Blogger Statistik: Menganalisa Sumber Traffic Blog Anda

Setiap ada fitur baru saya jadi tidak sabar untuk segera menggunakannya dan memanfaatkannya untuk blog. Banyak yang masih merasa kurang karena fitur baru blogger statistik hanya menyajikan data berdasar pageviws saja. Memang wajar, dan sayapun berharap lebih... namun ini sudah sangat membantu untuk evalusi blog kita. Kali ini saya kan membahas bagaimana Anda membaca data yang dinilai masih sangat minim dari blogger statistik, menjadi data yang sangat berguna dan memberi Anda gambaran untuk melakukan langkah optimasi blog selanjutnya...

Silahkan Anda login ke draft.blogger.com dan beralih ke menu statistik kemudian traffic sources. Jika sebelumnya saya membahas pergerakan pengunjung terbaru (baca: Mengetahui Pergerakan Pengunjung 2 Jam Terakhir), pada kali ini kita mencoba mengambil contoh laporan traffic satu hhri terakhir. Jadi pada halaman statistik, silahkan Anda klik Last Day.

Seperti saya jelaskan sebeumnya, bagian Reffering URLs adalah laporan sumber kunjungan ke blog Anda dari detail alamat tertentu (misanya saja alamt postingan, bukan homepage) dan Reffering Sites adalah laporan sumber kunjungan dari situs tertentu yang berarti merupakan rangkuman dari Reffering URLs. Sekarang kita langsung saja perhatikan pada bagian Reffering Sites. Ini adalah gambar contoh laporan dari blog saya:

Mari kita bahas satu-satu...
#1 Kunjungan dari Google.co.id
Ini wajar karena postingan saya berbahasa Indonesia dan pengunjung saya kebanyakan dari Indonesia. Apalagi Google menerapkan sistem redirct otomatis ke Google Lokal. Ketika orang yang berposisi di Indonesia ketikan Google.Com, maka ia akan otomatis diarahkan ke Google.Co.id. Oleh karena itu saya memutuskan untuk memaksimalkan geo tag ke Indonesia (baca: Geographic Target di Webmaster Tools - Set Indonesia). Dan nyatanya ini cukup sukses.

#2 Kunjungan dari Google.Com
Ini adalah kunjungan dari Google global. Beberapa orang di negara tertentu memilih men-set dan menggunakan Google Global untuk mendapatkan hasil yang lebih umum. Biasanya bagi mereka yang mencari menggunakan keyword bahasa Inggris. Meski ini kurang saya prioritaskan, alhamdulillah lumayan memberikan kunjungan. (Baca: Cek Kekuatan SEO Anda di Google NCR)

#3 Kunjungan dari Blogger.com
Kemungkinan besar ini adalah kunjungan dari followers Google Friend Connect. Ketika orang follow blog kita, maka setiap kita update akan muncul di dahboard saat mereka login.

banyak sekali yang menggunakan metode tuker followers dan mengatakan bahwa fungsi followers hanya biar terlihat keren. Namun sama sekali tidak begitu asalnya. Syarat kunjungan model seperti ini, adalah mereka benar-benar follow karena kebutuhan membaca mereka, dan bukan karena dipaksa (Baca: Followers, Penting Bagi Saya). Satu followers baru adalah janji satu kunjungan rutin setiap hari.

#4 Kunjungan dari Lesehan Wae
Lesehan Wae adalah forum yang ada di blog ini. Saya sendiri membuatnya menggunakan nabble. Sangat mudah membuatnya hanya dengan embed saja, seperti saat memasang video di youtube (Baca: Membuat Forum di Blogspot)

Jika banyak orang yang gabung ke forum tersebut dan membuat thread tentu ini akan menambah kaya postingan kita dan dengan keyword yang beragam.

#5 Lintas Berita
Ini adalah portal berita yang sangat menjanjikan traffic dengan 60 ribu pengunjungnya perhari. Namun Lintas Berita dikenal kurang bagus untuk blog tutorial atau semacamnya. Dalam satu hari, saya hanya mendapatkan 26 kunjungan. Berbeda dengan blog-blog konten unik atau hot news yang bisa mendapatkan hingga 2000 kunjungan (baca: Mengoptimalkan Lintas Berita)

#6 Facebook
Banyak optimasi yang bisa dilakukan lewat facebook. Namun urusan kedatangan dari facebook ternyata tidak cukup menjanjikan. Laporan kunjungan dari facebook.com bisa didapatkan dengan membuat status atau berkomentar di status orang lain yang mengajak ke blog kita. Jika Anda punya banyak teman, ini akan lumayan juga. (Baca lengkap kumpulan tutorial traffic dari facebook)

#7 Draft.Blogger.Com
Ini sama dengan nomer 3. Hanya saja beberapa blogger menggunakan draft.blogger.com untuk atifitas blogging mereka karena lebih banyak fitur (Fitur baru di draftblogger adalah fitur yang sedang diujicobakan sebelum diresmikan di blogger.com)

#8 NetworkedBlogs
Ini adalah salah satu aplikasi Facebook yang memungkinkan update blog kita tampil otomatis di halaman facebook. Saat orang klik informasi tersebut, otomatis akan membuka halaman blog kita di bawah naungan networkedblogs. (Baca: Blog Terkenal di Facebook dengan Networked Blogs)

#9 Blogsearch.Google
Jiak tidak mendapatkan hasil yang diinginkan dari halaman utama hasil cari Google, beberapa orang akan memutuskan mencarinya di halaman hasil cari google blog search. Oleh karena itu silahkan: Submit Blog Anda di Google Blog Search, untuk mendapatkan kunjungan juga dari sana.

#10 Blogernas
Kunjungan ke 10 adalah dari blog lain langsung. Hal ini terjadi karena dia posting mengani blog saya dan memberikan link ke blog ini seperti postingan nya tentang saya di blog tersebut berjudul Hati-hati Dengan Virus Blog Mas Doyok. Bisa juga karena seseorang re-publish artikel kitaia dan memberikan link ke blog ini yang kemudian dikunjungi. Untuk soal ini sebaiknya Anda konsentrasi membuat postingan yang berkualitas karena secara sukarela akan banyak blog yang menghadiahi link ke blog Anda.

Analisa Kunjungan Keseluruhan
Setelah membahas satu persatu sumber kunjungan di atas, maka sekarang kita akan membuat suatu kesimpulan (Blogger hanya memberikan data 10 besar sumber kunjungan, tentu banyaknya kunjungan keseluruhan bisa lebih dari itu).
- Kunjungan 10 Besar hari terakhir, total: 867
- 1,2,4,9 adalah aspek SEO atau optimasi Mesin Pencari: 676
- 3,7,10 adalah aspek Loyalitas Pembaca: 141
- 5,6,8 adalah aspek SBO atau optimasi social bookmark: 50

Dari data seperti di atas Anda dapat menyimpulkan optimasi apa yang berhasil untuk Blog Anda. Keismpulan untuk blog ini adalah cukup baik dalam urusan SEO, cukup dalam urusan loyalitas pembaca (sangat berkaitan dengan update dan kualitas konten) dan payah dalam optimasi social bookmark. Bagaimana dengan Anda?

Semoga postingan ini bermanfaat...

Komentar

  1. sip nich klo bicarain masalah traffic blog kita

    BalasHapus
  2. ane juga banyak dari kunjungan lintasberita dan lesehan wae....

    BalasHapus
  3. Bener mas, tadi aku udah coba ^^

    BalasHapus
  4. ganti pembahasan baru dong bro. Yg lebih menantang ya ^.^

    BalasHapus
  5. @biyan
    alagimperag keyword nih
    hahahaha :D

    dan biar lebih jelas tentang bagaimana mengananlisanya
    soalnya kebanyakan hanya bahas apa sih datany gak penting

    padahal kita bisa ambil sautu kesimpulan

    BalasHapus
  6. tambah lg pengetahuan ne mas
    trims ya ...sukses slalu

    BalasHapus
  7. langsung liat statistikku ah..tx infony mas

    BalasHapus
  8. kalau diterapkan di wp bisa gak???

    BalasHapus
  9. wah sekarang bisa ya dari blogger in draft??

    BalasHapus
  10. yang saya ko belum ada fitur statistiknya mas..
    karna masih baru mungkin ya mas

    BalasHapus
  11. @blog anak indonesia
    loginnya ke draft.blogger.com

    BalasHapus
  12. @karzanik
    ya cara pembacaannya sama :D
    ambil kesimpulannya saja

    BalasHapus
  13. @1710903815019135822.0
    berarti social bookmarknya yg mantep

    BalasHapus
  14. oia udah ada mas..
    thanks ya udah di bales komen ku

    BalasHapus
  15. wah kalau urusan traffic saya jarang memperhatikan ^_^ soalnya fokus pada postingan aja sih he...3x

    BalasHapus
  16. @6963289837899446338.0
    Ada gak pembahasan yang seperti ini tetapi tentang google analytics. Jujur, gw pake itu tetapi belum terlalu bisa melakukan analisis besar2an. Yg standar cuma traffik, keyword, ma referral. Haha..Soalna G.analitics sangat rumit. Banyak embel2na..

    BalasHapus
  17. Wah...mantap mas doyok!
    Lebih-lebih yang nomor 10. wah wah wah .... Mas ini bisa aja....

    BalasHapus
  18. Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

    BalasHapus
  19. Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

    BalasHapus
  20. Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

    BalasHapus
  21. Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

    BalasHapus
  22. Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

    BalasHapus
  23. maksih bozz udah dijabarkan cara2nya :)

    BalasHapus
  24. As you begin to recognize where to shop and how to look for cheap prices, moncler you will see extra money left over every month.You can check a phone book or the internet for outlet stores in your area. moncler Boutique These are great sources for reduced jewelery and clothing because they may be labels that you like. moncler pas cher Usually a big store will have an outlet that backs up its leftover products. moncler prix In it, you might find some of last years merchandise, moncler soldes or things that needed to be removed from the main store to make space for new items. moncler paris Most people walk out of them feeling great with the savings that they made. moncler polo Every store will have a reduced rack somewhere in it. moncler veste Some stores will keep their rack of clearance items at the front, and other places will store it at the back. When you head into a clothing and accessories store, moncler doudoune you should always look for it. You might find something at one store that would work perfect for an item off the reduced rack at another. moncler homme If you have access to the internet, you can try surfing it for some deals.

    BalasHapus
  25. muantep penjelsannya mbah, lengkap . hehhe

    BalasHapus
  26. kunjungan pertama langsung liat2 dan singgah di sini... tulisan yang baguas mbah.. bakat jadi penulis.. :)

    BalasHapus
  27. oh,ana baru tau gan,makasih bnyak ya

    BalasHapus
  28. luar biasa mas, hampir goole semuanya,,

    blog saya biasa berasal dari forum dewasa mas.hahha

    BalasHapus
  29. Analisa yang keren mas, sangat detail dan jelas
    Pengen deh traffic blog stabil dan ramai kaya blogger-blogger yang udah master

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer