Memaksimalkan Postingan

Anda mungkin mempunyai ide yang sangat bagus? Kemudian Anda menulisnya di blog Anda. Tentu Anda berharap beberapa orang membacanya bahkan meninggalkan komentar. Selain itu Anda ingin pembaca blog Anda juga datang dari google. Untuk tahap awal, mungkin bagi Anda itu sesuatu yang berat. Jika kemudian Anda menyerah Anda bukanlah kriteria orang sukses sementara kesalahan mungkin sangat kecil, yakni Anda melewatkan tips-tips berikut ini.

http://thenewjew.files.wordpress.com/2007/10/conversation2-eastbaymurals.jpg


Ide...
Awal dari proses menciptakan postingan yang maksimal tentu saja ide. Beberapa blogger beranggapan dia memang terlahir 'kurang kreatif'. Tapi bagaimana Anda bisa menilai Anda kreatif atau tidak? Sekarang kita melupakan tentang itu dan kita buat pertanyaan baru, "Anda mau berusaha atau tidak?".

Saya Punya Tips
- Begitu Ada Ide segera tuangkan ke dalam catatan kecil atau tulis sebagai konsep di handphone. Jangan hanya mengingat karena Anda akan melupakannya.
- Cukup Beristirahat. Untuk mendapatkan ide bukan berarti Anda harus browsing 12 jam sehari. Dalam kondisi capek justru Anda tidak bisa berpikir santai dan fresh.

Selayaknya Anda Baca
- Menjaga Untuk Ridak Berlebihan Blogging
- Menghadapi Kejenuhan Blogging

Mencari Referensi...

Anda sudah memiliki ide. Sekarang Anda membutuhkan alat penunjang atau penguat ide Anda. Yang biasa saya lakukan adalah browsing di internet. Misal saya memiliki ide untuk posting mengenai 'Bahaya Merokok', maka saya akan ketikkan di google 'Zat rokok yang berbahaya', 'Kalangan Pecandu Rokok' dan 'Bagaimana Menghindari Merokok'. Setelah kita menemukan beberapa blog dengan artikel yang bisa menunjang ide kita, silahkan gabungkan dan ambil kesimpulan kemudian posting ulang dengan gaya Anda.

Saya Punya Tips
- Jangan mundur ketika Anda menemukan referensi dalam bahasa Inggris. Saat saya akan posting saya selalu ditemani Google Translate. 
- Jangan langsung mengambil kesimpulan dari satu referensi karena bisa saja informasi itu kurang akurat.
- Jangan membaut postingan Anda total dengan ide Anda atau total rangkuman dari referensi. Referensi adalah penunjang dan tetap imbangi dengan pendapat Anda karena itu daya tarik.

Selayaknya Anda Baca
- Translate Lebih mudah

Menulis Postingan Dengan Baik...
Postingan adalah hal terpenting. Jika Anda membaca berbagai blog tips tentu Anda akan menemukan kata 'konten adalah raja'. Saya sangat setuju. Jika Anda telah mempunyai Ide dan mendapatkan penunjangnya, sekarang tugas Anda mengemasnya dengan postingan yang baik.

...terakhir untuk Anda yakni 'Untuk Tidak Menyerah'...


Saya Punya Tips
- Untuk bisa menulis postingan dengan baik, Anda harus banyak membaca blog lain atau saya sarankan Anda membaca buku.
- Buat postingan dalam waktu yang tepat. Dalam arti Anda tidak sedang dikejar waktu atau postingan Anda tidak akan maksimal.
- Jika Anda telah mempunyai konsepnya tentu akan lebih mudah dan cepat saat mempersiapkan psot sesungguhnya.

Selayaknya Anda Baca
- 5 Tips Membuka Posting
- Tips Posting Hanya 20 Menit
- Tips Menulis Postingan Yang Baik
- Menulis Postingan - Dari Khusus Ke Rangkuman

Menambahkan Gambar
Gambar berperan sangat penting. Postingan akan terlihat sepi tanpa gambar. Untuk mendapatkan gambar tentu sangat mudah karena banyak web yang menyediakan gambar gratis. Atau Anda bisa mencoba zemanta yang mencarikan Anda gambar otomatis ketika Anda posting. Ia melihat kata yang Anda ketikkan dan mencarikan gambar yang relefan.


Saya Punya Tips
- Memang lebih bagus ketika Anda mengambil gambar dari penyedia gambar gratis namun kendala ketika tidak ada gambar yang cocok.
- Beberapa blogger beranggapan gambar yang masuk ke google adalah gambar bebas. Namun beberapa lagi masih menyangsikannya. Saya pribadi mengambil gambar dari google namun dengan tidak mengubah alt tag gambar.
- Jika Anda menambahkan gambar dari komputer Anda dengan tulisan situs Anda di atasnya jangan sampai tulisan itu mengganggu.
- Tambahkan alt tag pada gambar pribadi Anda untuk SEO.

Selayaknya Anda Baca
- Menambahkan Gambar Pada Postingan
- Upload Gambar Langsung di Blok Saja
- Upload Gambar Cepat Tak Terbatas di Blogger
- Keterangan di Atas Gambar Tanpa Editor Grafis
- Alt Tag Pada Gambar Untuk SEO
- Zemanta, Menambah Fitur Baru

Promosi...
Setelah dilengkapi dengan gambar silahkan Anda publish postingan Anda. Sampai disini? Tentu belum. Sekarang saatnya Anda mempromosikan postingan Anda. Ada banyak cara promosi dan beberapa blogger sudah melakukannya, namun apakah mereka sudah optimal dalam berpromosi?

Saya Punya Tips
- Rajinlah blogwalking dan jangan ragu katakan tentang informasi terbaru di blog Anda. Ataupaling tidak Anda katakan, "Ada yang baru, mampir ya". Itu lebih menarik ketimbang kata, "Mampir balik ya..."
- Submit Blog Anda ke directory. Namun jangan lakukan berkali-kali atau terlalu sering karena hanya akan dianggap spam.
- Manfaatkan lintas berita untuk submit Artikel Anda dan mendapatkan tarffic.
- Promosikan blog Anda, jika promosi blog sukses tentu artikel Anda akan lebih dibaca.
- Tambahkan tombol bookmark untuk blog Anda sehingga orang sengan mudah bisa share ke facebook. Saya biasanya melakukannya sendiri setelah saya posting.
- Tampilkan update blog di twitter dan facebook.
- Buat artikel berkaitan di dalam psotingan atau sidebar.
- Aktif di forum untuk promosikan artikel Anda.
- Rajin berkomentar di blog lain.

Selayaknya Anda Baca
- Optimasi Blogwalking
- Submit Blog Anda
- 10 Tempat Nongkrong Blogger
-  Semua Hal Tentang Twitter
- Networkedo Blogs, blog Terkenal di Facebook
- Artikel Blog Otomatis di Catatan Facebook
- Memperbaiki Social Bookamark Yang Error
- Membuat Artikel Yang Berkaitan
- Manfaatkan Lintas Berita

Ada satu tugas terakhir untuk Anda yakni 'Untuk Tidak Menyerah' ketika Anda menemui blog Anda masih sepi. Terus berusaha dan belajar bersama. Sayapun masih nuwbeee dan saya berniat belajar bersama dengan nuwbeee lain...

Oooops... sebenarnya ketika saya memasukkan gambar di atas sebagai penunjang artikel ini saya berharap Anda berteriak, "Saya memiliki posting hebat... Silahkan Anda Menilai...". Semoga Benar-benar berdampak baik setelah Anda menyelesaikan artikel ini....

Komentar

  1. terima kasih mas ilmunya, sedikit banyaknya udah aku terpkan saran-saran mas doyok.
    sukses luar biasa cerdas untuk anda

    BalasHapus
  2. makasih kak roni
    waduh cepet banget aya aja baru relod setelah publsh makasih ya kak roni

    ichan
    maksih ya komennya
    yang penting ilmunya semoga bermanfaat ya

    BalasHapus
  3. Sip mas. Saya belajar banyak nie dari mas doyok. Thanks ilmunya mas.

    BalasHapus
  4. kalau urusan ngeblog saya paling suka sama yang namanya membuat postingan . . .

    Sumbernya bisa dari banyak media salah satunya ya mas doyok . . . he..3x

    makasih mas pencerahan postingannya . . .

    BalasHapus
  5. wah beruntung banget bisa kenal blog'a mas doyok..tambah ilmu lagi.

    BalasHapus
  6. wah, mantap. saya juga punya postingan terbaru tentang teori air versus teori hujan dalam menulis. tapi tips mas doyok ini jauh lebih detail.

    BalasHapus
  7. tips canggih lagi nih. terimakasih tipsnya mas.

    BalasHapus
  8. Makasih tipsnya mas doyok... Mantabs...

    BalasHapus
  9. aslmkum.wr.wb
    salam sahabat
    subhanAllah masDoy eh bukan tepetnya MasterDoyok he..he..sungguh sanget bemanfaat memerikan saya kheiwhui/peluang untuk nyuri ilmu lagi kalo gicu really its good posting, he..he..oh iya saya kirim artikel sederhana mas kalo sedia di tampilkan kalo enggak ya ga papa maklum masih belajar,thnxs n good luck ya

    BalasHapus
  10. kwkwkwkw... mas doyok promosi artikel besar - besaran.. :D

    BalasHapus
  11. gitu y mas doy???
    advice yg sangat baik bagi pemula seperti sy...
    thx mas doy

    BalasHapus
  12. sudah baca tips nya mas doy, tapi sekarang saya masih belum nulis lagi pikirannya kebawa pulang terus heheheh, jadi buntu mau nulis apa, jagain rumahku ya mas doy, mau kutinggal lama tuh

    BalasHapus
  13. always best form master doyok . .

    BalasHapus
  14. bener mas, terkadang kalau sedang ada ide kudu cepet2 di catat, saya biasanya nyimpan di NOtepad atau kalau pas OTW gw catet di hape. emang inspirasi kadang dateng cuman sekali mas hehehe

    BalasHapus
  15. ada info baru bagus lagi nich
    baca lagi akhhh

    BalasHapus
  16. @DK
    maaf yah belum sempet ganti link mungkin malam nanti
    makasih komentarnya ;D

    @ditx
    semoga bemanfaat ya adiotx :D
    majut terus

    @teamsyaif
    sama sama mas
    cuma berbagi penglaman dan semoga bermanfaat :D

    BalasHapus
  17. @kedai kopi seberanya itu masih garis besar
    kalau detail saya bahas seri aja kali ya bingung juga buat bagaiman menemukan cra yg pas menyampaikan
    makasih yah komennya

    @mas ivan makasih yah sudah mampir dan koemntar :D

    @rock
    oke semoga bermanfaat dan makasih sudah seti mengunjungi

    BalasHapus
  18. dhana
    oke ntar aku seleksi ya :D
    ni masih baru update jadi tunggu semalem lagui
    makasih komennya

    @kakve
    itu salah satunya
    related post kakve wkwkw

    @mascipul
    makasih yah sama sama
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  19. aq slalu kesulitan dpt ide..hiks.hiks..
    makasi tipsnya mas doy..

    BalasHapus
  20. @bu lusi
    semangat bu7k
    mau kemana nih buk ? :(

    @makasih sunrise pujiannya
    enr bener support aku :D

    @rifky
    kalau saya eitu dapet ide saya tulis
    kadang malah saya ceritakan sama temen ah nanti tanya ma temen hehehe

    BalasHapus
  21. @jaka sip
    makasih yah jaka :D

    @as adi
    sama sama makasih komentar fdan supportnya

    @orc
    semoga tidak menyerah baca terakhir dong :D

    BalasHapus
  22. mas doyok bahasnya profesional kali y mas...referensinya boleh tau g' dari mana?..

    BalasHapus
  23. @arie only wakakaka referensi??? nggak tau ah

    BalasHapus
  24. lagi lagi info yang menarik nih mas makasih ya atas infonya berguna banget nih buat aku

    BalasHapus
  25. "Menambahkan Gambar"

    kurang srek dengan yg ini..
    cz tanpa gambar pun jika artikal dikemas secara menarik, akan tetap bagus.. ^_^

    BalasHapus
  26. saya juga selalu tambah gambar mas tetapi blog saya kadang berat

    BalasHapus
  27. wah jadi lebih matang yah bahan2nya...

    BalasHapus
  28. ipenk
    makasih juga sudah berkomentar :D

    arie
    wah saya dulu kan jadi anggota majalah sejak smu
    terus sam sunia jurnalistik udah tahunan :D

    kang asep :D
    heheeh kalo referensi mah buat cari fakta bru dari yg lebih pro

    BalasHapus
  29. ipenk
    makasih juga sudah berkomentar :D

    arie
    wah saya dulu kan jadi anggota majalah sejak smu
    terus sam sunia jurnalistik udah tahunan :D

    kang asep :D
    heheeh kalo referensi mah buat cari fakta bru dari yg lebih pro

    Selengkapnya di www.MasDoyok.co.cc Memaksimalkan Postingan

    BalasHapus
  30. kang asep
    lagi males bahas script nih
    ntar giliran script :D

    danu
    kalau saya tetep berusaha mencrio gambar dan gambar terus
    bakal lebih sip
    sperti jgua tutor akan lemah tanpa scren shot :D

    mas munir
    optimasi dulu gambarnya :D
    banyak kok toolnya

    makasih ais sudah mampri dan komen

    BalasHapus
  31. wah gimana ya mas
    cara saya bikin postingan terkadang tidak ada referensi
    apa yang terlintas di kepala langsung aja ketik
    jadi tidak maksimal dong hasilnya

    mantabs

    BalasHapus
  32. Lebih bagus lagi, tips ini saya save.. habis itu diprint, lalu tempelin di monitor.
    Buat nambah semangat!!!

    Lebih semangat lagi kalo ada master sudi berkunjung, memberi komen walo hanya dengan satu kata... hehehehe [ngarep : mode on]

    BalasHapus
  33. Dah berapa banyak total Postingannya Mas ?

    BalasHapus
  34. walah aku sering nulis melalui handphone dan mengirimnya ke email, bila di otak banyak kata kata yg melintas, tapi ini yg repot mas, aku pake telkomsel, mahal kalau ngak beli paket internetnya.

    BalasHapus
  35. makasih informasinya,,, saya gunakan tips ini

    BalasHapus
  36. bener-bener blogtips episode 3 neh..heheh

    mengulas kembali postingan yang dulu jg

    BalasHapus
  37. Mantap deh mas,
    di tunggu y kunjungan'a,, ada yang baru tuh di blog q~
    qoment y!!

    BalasHapus
  38. aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa....................

    BalasHapus
  39. bukannya orang nya kalo dah terkenal, nulis sekecil apapun bakal jadi headline ? :D
    apalagi kalo dah terkenal tulisannya bagus2 kaya mas doyok ... : )

    BalasHapus
  40. cito9iya dong
    pengetahuan kita kan kceil
    kalau mau lebih berbobot harus lebih mantep :D dan luas

    @kelir hehe
    sip deh kelir
    makasih yah dan say akan kunjung :D

    @hendrie
    keknya 300 an kang :D

    @ramlan iya
    juga butuh banyak baiyta utk cari referensi ya :D
    saya doain biar dirumah cepet ad deh

    BalasHapus
  41. mas mkftah makasih koemnnya
    dan silahkan semoga bermanfaat

    bener kang ndy
    realted psot buat pageview dong :D

    oke imam saya berangkat :D

    BalasHapus
  42. kenapa yun :D

    @atics
    ya master pun manusia
    bisa salah
    kalo nulissnya bagus tentu akan lebih maksikmal lafgi :D

    BalasHapus
  43. moga saja mas ..heheeeee.. btw mau ucapin thank sudah share tools mobilize blog... bermanfaat banget mas...

    BalasHapus
  44. mantap banget posting ini

    BalasHapus
  45. ramlan
    oke jangan dieluk tapi hahaha

    alexa
    makasih lex
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  46. satu hal yg berbeda dari mas doyok.. kalo tulisan postinganya rapi bener, tp kalo ngomen di blog orang lain ketikanya jungkir balik.. wakkkkaakk..

    BalasHapus
  47. oke masukannya
    akan saya perbaiki :D

    BalasHapus
  48. Keren.... wakwakwka.... Kahfilyzer ok juga koment u haha..

    BalasHapus
  49. got heheh
    maklum kalu komen tergesa-gesa :D
    makasih got

    BalasHapus
  50. wuih......jarang2 admin yg jawabin komentar visitornya , berhubung aku lg blajar ngeblog.....yg tak baca yg berhubungan debgan blogging dulu ahhhhhhhhh......tengku boss

    BalasHapus
  51. makasih koesdi
    semoga bermanfaat
    belajar bersama kok :D

    BalasHapus
  52. semoga bermanfaat aja deh mas adi :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer