Upload Gambar di Editor Lama, Editor Baru atau BloggerinDraft?

Maaf karena kemarin blog ini sepi postingan. Lagi-lagi masalah koneksi. Rencana posting setelah Asharternyata saya gagal koneksi hingga jam 11 malam. Akhirnya cuma bisa bersantai dengan Pro Evolution Soccer. Yang terpenting kita kembali lagi sekarang dengan hal yang berbeda. Mencoba membandingkan hal kecil yang bisa berpengaruh banyak dalam aktivitas Anda posting.

Apa yang Anda gunakan saat ini untuk menambah gambar di postingan Anda? Apakah Ana upload ke Layayan Hosting Gambar seperti tinypic? (Upload dan Edit Online Foto Langsung dengan Tinypic), atau ambil dari Google kemudian cukup Anda blok saja? (Baca: Upload Gambar Langsung di Blok Saja). Yang pasti dengan berbagai cara, Anda akan tetap melibatkan editor postingan Anda. Mari kita coba bandingkan beberapa versi editor postingan blogger, dan membahas plus minus dalam soal menambah gambar ke postingan Anda.

Editor Lama
Yang membuat saya urung meninggalkan editor lama sebenarnya adalah karena mudahnya dalam mengatur ukuran gambar. Seperti pada program editor gambar umumnya, perbesaran atau pengecilan gambar cukup dengan seret t node, itik-titik di pojok gambar. Pada saat upload juga ada pilihan ukuran kecil, sedang atau besar yang mempengaruhi berat gambar. Jika memilih kecil gambar yang Anda upload otomatis disusutkan dan lebih enteng.
Urusan loading form upload pun cenderung cepat. Kelemahannya, saat kita menambahkan gambar beberapa sekaligus, dibatasi hanya 5 dan gambar di upload bersamaan setelahdi klik tombol upload.
 
Soal perataan gambar saat upload (left, center, right) sangat mempengaruhi saat berada di editor postingan. Jika Anda telah memilih center dari awal, maka Anda akan sangat sulit mengubahnya di kiri pada saat berada di editor postingan. Kelemahan lain adalah kurang mudahnya drag dan drop gambar saat di editor postingan.

Editor Baru
Sejak blogger meluncurkan editor baru (Baca: Editor postingan Baru dari Blogger), beberapa hal dibenahi. Namun mereka tetap menyediakan pilihan untuk menggunakan editor lama. Loading form upload pada post editor baru juga lumayan cepat.
 
Yang sedikit kurang nyaman menurut saya juga soal upload gambar beberapa sekaligus. Anda harus klik tombol upload, lalu ambil satu gambar. Jika ingin tambah, Anda mesti klik upload lagi dan ambil satu gambar lagi satu persatu. Begitupun saat menempelkannya ke postingan juga harus satu per satu. Kelebihannya, ketika kita ambil gambar dari komputer, maka langsung otomatis proses upload. Jadi sambil menambahkan gambar, proses upload gambar yang lain berjalan sehingga lebih hemat waktu.
Fasilitas lain adalah menu yang otomatis muncul di samping gambar ketika gambar aktif. Menu terdiri dari penambahan link dan pengaturan ukuran. Sayangnya pengaturan ukuran ini menjadi kaku hanya dengan 4 pilihan ukuran, berbeda dengan sistem editor lama yang dengan mudah cukup seret node dan bisa sesuka hari menentukan ukurannya. Di menu tersebut juga dilengkapi dengan perataan gambar yang tidak kaku seperti editor lama, juga mudahnya kita drag dan drop gambar saat ada di editor postingan sehingga pas dengan artikel kita.

Editor BloggerinDraft
Draft Blogger adalah versi lain blogger yang memberikan kepada Anda layanan sedikit berbeda dengan fitur-fitur baru blogger. Sebelum resmi diterapkan di blogger.com, Anda bisa mencoba tes fitur baru blogger disana. Termasuk salah satunya editor gambar yang siap diluncurkan. Kini terus digodok dan diuji cobakan di draft blogger (Baca: Tool Upload Video dan Gambar Yang Lebih baik dari Draft Blogger). Apa kelebihannya kal ini?
Yang paling saya suka adalah mudahnya penambahan banyak gambar sekaligus. Sekarang Anda tak perlu tambahkan satu persatu, namun bisa rombongan dengan blok beberapa gambar sekaligus saat upload. Penempelan pada postingan dari form upload pun juga bisa sekaligus, jadi benar-benar menghemat waktu.
 
Dengan editor gambar di draft blogger, Anda juga bisa dengan mudah tambahkan keterangan foto (Baca: cara Mudah Menambahkan Keterangan di Bawah Foto) di bawah foto. Kelemahannya adalah editor gambar dari draft blogger cukup berat.

Itulah perbandingannya. Jadi, sekarang Anda memilih yang mana? Semoga bermanfaat.....

Komentar

  1. Mas, kalau gambar itu bagusnya dari postingan apa dari hosting gambar?

    BalasHapus
  2. PERTAMAXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXX

    BalasHapus
  3. saya masih menggunakan model editor lama mas...

    BalasHapus
  4. Saya biasanya kalau di blogger in draft hanya untuk menambah keterangan dibawah gambar aja mas,tapi setelah keterangannya ditambahkan,tulisan yang dibagian kiri gambar jadi pindah ke bawah....jadi itu ga bagus.........

    BalasHapus
  5. mohon ijin, perkenankan saya memasang banner mas doyok, boleh dicek.... di....

    BalasHapus
  6. saya masih menggunakan editor lama.

    makasih infonya mas doyok

    BalasHapus
  7. saya masih menggunakan editor yang manual, bukan bloggerindraft, baru, atau lama. tetapi yang html editor. kenapa karena bisa lebih mudah dalam mengatur paragraf dan inline css pada textbody

    BalasHapus
  8. @ardian
    oiya kang ada satu pilhian lagi :D
    tapi kalau buat yg awam lumayan susah kang

    BalasHapus
  9. wah kalo saya mas pake Blogger in draft...

    BalasHapus
  10. hehehe, ane dah nebak mas doyok bakalan mosting topik ini. coba editor gambarnya di blogger draft ngatur besar kecilnya kaya editor blogger yg lama, pasti kan lebih gampang

    BalasHapus
  11. pake yg baru trus ngedit ukuran gbr di html editor mas,uploadnya di tinypic,kalau upload di blogger ada ukuran maksimalnya,biasanya otomatis resize,kalau digedein kualitasnya menurun,maklum gambar di blog saya gede2 semua :(

    BalasHapus
  12. Aku gak terlalu mikirin soal gambar, kalau saya gak masalah upload gambar satu persatu, gambar cuman buat syarat kalau saya.. ehehe

    BalasHapus
  13. kaloe cepet sich cepetan di bloggerindraft

    bisa langsung berapa aja

    BalasHapus
  14. tau saya yang atas aja mas, yang bawah kagak pernah pake :)

    BalasHapus
  15. enakan blogger in draft.. tapi aku seringan di editor baru

    BalasHapus
  16. wah,ane lbih enak pake hosting gambar sndiri mas,
    kalo pake yg editor draft busettt lemoott tenann,,

    BalasHapus
  17. upload gambar di blogger yang skarang lemot banget. saya nyerah.
    bisa gak saya menggunakan cara dulu. bukan upload gambar yang seperti sekarang?

    BalasHapus
  18. mas saya mau tanya, beberapa minggu ini setiap upload gambar ke blog, gambarnya menjadi rusak, sedangkan untuk koneksi internet tidak masalah. munkin ada solusi. terimaa kasih

    BalasHapus
  19. @cinema
    coba saja mas upload ke hostingan seperti tinypic
    http://www.masdoyok.co.cc/2010/03/upload-dan-edit-online-foto-langsung.html

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer