Ego Surfing - Mencari dengan Keyword Nama Sendiri di Google

Coba ketikkan nama Anda di Google, apakah Anda mendaptkan hasilnya. Atau link ke halaman milik orang lain yang muncul? Di dunia maya saya lebih memperkenalkan diri saya sebagai doyok ketimbang muhammad hidayatullah. Jadi ketika di ketikkan di Google dengan keyword muhammad hidayatullah maka tidak cukup baik hasilnya, meski profil google saya masih di halaman pertama. Yang ingin saya bahas, bagaimana cara menguasai Google agar mereka mengenali nama Anda dan membaut halaman tentang Anda selalu tampil teratas???

Membuat Blog
Yang paling mudah adalah dengan cara membuat blog, baik di blogspot, wordpress atau yang lainnya dan pilih alamat dengan nama Anda. Misalkan karena saya mengincar nama masdoyok di dunia internet, maka saya pilih alamat masdoyok.co.cc. Akan lebih baik dengan menggunakan top level domain seperti masdoyok.com.

Atur Alamat Profile Facebook
Atur alamat profil facebook Anda. Dalam keadaan standart alamat profil facebook menggunakan kata-kata unik. Singkat sehingga memiliki konsep facebook.com/namaanda, aseperti alamat facebook saya di facebook.com/masdoyok. Untuk atur silahkan baca Singkat Alamat Facebook Agar Mudah Diingat

Daftar Twitter dan Pilih User Name Yang Tepat
Di twitter pun sama saja. Saat Anda mendaftar twitter, maka Anda akan diberi kolom untuk menentukan user name (baca: Cara Membuat Akun Twitter). Nantinya alamat twitter Anda akan beralamatkan di twitter.com/username.

Atur Alamat Profil Google Anda
Ini juga sangat penting karena ini produk Google. Seperti facebook, alamat profil Google Anda awaanya adalah susunan angka yang sulit. Untuk mengaturnya silahkan baca tutorial google buzz di blog ini yang berjudul Tips Bermain Google Buzz - Sunting Profil Anda. Silahkan follow buzz saya di http://www.google.com/profiles/dooyok.


Begitupun di Tempat Lain
Begitupun saat Anda mendaftar di berbagai social media lain sperti digg atau blog catalog. Pilih username dengan Nama Anda. Jangan lupa orkut yang kini merupkaan produk Google. Selalu gunakan nama Anda jika Anda memang ingin nama Anda terkenal di Google.

Nama Anda di Gambar
Jika Anda ingin nama Anda terkenal juga di pencarian gambar Google. Maka silahkan ketika Anda upload gambar Anda jangan sampe lupa untuk menyisipkan alt tag dan isi alt tag tersebut dengan nama Anda. Tentang pentingnya alt tag untuk kekuatan SEO dan cara penerapan secara lengkap silahkan baca di artikel berjudul Pentingnya Alt Tag Untuk Gambar.
 


Di Akhir... Bagaimana Dengan Mas Doyok?
Optimasi nama di mesin pencari dan mencoba mencari-cari di Google dengan keyword nama sendiri (ego surfing) mendatangkan banyak traffic untuk saya. Yang pertama tentu saja kepuasan pribadi ketika saya mendapati saya adalah mas doyok yang paling di kenal Google ketimbang doyok doyok lainnya. Belum lagi ternyata mas-mas di seluruh Indonesia yang berawal dengan huruf D yang paling dikenal mbah google adalah mas doyok di blog ini (baca: Google Lebih Kenal Mas Doyok ketimbang mas Danu atau Mas Dibyo). Selain itu yang terpenting, optimasi nama ini mengantarkan saya mendapatkan pengakuan besar dari Google berupa sitelink (baca: Apa itu Google Sitelink?). Untuk panduan lengkap tentang sitelink silahkan Anda search di kotak pencari blog ini dengan keyword sitelink.

Yang semula hanyalah ego surfing untuk kepuasan pribadi... ternyata ini benar-benar bisa membantu membuat kita diakui oleh Google. Ingin tahu bagaimana rasanya? Silahkan coba tulisan saya di atas dan jangan lupa untuk selalu memberikan informasi tentang blog Anda disemua halaman profil Anda dimanapun itu... Semoga bermanfaat...

Komentar

  1. pertamaxx dulu massssssssssssss

    BalasHapus
  2. saya juga sering mas doy lumayan tambah - tambahan ^_^

    BalasHapus
  3. Alhamdullilah dulu keyword q "Sixooninele" ga terdaftar d google.. Tp sekarang sdh terdaftar..

    klo "Karlz" bny banget.. lha yg nama-nya karlz aja bny.. tp sayang posisi-nya kalah telak.. HAHAHA ^o^

    mas doy komeng d post baru q tuch ^_^

    BalasHapus
  4. alhamdulillah saya yg pertamaxx di gugel dengan nama "RiKY" dibanding dengan Riky Kurniawan ..
    wkwkwkwk ...

    (apa Riky Rizkiyana lenih ganteng dari Riky Kurniawan ?) :D

    BalasHapus
  5. hahay, saya sudah coba dengan keyword nama gw, hasilnya blog gw teratas...

    BalasHapus
  6. kalo saya, search pake 'dendy dogol' hasilnya sudah cukup bagus..halaman pertama semuanya ngelink ke saya, ckckckckc soalnya pertama ngeblog tahun 2007an dulu aktif di berbagai komunitas sastra...jadinya yg muncul ya yg di komunitas2 sastra itu...

    Kalo search pake key 'wizurai' juga sudah bagus,kalo gak kesatu ya kedua..saingan sama wizurai.com terus dari dulu...

    BalasHapus
  7. iKi Post opo Pamer kang.... wkwkwkwk.....

    BalasHapus
  8. mantab nih, orang2 langsung tahu siapa kita ya mas...hehe

    BalasHapus
  9. @roxx
    sebagai contoh saja diriku biar jelas
    hehehe
    tapi kalau dianggep pamer gak pap juga sih
    semoga jadi pemicu aja :D

    BalasHapus
  10. @bowflex
    iya kang :D
    bener jadi optimalkan utk profil dan natinya mereka kenal blog kita

    BalasHapus
  11. @wizurai
    iya mas betul sekali :D
    di cek di cek

    BalasHapus
  12. @arham
    hapus dulu cookiesnya
    soalnya disini enggak

    BalasHapus
  13. @riky
    iya bener
    mantepp banget ada dipaling atas

    BalasHapus
  14. @karlz
    semakin umum nama, pasti makin banyak ya :D
    apalgi anam kebaratan hehehe

    BalasHapus
  15. @odah
    semoga bermanfaat saja ya :D
    silahkan dinikmati

    BalasHapus
  16. @aditx
    oke siiip lah :D
    optimasi terus pokoknyaaa

    BalasHapus
  17. @ega
    silahkan dilanjutkan hehehe :D

    BalasHapus
  18. wah nama Alam Yuda malah tampil di blog saya yang satunya, mungkin dikarenakan blog ini masih baru ya mas ? hehe
    kalau dua-duanya saya optimalkan semua, apakah mungkin bisa diatas semua ?

    BalasHapus
  19. KAWAN MAMPIR KE BLOG ANE NIH YANG BLM KE INDEX OLH GOOGLE


    KAWAN MAMPIR KE BLOG ANE NIH YANG BLM KE INDEX OLH GOOGLE

    BalasHapus
  20. nice post kang.btw d fb dah trlmjur ga pk namaku.bs dubh ga y kang.oia gmn ya buang readmore otomatisku cz doble ama yg manual.q lbh suka manualny.thx bro tk tgg solusine.keep update!

    BalasHapus
  21. thx 4 mas doy. Tp kalo nama saya campur. Ada uzumaki uchiha, night boyz uciha (obsesi naruto saya pake di forum2), ada phonecompi (saya pk di shoutmix mas doy), nah kalo di profil bloger pk nama asli. Ryan. Ryan friska arisandhi. Kyak gado2

    BalasHapus
  22. wahh,, sepertinya kalau di google web search mas doyok terkenal,, banyak linknya..

    tapi klo di google picture search, gak begitu terkenal ya,, fotonya yang tampil cuma 1,,

    BalasHapus
  23. @moh. aris
    saya termasuk males pakai alt tag
    kruang telaten kasih kode itu hahaha

    BalasHapus
  24. Wahh yang belum bisa saya buat sitelink.. soale untuk kategori juga belum saya tepatkan...

    BalasHapus
  25. kalau nama q belum muncul mas doy, kalau aq coba ketik Rizky2009 ada pesem apakah yang anda maksud Rizky 2009, itu pakai sepasi, kenapa bgt yh mas doy

    BalasHapus
  26. punya q kalau dengan nama angger prasetyo yang muncul pertama hanya profil friendster,facebook dan twitter..

    BalasHapus
  27. aku nomer berapa ya mas dengan nama Arif Bukan Kyai? klo di kompiku no 1. klo di kompimu nomer berapa?

    BalasHapus
  28. @551135538079564859.0
    Hahahahaa kalau aku sial dah, dihalangi sama Olla Ramlan dan Ramlan lainnya. Namaku baru akan keluar kalau aku nyari sekaligus dengan margaku, Ramlan Tjon..Heheeee

    BalasHapus
  29. ya lebih dikenal dengan nama soul ajalah :D

    BalasHapus
  30. haha..ya ya, bener mas, saya memang kepikiran seperti itu, cuman kalau Alt tag kadang sering lupa

    BalasHapus
  31. @5631581073035216712.0

    Iya mas.. setelah saya mencari nama saya sendiri di google, ternyata tidak ada..
    hehehe,,,

    BalasHapus
  32. o y mas,
    kok saat saya menembak keyword pnya saya "khamardos's blog" tidak muncul artikel terkait(aertikel lainnya) yach ?
    seperti pnya mas doy saat di ketik mas doyok pada hal pertamanya terdapa :
    - furom lesehan wae
    - seo tour etc....

    mohon pencerahannya mas, jika tidak keberatan PM ke:
    mufi_ed@yahoo.com

    BalasHapus
  33. @mufi
    itu yg dinamakan SITELINK
    tidak semau blog punya
    coba di search blogku cari cari sitelink

    BalasHapus
  34. yo wis saya ikuti tipsnya mudah2an bisa ngalahin mas Doyok, he he he ....

    BalasHapus
  35. cara daftar yb gmna y mas
    tlng di jwb

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer