SEO Tour: Gonta Ganti Template Buruk Untuk SEO?

Kereta SEO berangkat sore hari ke stasiun yang membagikan banyak template gratis dan menarik seperti btemplates. Koleksi template yang begitu banyak memang menggiurkan dan sulit bagi kita menahan diri untuk tidak gonta-ganti template blog.

Pertanyaan dengan tanda kutip besar mengiringi saat kita gonta-ganti template,
"Apakah Gonta-ganti template buruk untuk SEO, apakah akan menyebabkan posisi kita di Google Anjlok?"
Jawabannya? Jelas Bisa!, tapi... kita bisa meminimalisir effect pergantian template terhadap SEO. Apa yang harus kita lakukan?

Back-Up Template Lama
Jangan lupa untuk selalu backup template terlebih dahulu ketika Anda akan berganti template. Hal ini dilakukan untuk pengamanan jika ternyata template baru tidak cocok atau ada hal lain yang menyebabkan Anda ingin kembali ke template lama. (Baca: Cara Backup Template Untuk Keamanan)

Benahi Meta Tag
Meta tag adalah hal yang cukup riskan jika berubah sedikit saja. Jika Anda berganti template dan tidak segera merubah meta tag blog Anda seperti semula sehari saja, maka ini akan memberikan effect yang sangat besar pada posisi Anda di mesin pencari. Jika Anda sudah memodifikasi meta tag Anda, silahkan simpan meta tag Anda di ms word ataupun notepad, sehingga segera bisa dipasang di template baru Anda.

Benahi Tag Headings
Tag heading adalah tingkat kepentingan pada bagian judul ketika Robot merayapi blog Anda. Berurutan dari yang terpenting h1, h2, h3, h4, h5 dan h6. Dalam keadaan standart, h1 diterapkan untuk judul blog, h2 diterapkan untuk judul widget, h3 diterapkan untuk judul postingan dan h4 diterapkan untuk komentar. Ini berarti ketika robot mesin pencari merayapi blog Anda, maka urutan kepentingan index berurutan mulai judul blog - judul widget - judul postingan - kemudian komentar. Anda bisa mengubahnya untuk lebih memperkuat postingan Anda di Google dengan mengubah tag judul artikel menjadi h2 dan menukarnya dengan judul widget. Atau Anda bisa gunakan trik yang saya dapat dari blog choen: (baca: Manipulasi Tag Headings). Saya pribadi, menggunakan tag h2 untuk judul postingan.

Nah, perubahan tag headings juga berpengaruh sangat besar. Oleh karena setelah ganti template sesegara mungkin, periksa susunan tag headings di blog Anda.

Benahi Struktur Link
Ketika Anda mengganti template maka struktur template Anda akan berubah. Yang tadinya 3 kolom menjadi 2 kolom, yang tadinya sidebar di kiri menjadi di kanan. Namun yang lebih penting sejatinya adalah soal struktur link. Yang termasuk bagian ini adalah menubar Anda dan beberapa link yang ada di gadget Anda. Ketika Anda mengganti template, kemudian menubar Anda hilang atau berubah daftarnya, maka segera benahi seperti semula. Bukan di benahi dalam artian Anda kembalikan ukuran ataupun warnanya, namun dalam arti Anda mengembalikan daftar link yang tertera pada menubar seperti semula lagi. Jika tidak segera dibenahi, Anda berpotensi kehilangan sitelink Anda.


Benahi Widget
Pergantian template bisa menyebabkan beberapa widget tidak tampil. Padahal ada beberapa widget penting yang berpengaruh besar ketika dilepas satu jam saja. Misalnya widget alexa dan berbagai widget pemeringkatan seperti tiops of blogs dan lain-lain (baca: Cara Claim Alexa). Pastikan widget-widget itu menjadi prioritas tercepat daripada widget lain untuk segera ditampilkan kembali setelah pergantian template.


Di Akhir...
Langkah yang lebih bijak adalah mengedit dahulu template yang akan Anda pakai di blog percobaan. Atur susunan meta tag, tag headings, menubar hingga widget penting hingga sesuai dengan template yang sedang dipakai di blog utama Anda. Setelah sesuai, barulah Anda pasang di blog utama Anda.

Semoga bermanfaat... Ingat untuk selalu gunakan template yang lebih ringan yang membuat robot Google menemukan lebih banyak data bermanfaat dari blog Anda dalam waktunya yang terbatas...

Komentar

  1. makasih atas tipsnya mas. saya belum ada rencana ganti template, hehe..

    BalasHapus
  2. @fakrizal :D & cara buat shoutmix
    semoga bermanfaat deh

    BalasHapus
  3. @alam
    sipp bisa di bookmark dulul kalau kalau nanti berminat ganti :D

    BalasHapus
  4. Om.. apabila kita berganti template dan blog kita sudah dapat sitelink,, apabila link yang dapet sitelink itu berubah struktus susnannya,, apa sitelink akan hilang? atau tetap dapat sitelink namun linknya berubah sesuai susunan link template baru??


    makasih om

    BalasHapus
  5. mas doy,ane lagi cari tempalte baru nih kira2 dimana ya yg simple,elegant tapi enak untuk ubah2 posisi dan mendukung SEO Friendly??mohon bantuannya mas doy..hehe

    BalasHapus
  6. @miftah
    lebih baik begitu baru saja ganti templet samakan dulu struktur linknya dgn templet yg lama selama stu minggu, baru setelah google terbiasa dgn templet baru kita mulai bisa ganti ganti link kita :D

    kalau mau langsung diganti bisa, tp jangan langsung semua, satu atau dua saja

    BalasHapus
  7. @swap
    kalau mau seo friendly diedit dulu mas :D
    kebanyakan templet gratisan dikelaurakan dalam keadaan standart aja :D

    BalasHapus
  8. kalau aq ganti template yang paling utama dahulu saya kembalikan, khususnya yang terpasang di edit html, baru sidebarnya, masalah pengaturannya belakangan yang penting kembali dulu seperti semula

    BalasHapus
  9. Selain pengaruh terhadap seo posisi tata letak widget akan berantakan.maka dari itu kita harus punya blog percobaan sebagaimana yang mas Doy katakan tadi.

    BalasHapus
  10. godaan untuk ganti template besar banget mas apalagi buat blogger newbie kaya saya. cari template yang simpel tapi powerful seperti template mas doyok aja ah.. :)

    BalasHapus
  11. kalau saya biasanya template baru saya coba di blog percobaan mas, nah kalau meta-tag dll udh di copykan ke template blog percobaan, maka nanti tinggal download template yg sudah di modif trus uplaod deh ke blog yg di ganti templatenya.

    BalasHapus
  12. Assalamu'alaikum
    Baru tau aku. Sering sekali ganti template..... Ternyata da dampak buat seo.

    BalasHapus
  13. ya..mungkin bisa ada pengaruhnya. coz ada link2 yg tersembuyi mungkin didalam template itu sendiri. dan google bot harus bekerja keras lagi untuk mengindeks semua halaman2 yg telah berubah tampilannya..

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum..
    Bru nie, mau nanya kalau di blog postingnya atau isi-isinya pake dua bahasa berpengaruh ga? kalau berpengaruh pada apanya? Syukron ya...

    BalasHapus
  15. Benar sekali mas, jelas berpengaruh dengan di SEO, apalagi meta tag De-el-el tidak di benahi atau di masukkan kembali di template yang baru. Kalau menurut saya, sebenarnya kalau bagi kawan-kawan blogger yang kebingungan memasukkan seperti yang mas doy sebutkan, cara paling sederhana adalah masukkan kembali meta tagnya saja, adanya di paling atas antara head awal .... dan head tutup, di copas saja. Ini sedikit banyak sudah membantu meminimalisir kehancuran blog di mata SEO.

    BalasHapus
  16. wah, saya juga sering ganti template nih mas. kapok dah

    BalasHapus
  17. wah mas , aku sering ganti template nih

    BalasHapus
  18. wahhhhh ckckckckckckckck gimana ini...

    BalasHapus
  19. Info yg bermanfaat....meskipun awalnya sempat pusing :D

    BalasHapus
  20. kalo aku sih memang cepat suka bosan, jadi sering gonya-gati template

    BalasHapus
  21. info2 besar ternyata berada di blog ini.. :) thanks mas doyok.. :)

    BalasHapus
  22. makasih bos infonya,saya baru ganti template lagi waduh

    BalasHapus
  23. salam komtar...untung saya tidak sering ganti tempelte

    BalasHapus
  24. salam kunjungan.salam blogger.sukses selalu dan jangan gonta-ganti tempplete

    BalasHapus
  25. iya bener banget ini mas doyok..
    sayang banget kan udah posisinya bagus-bagus di search engine
    eh pas ganti template jadi kurang bagus posisinya..
    ya intinya jangan terlalu sering lah :)

    BalasHapus
  26. Jelas donk pasti bisa, Bisa otomatis ngedrop bisa otomatis Dongkrak.. tergantung pemilihan templatenya dulu, Tapi kalau keseringan nanti pangunjung di buat bingung oleh kita. jadi wajar-wajar aja deh.. xixixi
    Antisipasinya oke punya..!

    BalasHapus
  27. Jeleknya saya tidak penah membuat blog percobaan.. nyesel kemarin ganti2 template.. wal hasil posisi turun 7 peringkat

    BalasHapus
  28. wach,,,ber manfaat ni mas doyok...thank's ya..

    BalasHapus
  29. info yang bagus mas
    lama nggak koment
    dulu memang aq sering gonta ganti templeate
    dan setelah permanen walaupun blogkurang terawat, PR bisa naik jg

    BalasHapus
  30. Bener juga mas, gara2 habis ganti template visitorku langsung anjlok banget

    BalasHapus
  31. matursuwun bosss infonya..... tp emang leres... templateQ tak gonta ganti malah berantakan trafficnya...hehe

    BalasHapus
  32. hehee, saya ga sering gonta ganti, tapi suka otak atik, sama aja yah, hehee, asal hati2 itu tadi ya mas doy? sipp sip

    BalasHapus
  33. waduh aku sering gonta2 je kang...

    BalasHapus
  34. kalo saya pas ganti domain baru, ganti pula template nya, hihi

    BalasHapus
  35. Jadi takut gonta-ganti tempate ni gara-gara denger tips master Doy...

    BalasHapus
  36. kalo abis ganti template,susunan atw setting di template lama gak ngikut ya?

    BalasHapus
  37. panduan yang cukup bermanfaat :)

    BalasHapus
  38. wah tambah motivasi ngeblog lagi nih

    Ditunggu juga kunjungan baliknya

    BalasHapus
  39. Ternyata gak bagus ya sering gonta-ganti template blog ?! Hemmm, pantesan .... !?@#. Thanks bro artikelnya and salam kenal

    BalasHapus
  40. betul bnget tu ... hrs membenahi itu semua ... agh ... lgian cpek lau gonta ganti template ckckck ...

    BalasHapus
  41. Iya neh sob, gara2 pingin menjadikan blog SEO friendly malah jadi salah kaprah karena pemasangan/mengganti meta tag blog.
    sudah saya rasakan, gara2 ganti meta tag, pengaruhnya sangat besar di search engin.

    Terus cara membenahi meta tag gmn ya sob?? coz untuk meta tag sendiri ada banyak banget macamnya.

    BalasHapus
  42. mas doy numpang nanya nih, kalo misalkan tempaltenya boleh modifikasi sendiri itu bakal bikin anjlok juga ga SEO nya ??? soalnya saya kadang sering gonta ganti gambar di bagian header (tidak mengganti kode template dengan yang lain).

    BalasHapus
  43. Info seperti ini memang penting gan untuk banyak yang tahu supaya nggak kehilangan optimalisasi blog yang sudah dilakukan untuk seo search engine friendly.

    BalasHapus
  44. waduh...
    saya mah gak tahu mas, jadi ya lngsung gnti aja..
    hehehe..
    thanks ilmu'y mas.. :))

    BalasHapus
  45. Mantab infonya gan bisa sangat bermanfaat karena saya suka bosenan gonta ganti template. Tips Tricks Blogger

    BalasHapus
  46. kalau menurut saya, ketika kita sudah menemukan template yang sesuai dengan blog kita, seharusnya tetap kita pertahankan, karena mungkin saja pengunjung setia blog kita, udah terbiasa dengan template kita yang belum di ganti template yang baru. karena di takutkan, pengunjung di blog kita akan pindah karena merasa tidak nyaman dengan tampilan template blog kita yang baru yang menurut mereka jelek. Tapi menurut kita lebih bagus. Jadi jadikan pengunjung merasa nyaman ketika berkunjung di blog kita. itu, menurut pendapat saya.

    BalasHapus
  47. oh gitu ya mas, jadi harus hati2 nih kalau mau ganti baju,... Hehehe...

    BalasHapus
  48. Wah..bner juga yaa??
    makasih infonya..!!

    BalasHapus
  49. mau tanya ni mas.apakah template worpress bisa diterapkan di blogspot? jika bisa adakah efek buruk nya,atau mlh tdk masalah dan tdk ada hal yg berarti untuk hal itu?

    BalasHapus
  50. hmm >_< gak terlalu ngerti... tapi keren!!!

    BalasHapus
  51. waduh,kayak gitu ya,baru ngerti ak,tak kira gak berpengaruh,thanks

    BalasHapus
  52. Dimana ya bisa mendapatkan template gratis blogger yang bagus ..
    trims...

    BalasHapus
  53. Saya pribadi lebih suka pakai template editan sendiri mas doy, biarpun ga bagus juga yang penting bisa dikit untuk ngedit dan design blog sendiri biar sesuai keinginan. hehehe

    Tapi ga tau juga dah kalo masalah struktur tag heading, meta tag, dan sitelink masih belum terlalu faham. hhe

    Oh ya mas doy, kalo judul post saya pakai tag h3 ga masalah kan ? Soalnya blog saya menggunakan tag h1 judul, h2 sidebar, h3 judul post, h4 comment.

    BalasHapus
  54. Kalo aku sih nggak peduli yang penting templateku bagus dan enak dilihat...gitu aja.

    BalasHapus
  55. mantep.. tapi masih pencarian template yang srek dihati masdoyok

    BalasHapus
  56. waduh.... baru tahu aku, klw gonta ganti template. efeknya sangat besar sekali
    artikel yg sangat membantu, thx
    http://nfsreload.com

    BalasHapus
  57. www.suara-media.com
    tks, atas infonya

    BalasHapus
  58. Terima kasih infonya, saya sendiri juga ga begitu suka gonta ganti template karena selain menghabiskan waktu juga bisa membingungkan pengunjung.

    Sala kenal,

    Asdiana

    BalasHapus
  59. Benar juga memang, saya pernah mengalamiganti template eh ... pengunjung hilang...

    BalasHapus
  60. wah kebetulan ane suka gonta-ganti template...
    Pantesan KW pada ilang dan berubah.

    BalasHapus
  61. Oh iya mas , saya mau nanya nih, saya baru aja ganti templae danvistor saya anjlok kaykanya gara2 ganti meta tag deh , itu pulihnya berapa lama yah ?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer