Membuat News Ticker atau Berita Berjalan di Bagian Bawah Blog

Sudah tahu apa itu News Ticker? Jika Anda sering melihat televisi, tentu Anda sering melihatnya. Berita berjalan dibagian bawah layar televisi Anda. Apakah Anda tertarik memasangnya di blog Anda? Jika tertarik, mari ikuti tutorial berikut ini...

1. Login ke blogger
2. Klik Rancangan/Design
3. Tambahkan kode berikut ini di atas ]]></b:skin>
#newsticker {
background-color:#ffffff;
border-bottom:2px solid #000;
border-top:2px solid #000;
bottom:0;
font-family:Verdana;
font-size:11px;
left:0;
position:fixed;
text-align:left;
width:100%;
z-index:10000;}

4. Anda bisa menyimpan template Anda dahulu. Kemudian setelah itu silahkan Anda letakkan kode berikut ini di atas <body>
<div id='newsticker'>
script feeds berjalan Anda
</div>

Silahkan ganti yang bagian berwarna merah (script feeds berjalan) dengan script artikel terbaru Anda, Anda bisa memilih diantara dua pilihan berikut ini:
- Menggunakan feeds marquee
- Google Dynamic Feed

Modifikasi Google Dynamic Feed
Anda bisa memilih feeds marquee jika ingin artikel-artikel terbaru bergerak ke samping. Namun saya senang menggunakan layanan Google Dynamic Feed seperti yang saya terapkan di mas doyok answer (silahkan lihat di: answers.masdoyok.co.cc)


Jika ingin melanjutkan modifikasi, silahkan baca dulu artikel Google Dynamic Feed dengan klik yang tadi telah saya bagikan di atas. Anda bisa memasukkan beberapa blog sekaligus untuk dijadikan di berita berjalan Anda. Pada isian feeds expressions, silahkan isi dengan beberapa topik. Antar topik pisahkan dengan koma.
Misalnya: Mas Doyok, Blog Tips, Facebook.
  
 Maka,  Google Dynamic Feed gadget akan memanggil artikel dari blog/situs dari ketiga topik tersebut.

Anda juga bisa mengganti pesan saat loading gadget dengan memodifikasi kodenya. Setelah klik Generate Code, silahkan Anda edit dulu codenya. Silahkan ganti kata yang berwarna merah pada bagian ini:
<div id='feed-control'>
    <span style='color:#676767;font-size:11px;margin:10px;padding:4px;'> Loading...</span>
  </div>
Selain itu, Anda masih bisa mengedit nama blog pada gadget ini.
 
Jika defaultnya nama blog, menyesuaikan dengan topik yang Anda masukkan pada feeds expressions, Anda bisa mengeditnya dengan mengganti tulisan yang berwarna merah pada bagian ini:
var feeds = [
    {title: 'Mas Doyok',
     url: 'http://www.themasdoyok.com/feeds/posts/default'
    },
    {title: 'Blog Tips',
     url: 'http://feeds.feedburner.com/DailyBlogTips'
    },
    {title: 'Facebook',
     url: 'http://topics.nytimes.com/top/news/business/companies/facebook_inc/index.html?rss=1'
    }];

Silahkan mencoba, selamat malam dan semoga bermanfaat...

Komentar

  1. pertamaxx gk yya..
    mangstap nih artikelnya,langsung praktek ah. .

    BalasHapus
  2. mantep kang, ane dah coba tp gk cocok buat template ane, huehue

    BalasHapus
  3. @6107631911223662035.0
    Bagaimanapun juga selalu keduaxxx ^^

    klo news tickernya dibuat sticky lebih keren tuh

    BalasHapus
  4. keren juga ni, mesti di coba..
    Thanks masDoy...

    BalasHapus
  5. iya bagus mas doy...
    saya sudah mencobanya....

    BalasHapus
  6. @8004987246072162069.0

    Hikhik aku aku ke tiga hikhik

    Trik INi ane udah cobah tapi ane gak pake kayak gitu ane cuma pasang iklan aja di situ hhahahhahaha :)

    BalasHapus
  7. InsyaAllah kpn2 sy coba...

    butuh wkt bwt sy agar ngerti...mklum nubi.hehe

    matur nuwun mas doy...

    BalasHapus
  8. Sepp mas... kalau mau pakai banyak feed tapi titel yang disebelah kiri gak berubah..

    edit kode yg ini:

    var options = {
    stacked : false,
    horizontal : true,
    title : "JUDUL TETAP"

    contohnya lihat blog saya yak..sekalian mampir..huehe

    BalasHapus
  9. @7577934890516313497.0

    Ok bos mantap.. ta' copy ya buat koleksi...

    BalasHapus
  10. Kayaknya keren juga nich...

    BalasHapus
  11. terima kasih mas atas sharingnya... kapan2 saya terapkan di blogspot saya...

    BalasHapus
  12. Ciamik punya dah postingannya Mas Doy.. dicoba langsung manjur.. THx Mas

    BalasHapus
  13. komen koq cumam pertamax keduax ketigax, ntar lama2 kalian klimaks orgasme disini!!!

    BalasHapus
  14. @8004987246072162069.0
    mantap mas, ane mau coba dulu..kalo yg di dynamid blog ane belum ada..wkwkwk

    BalasHapus
  15. mas..kq yg ditampilin gag artikel terupdate iia???
    mhon bntuanna...

    BalasHapus
  16. saya udah coba mas & berhasil, tapi pake yang feeds marquee, kalo page google dynamic feed blog saya gak kebaca...trims info nya.

    BalasHapus
  17. Coba kalau News tvOne atau MetroTv gitu, hahaha, pastinya mantap!

    BalasHapus
  18. news tickerku kok loading melulu to mas,uda 2 hari nih...hehee...

    BalasHapus
  19. @6107631911223662035.0
    baris keduax wkkkkkk

    BalasHapus
  20. mangtab bos!! blog Mp3 minta izin untuk coba bos!

    BalasHapus
  21. In this country is given good information..

    BalasHapus
  22. Mas doyok,kok news ticker saya diam ditempat, gimana caranya biar bisa jalan. Trus bisa ga newstickernya di taro di bawah nama blog?? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  23. mantabz.....n blogna juga rame...

    BalasHapus
  24. Mas Doyok, kalau news tickernya dipindah ke atas bisa, gak? maksudnya posisinya di navbar gitu? Caranya gi mana?

    BalasHapus
  25. Nah ini postingan yang saya cari. terimakasih sudah sharing ilmunya, saya coba pasang di blog saya

    BalasHapus
  26. mas klo artikel adsense ada ga,punya saya di tolak terus sama google...thx

    BalasHapus
  27. Maz , kalo newssticker update berita dari salah satu stasiun TV ada gk maz,..trims...

    BalasHapus
  28. Makasih banyak mas tutornya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer