Cari Untung Lewat Review

http://images.businessweek.com/ss/07/01/0116_employeereview/image/intro.jpg

Banyak sekali sebenarnya cara untuk mencari untung di internet. Jika kemarin saya membahas mengenai Affiliate dan bagaimana tipsnya. Saya juga pernah membahas mengenai Paypal yang mendatangkan sumbangan untuk blog Anda, kini saya akan menjelaskan lebih dalam mengenai Review, setelah sempat saya singgung di Macam-macam iklan di blog dan 5 Tips Menguangkan blog.

Apa itu Review?
Seseorang atau perusashaan yang memiliki banyak produk tentu ingin produknya segera diketahui. Tapi ia berpikir memasang iklan per klik tentu bisa jadi tak menguntungkan. Kemungkinan dilihat relatif lebih kecil, banyaknya kecurangan dengan metode tukar klik lain-lain membuat mereka berpikir untuk posting langsung artikel promosi mereka. Tetapi tak mudah bagi mereka untuk membuat promo itu ditemukan karena trafic blog mereka rendah. Akhirnya mereka memilih berkerjasama dengan blogger lain dengan traffic lebih tinggi. Sang blogger dengan traffic bagus itulah yang akan menampilkannya di halaman blog mereka. Artikel bisa secara keseluruhan disediakan oleh pemasang iklan atau dengan cara si pemasang hanya menentukan topiknya saja dan dikembangkan sendiri oleh blogger. Blogger dibayar setelah pemasang meninjau halaman review yang telah dipublikasikan.

Keuntungan
Pemasang iklan diuntungkan karena informasi yang ingin ia sampaikan dapat lebih mudah ditemukan di google karena traffic blogger tinggi. Sementara blogger diuntungkan karena ia hanya bermodal sedikit waktu untuk membuat review. Berbeda dengan pay-per-click yang tak bisa diprediksi, sistem Review sasngat membutuhkan kualitas blog (traffic) dan kualitas blogger (bagaimana ia membuat review yang bagus).

Kerugian
Membuat review berarti kita menuruti kemauan si pemasang iklan. Termasuk dalam hal topik. Hal ini membuat Anda posting dalam berbagai topic berbeda dan menyebabkan Anda keluar dari topic semula blog Anda. Hal ini menyebabkan pembaca kecewa atau bahkan tak akan kembali lagi. Selain itu jika traffic Anda belum benar-benar bagus bayaran yang Anda terima bisa jadi sangat kecil.

Bagi Google hal ini sangat merugikan. Algoritma yang sudah disusun sedemikian rupa untuk memberikan 'keadilan' akhirnya ternoda. Bagaimana seorang pemasang iklan mendapatkan halaman depan di google 'hanya' dengan mendompleng ketenaran blog orang lain.

Langkah Google
Terlalu banyak menyajikan Review berbahaya. Sudah diketahui google membenci sistem ini, dan jika berhasil diketahui oleh pelacak google akibatnya Blog Anda akan kena pinalti. Tak ada lagi artikel Anda yang terindeks google, PageRank hilang dan akhirnya traffic Anda benar-benar menurun sehingga Anda harus memulai dari nol lagi.

Pikirkan tujuan semual Anda. Tips saya adalah anda membangun traffic beberapa blog lain (selain blog uatam Anda yang Anda proyeksikan jangka panjang) dan Anda bisa menggunakan beberapa blog itu untuk menulis review. Tapi...perlu diingat tak mudah membangun traffic sebuah blog, apalagi beberapa sekaligus.

Komentar

  1. wah mantap infonya.. alhamdulillah aku juga udah ikutan review, sudah mendapat $20 lebih...

    BalasHapus
  2. masih dalam kebimbangan menentukan pilihan tuk cari untung di dunia maya ..

    BalasHapus
  3. @ardhiansyam
    sip deh sobat.....
    tongkrongin terus ya blog akuuu

    BalasHapus
  4. untung-untung review emang enak ajib kang doyok

    BalasHapus
  5. @54k1jo ajib deh pokoke wkekekekeke

    BalasHapus
  6. Saya malah belom ikutan review..... Update aja malasnya minta ampun... klo review apa lagi.. :D

    BalasHapus
  7. @robby ehehe keep post bro kudu semangat/.....

    BalasHapus
  8. WAH KEREN BANGET POSTINGANNYA SOB..
    MAKASIH YA KARENA UDAH MAU SHARING...

    BalasHapus
  9. @imoel thx juga udah mau commentttt

    BalasHapus
  10. salam sahabat...
    Info ini memang mantap untuk mencari untung.

    BalasHapus
  11. ceap, eh mas paypalnya dah di verified belum punya mas doy

    BalasHapus
  12. Sip Banget MAS buat pambelajaran lanjutan...

    BalasHapus
  13. @putu sip deh sobat makasih yahhh

    BalasHapus
  14. saya pernah blogwalking ke beberapa blog temen yang maen paid review dan mereka memberi trik agar tidak kena penalti dari mbah google yaitu dengan mengatur komposisi antara jumlah artikel paid review dengan artikel biasa.bagaimana menurut mas doyok?trims sharingnya

    BalasHapus
  15. Saya udah ikutan review tapi kok gak ketrima-trime ya....ada saran mas doyok....

    BalasHapus
  16. iya bener lagian uga blog hanya berisi review, jelas jelas cuman cari untung gak ada sisi menarik :D

    BalasHapus
  17. mantapz mas.....!!!

    tambah semakin semangat nie......

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer