang paling banyak dicari. Misal blog Anda bertopic sepakbola. Nah, Anda bisa memanfaatkan ini untuk tahu apa yang paling banyak dicari orang yang berhubungan dengan sepakbola. Ketikkan football saja dan Google akan berikan list yang paling banyak dicari...

Yang perlu diperhatikan, sekarang Google mengembangkan private result. Selain telah difungsikan di hasil cari umum, private result juga difungsikan di Google Suggest. Private result membuat peringkat hasil cari di tempat Anda berbeda dengan hasil cari sebenarnya. Hal ini karena Google membaca aktivitas Anda dan menyimpulkan apa yang Anda inginkan. Jadi, karena Anda sangat sering mengunjungi blog Anda dan sering mencoba masuk blog Anda lewat Google, maka blog Anda memiliki peringkat bagus juga di Google. Tapi itu hanya terjadi di komputer Anda, sementara hasil cari Google sebenarnya bukan seperti itu. Termasuk Google Suggest seperti gambar di bawah ini. Mas Doyok berada teratas hanya dengan keyword Mas, namun setelah dinetralkan maka hasilnya akan berbeda.

Untuk netralisir effect private result, silahkan Anda hapus riwayat penelusuruan/history dari browser Anda dan ketikkan lagi keyword yang ingin Anda test. Maka hasil itu yang sebenarnya.


Di Akhir... Bagaimana Membuat Google Benar-benar Mengenali Anda?
Bagaimana Membuat Google kenal dan bersahabat dengan Anda?
- Anda sebaiknya memiliki brand seperti halnya blog ini dengan brand Mas Doyok
- Akan lebih baik Anda jaga betul topik dari blog Anda. Entah itu sepakbola, blogging ataupun musik.
- Optimasi brand Anda dengan tukar link dan gunakan brand itu saat submit RSS ke berbagai layanan.
- Optimasi peringkat Anda agar pengunjung Anda datang dari Google.
- Pada foto terakhir, yang saya garis bawahi Google Suggest tampakkan Mas Doyok Blog, sangat mudah agar Anda tampil seperti itu, hanya dengan submit blog anda ke Google Blog Search

*Untuk lebih jauh mempelajari bagaimana mengoptimalkan brand dan membuatnya menjadi yang pertama di Google sebaiknya Anda membaca tentang trik mendapatkan sitelink di postingan saya sebelumnya berjudul, Bagaimana Cara Mendapatkan Sitelink atau taut Situs?

Selamat sore, hari ini sedikit mendung namun saya tetap menjaga semangat untuk berbagi di esok hari... Meski hanya berbagi hal kecil, semoga tetap menambah pengetahuan Anda...

Komentar

  1. Brand memang sangat penting eksistensinya dimanapun itu, online atau offline..
    dan mas doyok sudah membuktikan di dunia online tentang hal ini..
    saya kan coba mengikuti semua tips-tips mu mas..
    dan bantu saya juga membangun brand saya dari awal y..
    alot of thanks 4 ur share..
    happy blogging..

    BalasHapus
  2. Huh.. Stillmuslim g dapet google sugestion.. Udah G prnah update jga'.. Banyak amat kurangx.. Kasian.. Hiiks.

    BalasHapus
  3. makin sukses masdoyok, emang keren deh master doyok. :D

    BalasHapus
  4. makin sukses masdoyok, emang keren deh master doyok. :D

    BalasHapus
  5. Hehehe... saya juga Mas Harri kapan jadi kayak mas doyok
    wkwkwkwkw :D

    BalasHapus
  6. saya mencobanya mas doy, tapi kalaui saya belum dikenal

    BalasHapus
  7. hmmm...kalo mau belajar tentang search datang ajah ke ben-tools...wkwkwkwkwkwkkkk
    SEO?...hihihihi
    lanjutkan...

    BalasHapus
  8. Wah ... berarti temen2 urungkan niat untuk buat blog dengan kata awal "Mas" atau "Kang" xixixixixi.. kayaknya radak berat untuk dapetin suggest dari mbah gugle ,,, wkwkkwwkwkwk... sukses mas ...

    BalasHapus
  9. wah mantab bos.. :)

    BalasHapus
  10. mantabh sudah buat mas doy yang satu ini

    BalasHapus
  11. lg Pamer nih org... wkwkwkwkwkk...

    BalasHapus
  12. Sama mas... aku juga lebih kenal mas doyok... wkwkwk...

    BalasHapus
  13. mas Doy, google tak mengenal saya...

    BalasHapus
  14. mas doy...dicari mbah gugug. katax mo diajak mancing.

    BalasHapus
  15. guess what! who am I?! wkwkwkkw..

    BalasHapus
  16. wah hebat mas...kalo gue cuma alamt blognya saja yg ada...

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah muchlisin.blogspot juga lebih dikenal dari muchlis yang lain, bersama dakwah juga lebih dikenal daripada bersama yang lain :-)

    Terima kasih atas ilmu-ilmu SEO nya Mas Doyok. Salam ukhuwah

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah arda blog sudah berkenalan dengan google .hehehehe

    BalasHapus
  19. wew..mantab..
    BTW,mas danu dan mas dibyo siapanya masdoy??simpenan ya??wkwkwk..kidding mas :D

    BalasHapus
  20. wah ternyata masw doyok paling dikenal diantara2 mas-mas di dunia...

    BalasHapus
  21. siip mas doyok.. salut deh buat mas doyok.. sukses selalu

    BalasHapus
  22. keren mas doy!! Top abiizz... sukses selaluu!

    BalasHapus
  23. wah, keren banget mas, blog saya juga sama. tapi seonya gak bagus, coba dah ketik keyword 'hisy' di google id, nanti yang tersugesti alamat url blog saya (hisyamhananto.wordpress.com) di no1 terus nama saya (hisyam hananto)di no2. tapi blog saya tak kunjung di sitelink2 juga ama google. mungkin karna artikel saya gak ada yg menonjol, sama jarang update kali? karna lagi sibuk sekolah nih gw, apalagi tadi barusan baru di mos. hehehe, thx mas doyok, blog mas sangat membantu saya yg newbie ini ;)...

    BalasHapus
  24. KAlo aku google lebih kenal dengan Ayead atau Gaptek,,

    kalo nama asli gak ada di #1 gugle..

    hihihi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer