Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Berganti Alamat Blog

Beberapa pertanyaan yang sama muncul, tentang apa yang seharusnya dilakukan setelah berganti alamat blog. Berganti alamat blog bukan asal ganti nama, tapi benar-benar penyesuain baru dalam banyak hal. Ketika Anda mengganti nama diri Anda, bukan hanya teman Anda yang canggung untuk memanggil Anda, bahkan Anda sendiri juga butuh terbiasa... Sama halnya dengan blog, mari kita bahas lebih jauh...

Kenapa Anda Ganti Alamat Blog?
Pertama, Anda harus bisa menjawab pertanyaan di atas. Berbeda kondisi memungkinkan untuk sistem yang berbeda. Misalnya Anda hanya akan menggunakan alamat baru sementara saja karena alasan alamat lama di banned shoutmix sehingga Anda tak bisa berpromosi (baca: URL Dibanned Shoutmix, Bagaimana Mengatasinya?). Tentu yang seharusnya Anda lakukan hanyalah membuat alamat redirect yang bukan menggantikan posisi domain utama. Berbeda halnya, ketika Anda memang sudah memantapkan diri untuk berganti alamat untuk seterusnya. Sebaiknya Anda gunakan yang permanen karena ini lebih bagus untuk SEO dan promo selanjutnya. Lebih baik lagi Anda gunakan top level seperti .com, .net, .info, .org dan lain-lain. Ini akan lebih bisa dioptimalkan ketimbang sub domain seperti .co.cc. Namun, meski begitu sub domain seperti .co.cc  yang digunakan blog ini tidak menutup kemungkinan blog Anda untuk sukses.

Intinya yakinkan bahwa Anda ingin berganti alamat. Jika ingin .com langsung sekarang juga .com, jika ingin .co.cc ya selamanya .co.cc saja. Jika Anda sayang karena Anda telah lama gunakan alamat asli blogspot, Anda akan merasa lebih sayang lagi jika itu setahun kemudian. Lebih baik sekarang daripada semakin bingung di kemudian hari. Sekarang Juga! Apakah Anda ingin berganti alamat dan siapkan optimasi lagi?

Keuntungannya...
Jika berbicara mengenai top level domain tentu akan ada banyak keuntungan seperti dalam hal SEO. Jika optimasi yang dilakukan blog dengan sub domain dan top level domain mencapai tingkat yang sama, maka yang berbicara adalah soal domain, yakni top level domain akan lebih kuat. Sementara sub domain seperti .co.cc sebenarnya sama dengan blogspot. Hanya saja ini akan lebih mudah diingat. Lebih mudah terekam di kepala orang. Ketimbang blogspot yang panjang dan memungkinkan salah ketik, .co.cc lebih pendek dan sangat jarang terjadi salah ketik saat orang buka blog Anda. Keuntungan lain adalah Anda bisa membuat sub sub domain sehingga Anda bisa gabungkan beberapa platform seperti dalam satu wadah (Baca: Membuat Sub Domain Lagi dari DomainAnda.Co.Cc).

Sebaiknya Bijak...
Dalam tentukan nama baru blog Anda sebaiknya bijak. Alamat Blog Anda benar-benar membantu Anda di Google. Jadi jika Anda incar keyword bisnis, sebaiknya buat nama yang mengandung kata bisnis. Jika Anda incar keyword 'bola' sebaiknya alamat blog Anda juga mengandung kalimat bola. Berbeda dengan blog personal seperti blog ini yang lebih menekankan pada nama pribadi seperti 'Mas Doyok'. (baca lebih jauh: Menentukan Nama Domain dan Beberapa Bagian Yang Membuat Artikel Anda Nyantel di Google)

Setelah Berganti Alamat...
Setalah Anda berganti alamat, Anda harus lakukan optimasi lagi seperti dari awal. Kabar baiknya, alamat blogspot asli Anda masih bisa diakses (coba akses blog-trik-tip.blogspot.com), jadi pengunjung lama Anda tetap sampai di blog Anda. Berikut yang perlu Anda benahi...

- Setel Ulang Webmaster Tools
Jika Anda dulu telah daftarkan blog Anda di webmaster tools, sebaiknya Anda hapus dan submit ulang blog Anda di webmaster tools dengan alamat baru Anda. Login kesana lalau centang nama blog Anda, klik Delete
- Soal Tukar Link
Mintalah teman tukar link Anda, agar mengganti alamat link blog Anda di blognnya.
- Tampil Otomatis di Social Bookmark
Jika Anda telah gunakan fungsi artikel otomatis tampil di facebook (Baca: Networked Blogs, Blog Terkenal di facebok), dan twitter (baca: Update Blog Tampil di Twitter), sebaiknya submit lagi alamat feeds Anda dan sesuaikan dengan alamat blog baru Anda. Misal:
feeds asli saya: http://blog-trik-tip.blogspot.com/feeds/posts/default
feeds baru dengan alamat baru :http://www.masdoyok.co.cc/feeds/posts/default

Lebih baik lagi feeds Anda telah dibakar dahulu dan gunakan feeds dari feedburner untuk lebih optimal (Baca: Kumpulan tutorial Feedburner)

Semua hal di atas dilakukan agar alamat blog Anda yang lama tertindih dan tidak lagi teroptimasi, sebagai gantinya Anda optimasi alamat baru. Karena berbahaya jika keduanya teroptimasi dan google temukan dua alamat Anda pada halaman yang sama (Pelajari lengkap di: Jangan Optimasi Semua URL ke Blog Anda)

Catatan...
Bagaimana dengan Nilai Alexa setelah berganti Domain?
Nilai alexa Anda harus dioptimasi ulang. Namun akan lebih baik mengulnginya sekarang, ketimbang jika sudah terlanjur lebih lama lagi.
Alexa masdoyok.co.cc
26.000
Alexa alamat asli blogspot saya
12.000.000
Karena angka alexa berbeda, jadi Anda harus optimasi ulang.

Bagaimana dengan PageRank?
Agar pagerank tidak mengulangi dari nol lagi, yang harus Anda lakukan adalah menggunakan domain utama seperti blog ini. Jadi bukan sekedar url redirect saja. Sesuai anjuran Google, jika Anda mematenkan domain Anda, maka jangan khawatir dengan pagerank Anda, karena hanya masalah waktu bagi Google untuk menyesuaikannya. Gunakan langkah-langkah yang saya sebut di atas, seperti set ualng webmaster, agar Google lebih cepat mengetahui bahwa alamat Anda telah berubah.
Pagerank www.masdoyok.co.cc

Pagerank alamat blogspot asli saya

Jangan Lupa Untuk Promosikan Nama Baru Anda...
Yang terpenting, jangan lupa untuk promosikan nama/alamat baru blog Anda. Lewat blogwalking, lewat media offlline, chatting atau mengabari langsung teman Anda.

Anda Mantap? Sekarang Saatnya!
Berikut ini adalah list lengkap panduan berpindah .co.cc, karena saya gunakan sub domain tersebut.
1. Dapatkan SubDomain Anda (Baca: Buat Domain Gratis di .co.cc)
2. Terapkan di blogspot Anda, agar alamat .co.cc Anda dissambungkan untuk mengganti alamat blogspot asli (baca: Menerapkan Domain Anda)
3. Redirect non-www ke www agar alamat Anda bisa diakses tanpa www. (baca: Agar Domain Bisa diakses tanpa www)
4. Perpanjang jika .co.cc Anda habis masanya (baca: Perpanjang Domain .co.cc Gratis)

Semoga bermanfaat, jangan minder dengan yang gratis. Blog ini pun gunakan yang gratis... Namun, berbayar tentu lebih proffesional...

Komentar

  1. apakah saya pertamaxxxxx isini.. ?? :DD

    BalasHapus
  2. makasih tipsnya mas Doy, sngat berguna....

    BalasHapus
  3. makasih tipnya nih Mas Doyok..Mantap infonya mas Doyok..

    BalasHapus
  4. Mas, tolong baca coment saya di artikel yang scrollovers ntu dung mas! Makacih y mas.. ^_^

    BalasHapus
  5. sip nih mas dot, tp u/ saat ini an seterusnya aq akan tetap menggunakan domain blogspot aja mas, kalaupun aq pengen pakai doamin .com atow yg lain mungkin aq akan bikin blog baru lagi, itupun kl aq dah bisa jd full time blogger

    BalasHapus
  6. ane te2p pake blogspot aja mas yok, dah terlanjur.

    BalasHapus
  7. tips yang mantab mas, rupanya jika ganti nama semuanya menjadi nol lagi ya.
    untung dulu pakde cuma pakai blogspot cuma dua bulan sehingga tidak banyak merasa rugi

    BalasHapus
  8. Makasih mas doyok. Aku juga pernah ngalamain hal tersebut, sekarang dah tahu cara mengembalikan itu semua

    BalasHapus
  9. Ohw Jadi Begitu ya Nilai Alexa kalo semaki sedik Nilai Alexa bagus kan?

    kalo iya hum blog aku pernah paling sedikit nila ya

    thx ya info ya mas doyok

    www.topblogakbar.co.cc

    BalasHapus
  10. Kagak tahu yach.. pengennya sich ganti..
    Tapiii...huft.. bimbang..

    BalasHapus
  11. sangat berguna ,.. terimakasih mas...,,

    BalasHapus
  12. thx infonya...
    tapi untuk saya sudah menggunakan domain .com jadi tidak masalah ...^^

    BalasHapus
  13. wah .co.cc yo mas. kayaknya pas kalo dipake blog dummy tuh. bisa nambahin BL :) sip lah master, ojo pindah pokoke. awas aae, aku gak iso belajar kode2an ngko

    BalasHapus
  14. salam sahabat, makasih atas infonya dan sharenya kang
    sebelum berganti alamaty blog sebaiknya melakukan riset dulu ke mesin pencari dan jika beruntuyng dengan keyword yang lais maka kita akan di untungkan dengan visitors..
    oia mas sekedar info, sampeyan kebagian blog tips ntar aku sms sampeyan
    mampir balik ada post baru

    BalasHapus
  15. hahahahaaa. akhirnya pertanyaan yg saya lampirkan di jawab juga ama mas doy... tenkq mas doyyy.... yu ar d'best lah pokokkkeeee....

    tapi mas doy, koq page rank saya tetep nol...??? uda beberapa minggu masa' om google belum menyesuaikan???

    Tapi entah kenapa ya mas doy, semenjak ganti domen ke co.cc blog saya jadi gampang/cepet diindex google. bayangin za, baru beberapa minggu ganti domen page saya uda terindex sampe 200 halaman(mendekati jumlah postingan saya seluruhnya), dalam 4/3 hari jumlah post yg terindex juga terus bertambah. padahal pas saya make domen blogspot (domen blogspot saya pake selama 4 bulan), jumlah page yg keindex cuma 140-an. bisa minta penjelasan mas doy? kira2 apa yg mbuat mbah gugel rajin mampir ke blog saya??????????????????

    BalasHapus
  16. gitu ya mas????
    makasih banyak ya mas infonya....

    BalasHapus
  17. hehehe kupas tuntas ganti alamat blog, info yang sgt lengkap, saya pun sdh 1 bln ini kombinasi co.cc dgn Wordpress, sebelumnya pakai blogspot...karna blogspot sdh dihapus blogger. msh ada 3 blogspot saya tapi jadi ngak mood aja ngurusnya lagi. Thanks masdoyok infonya. Salam kenal.

    BalasHapus
  18. wah artilek bagus inih!
    saya numpang bookmark dulu yaaa

    BalasHapus
  19. Alhmdllh hanya butuh waktu 1 bulan setelah ganti domain untuk mendapat rank alexa 300 ribuan lagi.

    BalasHapus
  20. hmmm...jadi pengen ganti domain juga nih, tar klo udah dapet ganti ke domain premium ah. Biar lebih mantep. Thank mas buat infonya

    BalasHapus
  21. makasih pencerahannya bermamnfat nih buat saya.:)

    BalasHapus
  22. mas doyok. lha cara menghapus alamat blognya harus pergi ke mana?
    maklum masih pemula . . .

    BalasHapus
  23. wah, nice inpo sob. kemaren ane sempat ganti alamat blog co.cc, tapi karna ga tega ama alamat yg lama jadinya genti blogspot lagi.

    BalasHapus
  24. Salam kenal mas Doyok.
    Saya beberapa kali berkunjung kesini, baru skrg kasih coment. Mas saya baru ganti domain dari blogspot ke com kira2 2 bulanan ini, tapi trafik alexa nya kok turun drastis ya? dari 700 ribuan jadi puluhan juta, tp skrg udah jadi 1,4 jutaan.
    Satu lg mas, saya pengen beli hosting kok katanya ga bisa ya? blogspot katanya ga support.
    Terima kasih

    BalasHapus
  25. Harus mikir 2 kali untuk mengganti rpraja.co.cc ke epraja.com

    BalasHapus
  26. Mas yok,,, domain co.cc ko ga isa di share di fb ??? Kenapa ya??

    BalasHapus
  27. seandainya kita sdh pake co.cc krn suatu hal kita balik lagi ke blogspot. lalu masih bs kah balik lagi ke co.cc

    BalasHapus
  28. Saya juga pake gratisan mas, tapi sebelum saya pindah hosting pagerank saya sudah 2. terus karena webhost awal bermasalah, saya pindah webhost lain. langsung jeblok ke 0 mas, untung nggak minus.

    BalasHapus
  29. Waduh...nyeting ulang lagi ya...
    buat newbi seperti saya..
    seperti kelebihan informasi ini..hihi..
    maklum agak dohog..
    BTW makasih infonya...

    BalasHapus
  30. Terimakasih banyak mas infonya...

    jadi mesti hapus salah satu link ya kalau sudah ganti ke domain baru..

    BalasHapus
  31. Makasi mas info nya, bermanfaat bangat pemula ....

    BalasHapus
  32. terimakasih infonya gan...saya bru ganti domain tapi serp nya ga naik tetep aja dikit,padahl cuma di redirect..
    :(

    BalasHapus
  33. trus pertanyaannya mas link yang ada di postingn apakh masih menuju link alamt url lama? mhon bantuannya kawan. http://tok0blog.blogspot.com

    BalasHapus
  34. Memang benar,saya pernah memasukan 2 url yang berbeda tetapi pada blog yang sama.saya masukan blogspot dan satunya dot.tk.setiap submit ke beberapa directory url atau submit yang lainnya pasti saya masukan 2 url tsb.Nah ketika saya ingin mengecek traffic,links atau apa saja,rupa2nya terjdi perbandingan yang mencolok begitu juga webmaster tools.
    Mumpung blog masih seumur jagung,akhirnya saya memakai costum domain sebagai alamat utama.

    BalasHapus
  35. kalo untuk yang sekarang ini gimana gan? aku lihat di webmaster tool google kok malah ada 2 punyaku yang blogsspot sama .com
    maksudnya tuh gmana?

    BalasHapus
  36. mohon petunjuk lebih jelas lagi kan soalnya baru ganti domain malah gak karuan

    BalasHapus
  37. punyaku baru ganti doamein kemarin trafik langsung anjlok jadi yang mau membuat blog baru langsung saja deh buat level domain jangan nunggu lama2 seperti saya jadi nya tuh trafik anjlok banget

    BalasHapus
  38. mantap mas....berarti kode verifikasi webmaster yang di template harus dihapus dan di ganti ya gan?terima kash sudah berbagi informasi

    BalasHapus
  39. Apakah meta tag google domain lama di template blogspot harus dihapus, jika sudah ada domain baru...?

    BalasHapus
  40. saran buat author, sering-seringlah menjawab komentar. feedback lewat komentar itu sangat berharga...

    BalasHapus
  41. Terima kasih kang atas infonya. Sangat membantu. Kebetulan saya juga baru ganti domain, dan sempat binggung apa yang harus di lakukan.

    BalasHapus
  42. terima kasih sob, sangat bermanfaat sekali bagi blok kami :)

    BalasHapus
  43. wah sy masuk ke networked blog dan blog sy belum terdaftar ya? sy daftar ternyata lg blm bisa.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer