Para Blogger, Kredibilitas Anda Sedang Diuji!

Postingan ini menanggapi kejadian akhir-akhir ini yang menurut saya 'cukup memprihatinkan' mengenai mental para blogger. Mereka kadangkala seperti tidak bisa menemukan caranya sendiri untuk memperkenalkan diri atau mendapatkan traffic. Masih wajar juga, sifat manusia yang tidak rela jika kompetitor memiliki traffic yang lebih baik.

Berungkali saya katakan, "Konten adalah Raja". Point utama yang menggambarkan diri Anda di mata pembaca adalah konten Anda. Jadi, bagi Anda yang masih kesulitan soal traffic, pelanggan ataupun followers google, silahkanlah intropkeksi artikel Anda. Jadikan pemicu untuk menyediakan artikel yang lebih bagus lagi. Selanjutnya, jika Anda punya ciri khas tentu Anda akan mendapatkan perhatian yang lebih lagi. Optimalkan dan optimalkan blog Anda dengan ciri khas Anda.

Misal Anda memiliki blog software, jadilah yang pertama informasikan mengenai software terbaru juga tambahkan tentang rating software juga kelebihan dan kekurangannya. Itu akan menjadi nilai lebih blog Anda. Jika blog Anda blog bola, Anda tak cukup laporkan hasil pertandingan tetapi berikan juga prediksi dan pembahasan mengenai pemain terbaik pertandingan itu. Tentu Anda dapat berkreasi lebih banyak lagi. Jika Anda memiliki blog musik, selain link download, lengkapi juga dengan lyric dan chord gitar. Sekarang mari kita kembali ke optimasi paling basic yakni dari segi konten Anda. Buat konten Anda berbeda dan memiliki nilai lebih.


Seiring pembahasan ini, saya menyayangkan banyak blogger yang kesampingkan konten dan menginginkan blog tenar dalam waktu singkat. Sebagian bersabar menebar umpan dengan kail tradisional menunggu berjam-jam ikan datang, namun ketika ikan telah datang ada okelompok orang-orang yang telah siap merebutnya dengan jaring mereka. Kredibilitas sangat mahal. Erat kaitannya tentang bagaimana orang percaya kepada Anda.

Yang paling hangat adalah soal Shoutmix Pemium yang dipasang diberbagai blog. Memang shoutmix blog ini (silahkan ke halaman depan dan ngobrol disana) tidak dikunci. Hal ini dikarenakan saya ingin blogger yang menggunakan ponsel tetap bisa akses dan ikut ngobrol. Karena tidak dikunci, alhasil banyak blogger yang mencuri shoutmix premium blog ini. Tapi akhir-akhir ini tidak betah juga melihat fenomena blog-blog dengan isi 8 shoutmix premium. Satu dari blog ini dan yang lain mereka dapatkan dari kang rohman, kang jaya, bang salom, ardi33, mas luthfi dan lain-lain. Padahal seperti di tempat kang rohman jelas-jelas shoutmix dikunci agar tidak dipasang di blog orang lain. Beberapa berdalih akan digunakan sendiri karena untuk mempermudah. Namun selama saya monitoring nyata-nyata mereka membagikan link-link blog pengumpul shoutmix. Beberapa lagi membuat tutorialnya dan bahkan menyediakan link untuk download script blog pengumpul shoutmix.

Saya pribadi akan malu seperti itu. Pertama itu hanyalah tehnik iframe biasa (tak ada tehnik lebih, jadi kalau mereka berkoar tentang hack hack atau apa, menurut saya itu melebih-lebihkan). Kedua, mereka dapatkan traffic dengan merugikan orang lain dan benar-benar sudah ditentang. Ketiga, tentu saja saya menangkap mereka adalah tipe-tipe orang yang kurang mau berusaha. Tidak menutup kemungkinan orang-orang seperti ini akhirnya memasang adsense di blog pengumpul shoutmix mereka walau awalnya berdalih macam-macam. Dunia blogger kadung tidak percaya dengan Anda!

Beberapa hal yang meruntuhkan kredibilitas yang seharusnya Anda hindari, jika Anda Blogger sejati!
- Jangan gunakan nick orang lain atau bahkan memanfaatkan ketenaran orang lain untuk ambil keuntungan.
- Jangan akui tutorial orang lain menjadi tutorial Anda. Itu sangat mudah ketahuan. Jadi, lebih baik Anda cantumkan sumber tutorial asli.
- Jangan hapus bagian credit pada template orang lain yang Anda pakai.
- Jangan mencoba menjadi blogger anonim hanya untuk buat rusuh di suatu blog.
- Jangan lupa cantumkan sumber jika Anda meniru tutorial orang lain.

Postingan ini lahir dari sedikit kemarahan sebagai seorang blogger yang tak rela dunianya diinjak-injak tangan-tangan tak bertanggung jawab. Postingan ini lahir karena saya tak tahu lagi siapa yang akan berani menyenggol hal ini. Maksud saya hanya karena ingin blogger-blogger Indonesia lebih baik lagi. Menulis dan menulis konten berkualitas untuk tujuan sharing. Bukan gelap dengan ketenaran dan halalkan cara cara instan seperti asal copas atapun cara-cara yang tak bertanggung jawab lain. Orang benar-benar memiliki dua opsi untuk Anda. Anda punya kredibilitas atau tidak!!!

Komentar

  1. kalau aq menggunakan ciri khas q blog ga' jelas kl chat d mas doy, bener mas doy harus mengoreksi di apa kekurangan, kl motto aq "MEMBERI UNTUK DIBERI"

    BalasHapus
  2. ah. .
    bribet.thu blogger yang gitu ya yok . .
    biasanya ga lama thu yok ..
    karena ga punya cirikhas. . :D

    BalasHapus
  3. wah mantap tu mas doy postingnya tu baru blogger indonesia yg professional gk suka nyuri sm ... kalau pengen tinggi traffiknya beli saja traffik atau yg laennya wkwkwk

    BalasHapus
  4. betul mas, jadi jadi ikutan panas juga nih :D

    BalasHapus
  5. wah blogger 2 yg masih baru ... bisa nya cuman nyuri Script SM nya orang gk punya malu tu mas doy .... malu2in indonesia sja

    BalasHapus
  6. maksudna gmn ya mas? maklum masih gak mudheng nih mas,wah klo ciri khas kayaknya saya masih harus byk belajar disini sih mas

    ciri khas saya cuma satu mas, "blog saya amburadul" hihihi...

    sabar ya mas doyok..salam kenal mas

    BalasHapus
  7. jangan jd NUBITOL lah...wkwkkwkwkwkw (say master ardianzzz)

    BalasHapus
  8. semoga ususe mas doyok dawa yo mas...
    sabar2 mas...

    BalasHapus
  9. Wehehe.. Mas , kalo marah menakutkan yow.. hehe..
    Humm.. gimana yach.. iya juga sich.. gak rela aku kalo hasil ku bersusah payah cuman dibuat alat ngibulin orang.. ehehe..
    Nice post..

    BalasHapus
  10. istiqfar mas doy...
    ingat tuhan wkwkwk

    iya ni yang pasang shoutmix di blog nya silahkan di hapus kembali.
    tunjukkan bahwa anda bisa

    buat yang copas artikel ayo rubah sikapnya...
    kalau sudah lewat biarkan.
    untuk kedepannya tidak.

    BalasHapus
  11. menyentuh banget apalagi buat aku yang kadang suka nyuri konten blog laen wkwkwk...... tp skrg aku sudah sadar berkat mas doy

    BalasHapus
  12. memang nih...
    tadi malah bagi2 link download SM premium di KR..
    aneh2 aja

    BalasHapus
  13. baik juga tuch pola pikir mas doyok.....
    pola pikir yang timbul dari sebuah kekecewaan...
    rasa kecewa yg bikin penyemagat buat blogger baru...
    rasa kecewa yang bikin andrenalin naik...
    rasa kecewa ja bisa bikin inspirasi....hehehe
    dan yang lebih asyik lagi....
    inilah sebuah coretan mas doyok yang benar2 memang ada rasanya.....dan coretan mas doyok yang paling mengusik tanganku untuk corat-coret di komentar....i love you all.....

    BalasHapus
  14. saya menentang yang pernyataan hack,,mungkin artikel hack perlu juga tapi untuk menghindarinya dan sekedar mengetahuinya,,agar ilmu dapat berbagi tapi ada yang perlu di ikuti dan ada yang perlu di hindari..tinggal sang pembaca bagaimana menilainya dan dari sudut mana pula,,yang sebenarnya saya sayangkan dari blogger adalah menganggap dirinya seorang master atau senior bukan menganggap dirinya seorang blogger yang masih banyak belajar..ada yang bisa html tetapi belum tentu bisa bikin puisi ada yang jago puisi tetapi belum tentu bisa buat yang bermotivasi jadi blogger ada kelebihan dan kekurangannya sedangkan master adalah sempurna...ini menurut pendapat saya

    BalasHapus
  15. Marah nh mas doy..seleksi alam tar juga rontok sendiri yg blog ecek2.sabar ojo mutung mas doy.q jd atut mas doy mls postng lg tar.hehe

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah ada yg ngingetin gw gimana jadi bloger yg baik dan benar...tengkyuperimat mas doyok..mohon dinilai blog gw seng elek iki...

    BalasHapus
  17. wejangan yang mantap,menambah instropeksi pada blogger newbie seperti saya.mantap tenan mas....
    kita akan berkembang jika saling mengoreksi dan memperbaiki.siiip mas....

    BalasHapus
  18. nice post mas... smoga para blogger pemula termasuk saya, sgt memperhatikan hal ini...

    BalasHapus
  19. ternyata orang super baik ini bisa marah juga syukurlah blog aku bukan tutorial bukan adsense . salam mas doy

    BalasHapus
  20. @1398546935216197040.0
    mas siapa yg bilang hack itu buruk
    saya cuma katakan merka bilang merka hack
    padahal itu sama sekli bukan tehnik yg canggih bobol sesuatu

    makanya saya cuma bilang itu sama sekali bukan hak
    ataupun kalau hack adalah hack kacangan abis

    dicermati ya mas :) biar ndak salah

    BalasHapus
  21. Thnx Atas nasehatnya mas... sangat bermanfaat

    BalasHapus
  22. MAJU TERUS PANTANG MUNDUR
    SEMOGA SUKSES.

    BalasHapus
  23. saya baru pemula mas,,
    tapi saya akan mencoba menjadi blogger yang memiliki kredibilitas yang tinggi,
    menurut saya blog www.smkn-1-sidoarjo.co.cc ini cukup professional, kalau menurut mas doyok bagaimana blog saya itu?

    satu lagi yang membuat blog itu tidak profesional adalah terlalu banyaknya iklan pada blog itu, (seperti adsense, adsensecamp, klikrupiah dll.) sehingga membuat blog itu sangat berat, padahal para pengunjung blog itu menginginkan sebuah blog yang ringan dibuka sehingga tidak menunggu lama untuk membaca artikel di blog itu..

    BalasHapus
  24. mungkin pakde ini sudah terlalu tua sehingga kadang sulit untuk memahahi sesuatu.
    terus terang pakde kagak paham masalah "soal Shoutmix Pemium yang dipasang diberbagai blog"

    BalasHapus
  25. asli mas bukan saya,bener dah..mungkin bawah saya yg nyuri..

    BalasHapus
  26. saran yg bagus mas doyok, orang memang jgn seenaknya menagambil shoutmix orang lain....

    BalasHapus
  27. biasa lah mas...blogger baru2 kemaren...baru semangat2nya ngeblog... blogger angkatan tadi sore....jadi masih bingung mw bikin ciri khas apa blog blognya...

    BalasHapus
  28. Setuju banget mas...
    Maksudnya "Shoutmix Pemium yang dipasang diberbagai blog" itu gimana sich mas?
    Maklum kalau gak paham mas, soalnya aku gak memasang buku tamu...

    BalasHapus
  29. Postingan yg oye.... mantabs

    BalasHapus
  30. mantab ini nasehatnya, seharusnya dengan membaca artikel ini para blogger bisa menyadari bahwa sungguh penting menjaga kridebilitas dalam mengarungi dunia maya ini. janganlah anda menjadi seorang peniru atau parasit, tapi jadikanlah diri anda trand yang berguna bagi orang lain.

    BalasHapus
  31. setuju mas doyok, kita sedang belajar menerapkan tutorial ini. trims, semoga makin mantap

    BalasHapus
  32. ane baru tau mas kasus seperti,, itu,, sungguh memprihatinkan,,,

    BalasHapus
  33. itulah blogger generasi sekarang mas...

    BalasHapus
  34. bener mas.. Aku juga kesel lihat blog yang isinya semua copas dengan jumlah visitor ampe ribuan. Juga yang copas tersebut mengatur waktu post nya sehingga anggepan kita bahwa dia yang pertama posting, padahal udah banyak yang posting duluan. Kalau motto blog saya 'memberi sebelum kita diberi'. Gapapa blog kita sepi pengunjung, yang penting isi dari blog kita murni hasil karya kita sendiri. Itulah yang namanya blogger yang mengerti akan Kredibilitas

    BalasHapus
  35. hhmmm,kaya'na ane tau tuh yg disindir tg SM..:D
    moga dg post masdoy ini,,org ntu bisa tobat,,,wkwkwkw

    BalasHapus
  36. Assalamu alaikum wr.wb
    Afwan yah Mas Doy, klo mungkin saya belum memaksimalkan ciri khas dan mungkin menemukannya.

    So, masih banyak belajar dari Mas Doy . .
    klo ku sih, memang sangat ga suka gitu karena saya orangnya perfeksionis . .

    Mas Doy mungkin bisa melihatnya saat saya bertanya . .
    heheh, ketika saya buat posting, harus benar2 perfek sesuai ukuran saya . .
    tapi klo skrg belum sih mas ..
    heheh

    Finally, orang benar selalu menang . .
    Sukses buat para blogger BERIMAN . .

    BalasHapus
  37. aih,aku juga akhir2 ini lumayan anonim2 yang bikin aku gimanaaa ya.. dia tuh fitnah.. nggak cuma bilang "blog norak" atau apalah ngatain blogku, eh ini malah fitnah aku..:( tp aku juga nggak ngerti apa2

    BalasHapus
  38. gak akan tahan lama di dunia blog itu blogger2 seperti itu....
    setuju banget dah sama mas doy..

    BalasHapus
  39. Oh sy baru tau klu shoutmix premium bisa dipasang diblog org lain. Kayaknya sy pernah nyasar entah keblog siapa dah lupa, disana mmg sy melihay bnyk shoutmix milik anda, KR dll yg anda sebutkn linkx satu persatu diats.

    Makasih artikelnya sll menarik

    BalasHapus
  40. sip2 mas, tetep ngejaga dan ada dijalur yang sesuai rambu2 blogger hehehe. Thank

    BalasHapus
  41. aku kembali hadir disini setelah lama tak nongol, maklum kerja dalam hutan belantara

    BalasHapus
  42. postingan yang sangat bermanfaat .. , aku bookmark ah ..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer